Sepakbola
Share this on:

Gol Satu Abad De Ligt yang Sensasional

  • Gol Satu Abad De Ligt yang Sensasional
  • Gol Satu Abad De Ligt yang Sensasional

TURUIN - Pembuat sejarah dan juga sensasi. Dua penilaian itu tergambar dari sosok bek Juventus, Matthijs de Ligt dalam laga kontra Torino, Sabtu (2/11). Mantan pemain Ajax itu benar-benar membuat sejarah.

Ia menjadi pemain asing pertama yang mencetak gol dalam debut pertamanya di Derby della Mole. Di laga kemarin, si Nyonya Tua menang tipis 1-0 lewat gol de Ligt.

Ekspektasi Juventus tak sampai di sini. Pemain asal Belanda itu didapuk sebagai pemain asing pertama dalam sejarah 122 tahun Juve sebagai pencetak gol pertama mereka untuk rival sekotanya, Torino.

Dalam laga kemarin, De Ligt memang tampil penuh determinasi. Ia bereaksi cepat menyambut tendangan penjuru Miralem Pjanic di muka gawang Turino. Bola kemudian diteruskan Gonzalo Higuain kepada De Ligt dan mantan bintang Ajax itu mengeksekusinya dengan tendangan voli yang membobol gawang Turino di menit 70.

“Aku benar-benar bahagia, tentu saja. Itu adalah laga yang sangat penting, karena Inter juga menang. Kami menang 1-0 dan itu adalah tujuan saya, sangat istimewa,” kata de Ligt kepada DAZN, kemarin.

Sontekan bek 19 tahun itu menjadi penebus kesalahannya yang cukup kentara sepanjang musim 2019-2020, yaitu handball. Bulan lalu, De Ligt tertangkap kamera bersinggungan dengan bola saat Juve menghadapi Inter Milan (7/10), Bologna (20/10), Lecce (26/10), termasuk saat melawan Torino, dini hari kemarin.

Di menit 11, kamera menangkap handball De Ligt saat lengannya menyenuh bola sundulan Andrea Belotti. Pemain Torino yang melihatnya langsung melakukan banding kepada wasit Daniele Doveri. Sayang, wasit tak memberikan hadiah tendangan penalti buat tim tuan rumah.

"Saya hanya berdiri di sana, seperti biasa menghalau pemain merebut bola, tapi nyatanya bola mengenai saya. Seketika, saya pun tahu bahwa itu bukanlah penalti," akunya. "Sebab, menurut aturan yang berlaku, jika tangan saya menjulur ke bawah, maka itu bukan penalti," tambahnya.

Terlepas sering melakukan kesalahan, penampilan De Ligt menjadikannya sebagai pemain kelima termuda yang bisa membikin lesakan buat Juve dalam Derby della Mole. Allenatore Juventus Maurizio Sarri menyatakan, bahwa kemenangan Juventus di kandang Torino adalah hal yang mudah diprediksinya.

"Ini bukan permainan di mana kita bisa mencoba menjadi cantik, tidak. Kita bermain standar saja, sudah menang," ujarnya.

"Laga tadi adalah yang tersulit bagi kami, penuh intensitas, fisik, dan keras. Itu tidak cocok dengan karakteristik kami, tetapi akhirnya kami berhasil menyelesaikannya," tambah Sarri.

Kendati Inter meraih poin penuh dalam laga tandang ke Bologna, tiga poin di Turin mengukuhkan posisi Juventus di puncak klasemen Serie A. Kedua tim hanya terpaut satu poin.

Dengan enam kekalahan dari 11 laga, membuat Torino bertahan di posisi 14. Kekalahan ini menjadi awal terburuk Il Toro sejak degradasi pada 2008-09. "Saya marah karena saya tidak suka kalah, terutama ketika kami tidak pantas mendapatkannya," kata Pelatih Torino Walter Mazzari di sela konferensi pers.

“Di kamar ganti, saya memberi tahu para pemain bahwa saya bangga dengan laga tadi, tetapi mulai sekarang mereka harus memainkan setiap laga dengan rasa lapar yang luar biasa," tandasnya. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Sihir Lampard Mulai Manjur
Sihir Lampard Mulai Manjur

Berita Berikutnya

21 Angka Spesial untuk Jokowi
21 Angka Spesial untuk Jokowi

Berita Sejenis


Balotelli Belum Cocok di Azzurri

Balotelli Belum Cocok di Azzurri

Dari delapan penampilannya bersama Brescia, Balotelli baru berhasil mengemas dua gol.


Ronaldo-Sarri Mulai Tak Harmonis

Ronaldo-Sarri Mulai Tak Harmonis

Juventus baru saja sukses mengalahkan Milan dengan skor tipis 1-0. Gol penentu kemenangan dicetak Paulo Dybala di menit 77.


Persaingan di Premier League Belum Berakhir

Persaingan di Premier League Belum Berakhir

Stadion Anfield benar-benar menjadi tempat yang bisa menggetarkan nyali lawan.


Simic, Mimpi Buruk Pesut Etam

Simic, Mimpi Buruk Pesut Etam

Striker Persija Jakarta, Marko Simic menjadi mimpi buruk bagi Borneo FC, setelah sukses mencetak empat gol laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Timnas U19 Lolos ke Uzbekistan

Timnas U19 Lolos ke Uzbekistan

Timnas Indonesia U-19 akhirnya memastikan satu tempat di Piala Asia, usai bermain imbang 1-1 atas Korea Utara, Minggu (10/11) kemarin.


Mesin Gol PSM Makassar Belum Produktif

Mesin Gol PSM Makassar Belum Produktif

Tersisa sepuluh laga lagi yang harus dijalani PSM. Namun, mesin gol masih lesu.


Selebrasi Minta Maaf, Son Belum Move On

Selebrasi Minta Maaf, Son Belum Move On

Di depan kamera yang menyorotnya, Son Heung Min melakukan selebrasi dengan gestur meminta maaf.


Dibuang Real, Hakimi Moncer bersama Dortmund

Dibuang Real, Hakimi Moncer bersama Dortmund

Lima gol dari empat pertandingan menjadi kunci Borussia Dortmund mengarungi Liga Champions musim ini.


Skuat Muda Mulai Menjanjikan

Skuat Muda Mulai Menjanjikan

Tak hanya hujan gol dan dua kartu merah, laga Chelsea vs Ajax, Rabu (6/11) dinihari kemarin, juga diwarnai sejumlah drama.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!