Sepakbola
Share this on:

Drawing 8 Besar Piala Presiden 2019, Tira-Persikabo Jumpa Persebaya Lagi

  • Drawing 8 Besar Piala Presiden 2019, Tira-Persikabo Jumpa Persebaya Lagi
  • Drawing 8 Besar Piala Presiden 2019, Tira-Persikabo Jumpa Persebaya Lagi

JAKARTA - Delapan tim telah memastikan diri lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2019. Lima tim lolos usai menjadi pemuncak klasemen di grup masing-masing. Sedangkan tiga lainnya mendapatkan tiket perempatfinal itu setelah meraih predikat sebagai runner up terbaik.

Delapan tim yang lolos ke babak delapan besa itu adalah, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Kalteng Putra, Persija Jakarta, Persela Lamongan (juara grup), Tira-Persikabo, Madura United, dan Arema FC (runner-up terbaik).

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri selaku operator turnamen pramusim itu sudah menggelar undian babak delapan besar tersebut. Dari hasil drawing itu menciptakan beberapa pertandingan menarik.

Yang paling menarik dalam pertandingan perempatfinal nanti adalah, partai ulangan babak penyisihan grup A antara Persebaya Surabaya yang akan kembali berjumpa dengan Tira-Persikabo. Persebaya sendiri merupakan juara grup A.

Mereka mengumpulkan tujuh poin dari tiga laga. Raihan yang sama seperti Tira- Persikabo, namun Bajul Ijo lebih unggul dalam produktivitas gol. Namun, dipertandingan terakhir babak penysihian grup A, kedua tim ini bermain imbang tanpa gol.

Kembali bertemu di babak delapan besar sangat disayangkan oleh pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan. Menurut pelatih yang akrab disapa RD itu, dirinya terkejut dengan mekanisme di Piala Presiden 2019 ini.

"Saya kaget, kenapa di drawing yang satu grup bisa ketemu lagi. Itu membuat kita sedikit kaget, tapi saya tidak tahu mekanismenya seperti apa," ujar RD kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/3) kemarin.

Meski diakui RD tak mempermasalahkan timnya kembali berjumpa dengan Persebaya, namun harapan mantan pelatih Timnas Indonesia itu sebelumnya, bahwa timnya bisa menghadapi lawan lainnya di babak delapan besar demi mengasah kemampuan anak asuhnya menjelang Liga 1 Indonesia musim 2019.

"Sebetulnya kita tidak ada masalah ketemu dengan siapapun. Tapi jujur saya inginnya ketemu tim yang lain, agar kita bisa memperkaya tim ini dengan menghadapi calon lawan-lawan di Liga 1 nanti. Tapi undian sudah dibuat," tegasnya.

RD menceritakan, bahwa sebelumnya ia sempat ditanya oleh awak media tentang fokus menghadapi tiga calon lawan yang akan dihadapinya di babak delapan besar. Tiga lawan yang disebutkannya itu adalah, Persela Lamongan, Persija dan Bhayangkara FC.

"Saya suruh memilih tiga calon lawan yang akan dihadapi. Saya bilang yang mana saja. Tapi saya kaget dari hasil drawing ini, justru kita melawan di luar tiga klub itu," tutur RD.

"Sebenarnya akan lebih menarik jika lawan yang kemarin satu grup tidak ketemu lagi, karena, penting artinya, memperkaya tim-tim dengan bertanding dengan klub yang berbeda, karena ini ajang pra musim, kalau memang harus ketemu paling tidak di babak selanjutnya, bukan di delapan besar ini," sambungnya.

Sementara itu, Persebaya sendiri nampaknya tak mempermasalahkan kembali bertemu dengan Tira-Persikabo. Bagi sang pelatih, Djadjang Nurdjaman saat ini dirinya hanya ingin fokus membenahi permasalahan di lini belakang timnya.

"Meski disaat delapan besar nanti komposisi akan berbeda, namun tetap akan ada evaluasi. Karena kemasukan empat gol (di babak penyisihan) itu sangat kurang bagus," tutur Djanur.

Di pertandingan lainnya, satu-satunya tim promosi Liga 2, Kalteng Putra mendapatkan ujian berat di babak delapan besar ini. Ya, satu-satunya klub dari luar pulau Jawa itu akan berhadapan langsung dengan juara Liga 1 2019, Persija Jakarta.

Meskipun menjadi tim promosi, namun kemampuan Kalteng Putra tak bisa diremehkan. Sebab, Kalteng Putra mendapatkan tiket delapan besar ini usai menjadi pemuncak klasemen grup C dengan koleksi enam poin.

Hal itu-pun yang menjadi catatan pelatih Persija, Ivan Kolev yang tak ingin menganggap remeh Kalteng Putra yang di fase grup sukses mengalahkan dua tim besar yakni PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

"Sekali lagi buat saya tim yang lolos ke babak 8 besar dipastikan berbahaya saya menghargai mereka termasuk Kalteng Putra. Oleh karena itu kami harus membuat persiapan yang serius. Semoga bisa menghadapi tim ini dengan baik," aku Kolev.

Selain itu, tim asal Jawa Timur juga akan berhadapan di babak delapan besar piala Presiden 2019 ini. Ia adalah Persela Lamongan dan Madura United. Sedangkan, satu lagi, Bhayangkara FC akan berjumpa Arema.

Babak delapan besar Piala Presiden 2019 ini dipastikan menggunakan format satu pertandingan dengan sistem gugur. Empat pertandingan akan digelar di markas empat tim terbaik juara grup pada babak penyisihan. Keempatnya adalah Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persela Lamongan dan Persebaya Surabaya.

Adapun, babak delapan besar Piala Presiden 2019 sendiri akan digelar pada 29-31 Maret. Empat pemenang akan melaju ke babak semifinal Piala Presiden 2019 yang nantinya digelar dengan sistem kandang-tandang pada 2-6 April. (gie/fin/wsa/zul)

Hasil Drawing Babak Delapan Besar Piala Presiden 2019:

QF1: Persebaya Surabaya Vs Tira Persikabo

QF2: Persela Lamongan Vs Madura United

QF3: Persija Jakarta Vs Kalteng Putra

QF4: Bhayangkara FC Vs Arema FC

Berita Sebelumnya

Todd Ferre dan Billy Keraf Dicoret
Todd Ferre dan Billy Keraf Dicoret

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kejutan Qatar Tahan Paraguay Masih Jadi Buah Bibir

Kejutan Qatar Tahan Paraguay Masih Jadi Buah Bibir

Timnas Qatar sukses membuat kejutan di Copa America 2019 dengan menahan imbang Paraguay dengan skor 2-2..


Uruguay Kirim Sinyal Bahaya untuk Brasil dan Argentina

Uruguay Kirim Sinyal Bahaya untuk Brasil dan Argentina

Uruguay langsung menebar ancaman menakutkan bagi semua tim peserta Copa America 2019.


Salah Tolak Pinangan Rp2,7 Triliun

Salah Tolak Pinangan Rp2,7 Triliun

Salah menolak iming-iming fee besar bernilai GBP 150 juta (Rp2,7 triliun) dari Juve.


Kekurangan SDM, PSSI Batal Gunakan VAR di Liga 1

Kekurangan SDM, PSSI Batal Gunakan VAR di Liga 1

PSSI menyatakan bahwa teknologi Video Assitant Referee (VAR) yang rencananya digunakan di Liga 1 Indonesia musim 2019 batal diterapkan.


Aguero Mulai Menua, Guardiola Butuh Pelapis

Aguero Mulai Menua, Guardiola Butuh Pelapis

Manajer Manchester City Josep Guardiola menegaskan timnya tetap akan berburu pemain di bursa transfer musim panas 2019 ini.


Keok di Laga Pembuuka, Tango Salahkan Lapangan

Keok di Laga Pembuuka, Tango Salahkan Lapangan

Lionel Messi kembali gagal mengangkat performa Argentina di Copa America 2019.


Tanpa Neymar, Start Brasil Mulus

Tanpa Neymar, Start Brasil Mulus

Brasil sukses memetik hasil postiif di laga pembuka Copa America 2019, meski bermain tanpa Neymar, Sabtu (15/6) kemarin.


Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 gagal meraih kemenangan saat menjajal salah satu peserta klub Liga 1 Indonesia musim 2019, Bali United.


Dani Alves Siap Jawab Tantangan Tite

Dani Alves Siap Jawab Tantangan Tite

Menyandang kapten Brasil, Alves menyadari tekanan besar yang ada di pundaknya.


Pekan Pertama Langsung Ada Big Match

Pekan Pertama Langsung Ada Big Match

Operator Premier League resmi merilis jadwal kompetisi Premier League 2019/2020.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!