Sepakbola
Share this on:

Garuda Muda Ditarget Juara AFF U-22

  • Garuda Muda Ditarget Juara AFF U-22
  • Garuda Muda Ditarget Juara AFF U-22

JAKARTA - Hari ini timnas Indonesia U-22 akan memulai latihan perdana di Lapangan A, Senayan, Jakarta. Mereka bakal melakukan persiapan sebelum turun pada ajang Piala AFF U-22 2019 yang diselenggarakan awal Februari mendatang di Kamboja.

Ada 38 pemain yang dipanggil dan bersaing agar terpilih dalam skuad utama. Hanya sebulan persiapan, Garuda Muda punya target cukup tinggi. Yakni, meraih gelar juara Piala AFF U-22. Itu akan cukup sulit mengingat waktu latihan yang terlalu singkat.

Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri punya strategi khusus agar persiapan yang singkat menjadi maksimal. Salah satunya memperbanyak agenda uji coba. Sejauh ini yang sudah terjadwal dan pasti adalah uji coba internasional melawan Tiongkok U-22 pada 27 Januari.

Setelah lawan Tiongkok U-22, Indra berharap ada tiga pertandingan persahabatan lagi. Karena mencari lawan yang sepadan cukup sulit dengan jadwal mepet, klub lokal bisa menjadi pilihan sebagai lawan tanding. Yang terpenting adalah anak asuhnya bisa mematangkan strategi dalam situasi pertandingan.

’’Kami harus cepat memulai latihan. Juga cepat memilih pemain,’’ ujarnya.

Indra berharap kerangka tim sudah terlihat pada awal Februari. Dengan begitu, dia bisa dengan mudah menerapkan strategi permainan. Indra memang harus bekerja ekstracepat. Beruntung, sebagian besar dari 38 nama yang dipanggil cukup familier. Mereka pernah menjadi anak asuh Indra di timnas U-19 pada Piala AFC U-19.

Namun, banyak juga yang merupakan muka baru. Salah satunya Gian Zola. Pemain Persela Lamongan itu dipanggil untuk bersaing dengan gelandang serang timnas seperti M. Luthfi hingga Todd Rivaldo Ferre.

Pemanggilan ke timnas U-22 bukan yang pertama dirasakan Gian. Sebelumnya, ketika timnas masih dipegang Luis Milla, namanya sempat terpantau radar. Sayang, jebolan diklat Persib itu tidak bisa menampilkan performa yang bagus dan gagal masuk skuad.

Karena itulah, Gian bertekad tidak akan menyia-nyiakan pemanggilan kali ini. Dia akan menunjukkan performa yang bagus agar bisa menebus kegagalan pada era Milla. ’’Yang kemarin biarlah berlalu, kali ini kesempatan yang bagus buat saya. Sekarang harus bisa masuk,’’ ucapnya.

Gian mengaku tidak ada persiapan khusus. Hanya ingin berkonsentrasi. Dia juga yakin kualitas Indra dalam menangani timnas akan bisa memberikan pengalaman baru. ’’Soal persaingan dengan pemain lain, saya jalani saja. Tapi, saya sudah siap,’’ tegasnya.

Harapan untuk tidak mengulang kegagalan yang sama juga dipunyai Dalmiansyah Mamutu. Striker muda Arema FC itu sempat gagal menembus skuad timnas U-19 untuk Piala AFC U-19 tahun lalu. Cedera yang jadi penyebab kegagalannya saat itu.

Dia harus bersaing dengan barisan penyerang yang menjadi andalan klub seperti Marinus Wanewar, Dima Drajad, hingga Ezra Walian. (rid/c17/nur/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tenis Ditarget Dua Emas

Tenis Ditarget Dua Emas

PP Pelti bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghelat turnamen tenis tingkat nasional bertajuk ‘BNI Tennis Open 2019.


Perebutan Gelar Liga Inggris Belum Berakhir

Perebutan Gelar Liga Inggris Belum Berakhir

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan menegaskan bahwa persaingan dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini belum berakhir.


Brendan Rodgers Pembeda Leicester City

Brendan Rodgers Pembeda Leicester City

Kemenangan atas Arsenal, Minggu (9/11) lalu, membuat Leicester City menjadi kandidat pemburu gelar juara Premier League musim ini, setelah Manchester City dan L


Netizen Minta Pertahankan Coach Fakhri

Netizen Minta Pertahankan Coach Fakhri

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19, Fakhri Husaini berpamitan usai membawa skuat Garuda Nusantara lolos ke putaran final Piala AFC U-19 202


Skuat Muda Mulai Menjanjikan

Skuat Muda Mulai Menjanjikan

Tak hanya hujan gol dan dua kartu merah, laga Chelsea vs Ajax, Rabu (6/11) dinihari kemarin, juga diwarnai sejumlah drama.


Garuda Nusantara Harus Lebih Rileks

Garuda Nusantara Harus Lebih Rileks

Hasil gemblengan Pelatih Timnas Indonesia U-10 Fakhri Husaini berbulan-bulan akhirnya berbuah manis.


Timnas U19 vs Timor Leste, Garuda Muda Sangat Antuisias

Timnas U19 vs Timor Leste, Garuda Muda Sangat Antuisias

Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini mengatakan anak asuhnya sudah tak sabar menjalani laga tersebut di Stadion Madya, Senayan, Rabu (6/11) hari ini.


Tiga Pemain Timnas U19 Dicoret

Tiga Pemain Timnas U19 Dicoret

Pelatih Timnas U19 Fakhri Husaini telah memilih 23 pemain skuat Garuda Nusantara Kualfikasi Piala AFC U-19 di Jakarta, 6-10 November mendatang.


Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Kualifikasi Euro 2020 kembali dicederai oleh aksi rasis. Dua orang menjadi korban dan dua kali laga dihentikan dalam laga Inggris kontra Bulgaria di Stadion Vas


Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Timnas Indonesia Senior bakal melanjutkan kiprahnya putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!