Sepakbola
Share this on:

El Clasico Terakhir Neymar?

  • El Clasico Terakhir Neymar?
  • El Clasico Terakhir Neymar?

MIAMI - Bukan Sergio Ramos kalau tidak bersilat lidah. Bak menyiramkan minyak dalam api ada saja jalan buat bek Real Madrid tersebut membuat merah telinga rival beratnya, Barcelona.

Meski dilihat dari hasil pertandingan el clasico antara Real versus Barca kemarin (30/7) di Hard Rock Stadium berakhir dengan kemenangan 3-2 buat Barca. Kekalahan kemarin memperpanjang periode buruk Real selama pramusim dengan hattrick kalah. Pertama oleh Manchester United (23/7) kemudian Manchester City (26/7) dan terakhir kemarin oleh Barca.

?Saya punya hubungan yang bagus dengannya (Neymar, red.). Soal masa depan Neymar ? Saya tak tahu,? kata Ramos seperti diberitakan Marca kemarin. ?Saya bertukar jersey dengan Neymar dan saya harap inilah laga terakhirnya bersama Barca jadi dia tak akan menimbulkan kesulitan lagi bagi kami,? tambah pemain 31 tahun tersebut.

Sebelum pertandingan dua raksasa Spanyol tersebut, saat jabat tangan sebelum pertandingan Ramos memang terekam memeluk Neymar. Diantara trio MSN (Lionel Messi-Luis Suarez-Neymar) yang berderet paling belakang memang cuma kapten timnas Brasil itu yang disambut hangat oleh Ramos.

Pujian oleh Ramos atas Neymar memang tidak berlebihan. Walau gol-gol Barce kemarin dihasilkan oleh Lionel Messi pada menit ketiga, Ivan Rakitic (7'), dan Gerard Pique (50') namun Neymar punya andil. Gol oleh Rakitic juga Pique semua hasil assist Neymar. Sedangkan Real dalam tersebut membuat dua gol lewat Mateo Kovacic (14') dan Marco Asensio (36').

Nah, Neymar sendiri terus berdiam diri tentang masa depannya tersebut. Dalam meet and greet yang dilangsungkan oleh produsen sepatu Nike Sabtu (29/7) lalu di Miami, Neymar hanya memberikan tanda tangan. Tak ada satupun obrolan mengenai masa depannya.

Kemudian Radio Monte Carlo (RMC) mengklaim seandainya uang EUR 222 juta (Rp3,47 triliun) sudah disiapkan Paris Saint-Germain (PSG) sebagai uang klausul pelepasan Neymar dari Barca. Bahkan RMC mengatakan kalau tidak hari ini (31/7) atau besok (1/8), Neymar akan diperkenalkan kepada publik.

Bahkan cara pengenalan yang disiapkan oleh PSG untuk Neymar bukan dengan jalan yang ecek-ecek. Neymar akan diperkenalkan di lokasi ikonik Paris, Menara Eiffel. Sebelumnya hanya Zlatan Ibrahimovic yang memperoleh kehormatan seperti itu.

?Kesepakatan sudah terjadi, bahkan sampai urusan yang terkecil. Neymar sudah membuat pilihannya dan perkelahian dengan (Nelson) Semedo adalah salah satu contoh dari itu. Masa depannya ada di Paris,? tulis RMC.

Sport kemarin (30/7) menulis Direktur Umum PSG Jean Claude Blanc sudah bertemu dengan petinggi Barca. Dan Barca sudah menuturkan tak akan menurunkan harga dari EUR 222 juta (Rp 3,47 triliun).

?Jadi yang diinginkan oleh PSG adalah sebuah transfer resmi. Sebuah penjualan, seperti penjualan (Luis) Figo ke Real Madrid seperti era Presiden Barca Joan Gaspart,? tulis Sport.

Buat Barca tak masalah apakah status Neymar dilego dengan harga klausul pelepasan atau penjualan. Asal banderolnya selangit. Namun kemudian yang menjadi masalah dalam pandangan PSG adalah jika ditambah dengan pajak maka harga Neymar bisa mencapai di atas EUR 300 juta (Rp4,69 triliun). Harga itu jelas tak masuk akal buat PSG.

Sementara itu, selain Ramos, bekas rekan setim Neymar di Barca yang kini berkostum PSG Dani Alves juga ikut ngompori perpindahan Neymar. Meski pembicaraan keduanya bukan melulu soal sepak bola.

?Saya mencoba menenangkannya karena saat ini kalau Neymar mendengarkan pembicaraan semua orang maka dia bisa gila. Kamu harus egois karena klub akan berlaku juga seperti itu ketika kamu tak produktif, contohnya adalah saya,? ujar Alves.

Bek 34 tahun itu memang merasa sebagai 'ampas' yang dibuang oleh Barca usai pengabdian sewindu lamanya. Alves dilepas musim lalu ke Juventus tanpa pernah di-gandoli oleh Barca.

?Saya berkata padanya dimana harus berani karena dunia memang untuk para pemberani. Keputusan harus selalu berani dan saya yang paling berani karena berani meninggalkan Barca dan Juventus,? kata eks beks Sevilla itu.

Kalau yang lain ngompori tentang kepindahan Neymar menuju PSG, maka entrenador Barca Ernesto Valverde terus optimis seandainya Neymar bertahan. Valverde melihat kalau 'hati' Neymar masih berada bersama Andres Iniesta dkk.

?Saya tak ingin berspekulasi. Untuk saya situasi Neymar tetaplah sama dengan beberapa hari lalu dan saya selalu berdoa agar hal tersebut bertahan,? ujar mantan pelatih Athletic Bilbao itu pada EFE.

Presiden La Liga Javier Tebas kepada Marca pun berkata kalau Neymar hendak pergi silahkan saja. Sebab La Liga dan popularitas Barca berada di atas ketenaran Neymar.

?Saya akan lebih khawatir seandainya Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi yang pergi meninggalkan La Liga,? sindir Tebas. Tebas pun campur tangan dengan melaporkan ulah PSG kepada UEFA dengan memberikan kontrak jor-joran untuk Neymar. Tebas tak yakin kalau PSG tak melanggar Financial Fair Play (FFP) yang dibuat UEFA ini. (dra/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Ramos: Masa Depan Ada di Paris
Ramos: Masa Depan Ada di Paris

Berita Sejenis

Tantangan Brasileiro Pertama Era Mourinho

Tantangan Brasileiro Pertama Era Mourinho

Andreas Pereira. Ya, hanya Andreas-lah Brasileiro yang ada di Manchester United-nya Jose Mourinho dua musim terakhir.


Rayu Neymar lewat Tanda Tangan

Rayu Neymar lewat Tanda Tangan

Uji coba Brasil versus Kroasia di Anfield Minggu lalu (3/6) dimanfaatkan Luka Modric untuk merayu Neymar Jr.


Neymar Kembali, Brasil pun Menang

Neymar Kembali, Brasil pun Menang

''Mimpi saya kembali ke Piala Dunia hampir selesai.


Neymar Dijagokan Raih Golden Ball

Neymar Dijagokan Raih Golden Ball

Neymar Jr baru saja pulih dari cedera retak metatarsal. Cedera itu membuat Neymar sedikit trauma untuk mengikuti latihan penuh bersama timnas Brasil.


Bisa Apa Milan saat Hadapi Juventus

Bisa Apa Milan saat Hadapi Juventus

Italia selalu membosankan tiga musim terakhir. Juventus selalu mendominasi semua pesta juara domestiknya. Baik scudetto Serie A, ataupun juara Coppa Italia.


Kartu Pertama Mo Salah

Kartu Pertama Mo Salah

Paceklik gol dalam tiga laga terakhir membuat Mohamed Salah frustrasi.


Pelukan Terakhir di El Clasico

Pelukan Terakhir di El Clasico

Sulit untuk membenci Andres Iniesta, termasuk entrenador Real Madrid Zinedine Zidane.


Drama dan Kontroversi El Clasico Jilid II

Drama dan Kontroversi El Clasico Jilid II

El Clasico jilid II Barcelona menghadapi seterunya, Real Madrid, Senin (7/5) dinihari, di Camp Nou memang hanya berakhir 2-2.


Sarat Kontroversi, El Clasico Kedua Tanpa Pemenang

Sarat Kontroversi, El Clasico Kedua Tanpa Pemenang

El Clasico kedua musim ini berakhir tanpa pemenang.


Belakang Tengah Bagus, Depan Loyo

Belakang Tengah Bagus, Depan Loyo

Berakhir sudah PSSI Anniversary Cup 2018. Bahrain yang dalam pertandingan terakhir kemarin menang atas Korea Utara 4-1 keluar sebagai juara.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!