Sepakbola
Share this on:

Giroud Masih Belum Hot

  • Giroud Masih Belum Hot
  • Giroud Masih Belum Hot

ST.PETERSBURG - Olivier Giroud seolah ''menghilang'' dari komposisi lini depan Prancis. Ya, ketika Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann rajin mencatatkan namanya di papan skor, Giroud justru masih scoreless. Padahal, bomber Chelsea ini sudah diberi kesempatan lima kali bermain dan empat kali menjadi starter. The Guardian kemarin (9/7) menulis, sudah 412 menit penyerang 31 tahun tersebut tak berkontribusi gol buat Prancis. Meski demikian, Giroud tetap rileks.

“Jika kalian adalah seorang penyerang seperti saya, maka kalian akan bekerja untuk rekan setim. Sebetulnya, saya lebih memilih untuk mencetak gol. Tapi, jika saya bisa membuka ruang buat rekan-rekan yang lain, maka saya memilih opsi yang terbaik untuk tim,” kata Giroud.

Dengan formasi 4-2-3-1, Giroud didapuk peran oleh entraineur Prancis Didier Deschamps sebagai penyerang tunggal. Adanya Giroud di posisi tersebut, memberi keleluasaan buat Mbappe dan Griezmann untuk bergerak lebih leluasa di belakang Giroud.

Peran yang dijalankan oleh Giroud ini mengingatkan sosok Christophe Duggary dan Stephane Guirvac'h di Piala Dunia 1998. Saat itu, Prancis menjadi jawara. Namun, produktifitas dua bomber itu sangat minim. Duggary hanya mencetak satu gol sedangkan Guirvac'h gagal menjaringkan satu pun gol. Giroud tak khawatir jika nasibnya sama dengan dua seniornya tersebut.

“Jika kemudian Prancis kembali menjadi juara dunia dengan saya tak mencetak gol, saya tak keberatan. Yang lebih berarti bagi saya adalah keberadaan di lapangan dan membantu tim,” ujar mantan bomber Arsenal itu “Saya hanya menjalankan tugas yang dipercayakan kepada saya,” tambah Giroud.

Piala Dunia 2018 ini bisa saja menjadi turnamen mayor pamungkas buat Giroud. Bergabung dengan timnas Prancis sejak 2011 lalu, Giroud sudah tampil di empat turnamen mayor. Mulai Euro 2012, Piala Dunia 2014, Euro 2016, dan Piala Dunia 2018.

Versi Whoscored, dalam lima kali tampil di Piala Dunia 2018, Giroud hanya mencatatkan satu assist, dan 1,4 tembakan per laga. Giroud juga membuat 1,2 keypass per laga.

Deschamps kepada ESPN membenarkan kalau Giroud memang belum hot. Namun, Deschamps tetap memperhitungkan keberadaan bomber 192 sentimeter itu. “Ketika lawan Argentina, dia (Giroud, red.) membuat umpan kepada Mbappe dan tim ini membutuhkan bantuan seperti yang dilakukannya itu. Dia punya peran penting bagi kami,” tutur Deschamps.

Mengenai Guirvac'h role seperti yang dijalani Giroud, Deschamps pun sangat paham. Apalagi Deschamps adalah kapten Prancis saat Les Bleus jadi juara dunia untuk pertama kalinya dua puluh tahun silam.

“Sudah menjadi resiko bagi seorang penyerang kena hujat jika tak mencetak gol. Namun Giroud adalah seorang yang sangat baik hati dan tak melakukan komplain ketika dia tak mencetak gol,” ujar Deschamps.

Deschamps sebetulnya pernah menerapkan format 4-4-2 untuk mendongkrak produktifitas Giroud. Namun, Giroud dan Griezmann malah kurang nyaman dengan pola tersebut. (dra/bas/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!