Sepakbola
Share this on:

Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi

  • Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi
  • Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi

LONDON - Pelatih Inggris Gareth Southgate mulai mempertimbangkan perubahan di lini bertahan skuat Three Lions. Salah satunya, dengan memasukkan tiga bek bertahan dalam laga melawan Bulgaria dalam lanjutan Kualifikasi EURO 2020 Grup A, Selasa (15/10) dini hari.

Formasi tiga bek dipakai setelah evaluasi kelemahan taktis oleh Gareth setelah anak asuhnya dibungkam 2-1 oleh Republik Ceko, Sabtu (12/10) dinihari lalu. Dilansir dari Guardian, Gareth merasakan getaran serangan balik Ceko semakin tajam.

Tidak ada yang terlalu terkejut ketika Gareth memilih formasi 4-2-3-1, meskipun beberapa pemain utama tidak bisa tampil. Kieran Triper bermain sebagai bek kanan dengan Danny Rose sebagai wing back kiri.

Skema andalan Gareth ini tidak berjalan sempurna. Sehingga ia harus merubah formasi dengan tiga bek tengah agar bisa menang di Bulgaria. Tentunya bek yang memiliki sundulan dan determinasi besar. "Kami berada dalam situasi yang sulit. Banyak pemain yang hanya punya jam dan pengalaman internasional terbatas, kami tidak bisa merubahnya (taktik tiga bek) secara langsung," kata Southgate.

“Jadi itu bagian dari alasan kami tidak melakukan itu saat melawan Ceko. Saya tidak yakin, menjelang laga Senin nanti (melawan Bulgaria), apakah itu hal yang benar untuk dilakukan tetapi kami sangat sadar dan menilai hal-hal itu," paparnya.

Mantan pemain Manchester United yang kini berprofesi sebagai pundit, Roy Keane, menyinggung dua pemain belakang Timnas Inggris yang dianggapnya tampil buruk dalam laga melawan Ceko. Kekalahan di Sinobo Stadium, menandai berakhirnya catatan 42 laga tak terkalahkan Inggris di kualifikasi. Hasil itu juga membuat kelolosan Inggris tertunda.

Dua pemain yang disebut Keane adalah bek kiri Danny Rose dan bek tengah Manchester United Harry Maguite. Kelalaian mereka membuat Ceko berhasil menambah gol kedua sekaligus gol kemenangan Zdenek Ondrasek pada menit ke-85.

Padahal, Inggris sempat unggul cepat pada menit kelima lewat penalti Harry Kane. Meski empat kemudian, Jakub Brabec menyamakan skor menjadi 1-1. "Danny Rose bisa memenangi sundulan, padahal ia bisa banyak melakukan peluang ketimbang harus menyundul bola," ujarnya.

Ia juga melihat bek seperti Harry Maguire jarang mengantisipasi serangan balik pemain Ceko. "Ia (Harry-red) terlihat santai saat bahaya mulai mengancam gawangnya."

Kendati demikian, menurut Keane Inggris tak boleh mengeluh dengan kekalahan itu. "Bermain tandang memang selalu menjadi partai sulit. Namun, Three Lions sejak awal serangannya tak terlihat tajam," tuturnya.

"Tak ada intensitas, tak ada perjuangan dalam pertandingan. Jika Anda memulai laga dengan pelan, sangat sulit untuk bangkit," imbuhnya.

Secara head to head, Bulgaria tak pernah menang dalam tiga laga kandang mereka. Hal itu menjadi kans Three Lions untuk meraih hasil positif. Tambahan tiga poin bisa meloloskan Three Lions ke EURO 2020 dengan dua laga tersisa.

Inggris bisa mengikuti langkah Italia dan Belgia jika mampu mengalahkan Bulgaria, dan Kosovo gagal menang saat melawan Montenegro. (dbs/zul/fin/tgr)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Perebutan Gelar Liga Inggris Belum Berakhir

Perebutan Gelar Liga Inggris Belum Berakhir

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan menegaskan bahwa persaingan dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini belum berakhir.


Lithuania vs Portugal, Kesempatan Ronaldo

Lithuania vs Portugal, Kesempatan Ronaldo

Langkah Portugal untuk lolos ke EURO 2020, tinggal selangkah lagi. Mereka hanya butuh tiga poin saat menjamu tim peringkat 132 FIFA, Lithuania.


Sterling Dicoret dari Skuat Inggris saat haddapi Montenegro

Sterling Dicoret dari Skuat Inggris saat haddapi Montenegro

Persaingan pemain Manchester City dan Liverpool di Premier League berimbas buruk bagi tim nasional Inggris.


Mesin Gol PSM Makassar Belum Produktif

Mesin Gol PSM Makassar Belum Produktif

Tersisa sepuluh laga lagi yang harus dijalani PSM. Namun, mesin gol masih lesu.


Smalling Dibanderol 20 Juta Euro, Roma Nawar Setengahnya

Smalling Dibanderol 20 Juta Euro, Roma Nawar Setengahnya

Jendela transfer musim dingin masih dua bulan lagi. Momen ini dipakai klub Serie A membuat daftar dan melakukan pendekatan pemain incarannya.


Jangan Terlena Mr. The God Father!

Jangan Terlena Mr. The God Father!

Skuat Inter Milan asuhan Antonio Conte sukses mengalahkan Brescia 2-1, dini hari kemarin.


Tira Persikabo Masih Tertahan di Peringkat Lima

Tira Persikabo Masih Tertahan di Peringkat Lima

Tira Persikabo lagi-lagi gagal meraih poin penuh dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Duo Inggris Masih Perkasa

Duo Inggris Masih Perkasa

Manchester City dan Tottenham Hotspur tampil perkasa pada Matchday ketiga Liga Champions 2019/2020.


Juventus vs Locomotiv Moskow, Jangan Terpeleset Lagi Juve!

Juventus vs Locomotiv Moskow, Jangan Terpeleset Lagi Juve!

Lokomotiv Moskow baru mengemas satu kemenangan dan sekali kalah hingga matchday ketiga grup D Liga Champions.


Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Bursa transfer musim dingin masih dua bulan lagi. Namun, upaya para manajer yang getol mencari pemain bintang sudah mulai dilakukan jauh-jauh hari.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!