Sepakbola
Share this on:

Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting

  • Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting
  • Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting

JAKARTA - Pengaturan skor, kompetisi setting-an, dan kepemimpinan wasit yang tidak fair menjadi isu paling santer di sepak bola Indonesia dalam sepekan terakhir. Protes demi protes dilayangkan berbagai klub terhadap kekacauan pengelolaan sepak bola tanah air.

Bukan hanya dari Liga 1, melainkan juga sampai ke Liga 3. Tidak mau masalah demi masalah menumpuk di meja PSSI, apalagi penentuan juara Liga 1 dan degradasi akan terjadi pada 9 Desember nanti, Exco PSSI memutuskan melakukan Emergency Meeting hari ini di Jakarta.

Saking mendesaknya acara tersebut, rencananya Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yang sibuk dengan jabatan barunya sebagai Gubernur Sumatera Utara bakal datang dan memimpin rapat. ’’Iya, ada pak ketum kok. Ini membahas semua masalah yang ada. Mendadak,’’ kata Yoyok Sukawi dari Exco PSSI.

Keterlibatan anggota Exco PSSI Hidayat dalam skandal mengaturan skor Liga 2 juga masuk dalam agenda pembahasan. Juga, beberapa laporan-laporan yang masuk, di antaranya dari klub Liga 3 OTP37 Mamuju. ’’Kami sudah dengar itu. Tapi, kami hanya membahas ya. Untuk eksekusi ataupun sanksi dan segala macamnya kami serahkan ke departemen terkait dalam hal ini Komdis PSSI,’’ terangnya.

Ya, OTP 37 Mamuju melayangkan laporan kepada Komdis PSSI pada 4 Desember lalu. Laporan yang berisi dugaan ajakan pengaturan skor dari PSBK Blitar yang dilakukan Yoga Eka Fermansyah Hera kepada kapten OTP37 Mamuju Michael Aditya Wijaya. Eka bukan pemain PSBK, melainkan pemain klub Liga 2 Blitar United.

Selain membahas hal tersebut, masalah kinerja wasit juga akan dibicarakan dalam Emergency Meeting itu. Salah satunya kinerja dari wasit Dodi Setia Purnama dalam laga antara PSMS Medan versus PS Tira. Kepemimpinannya yang banyak menuai protes akan menjadi bahan pembicaraan.

Juga terkait Wasit Novari Ikhsan yang memimpin laga perebutan peringkat ketiga Liga 2 antara Persita Tangerang melawan Kalteng Putra. Banyaknya keputusan yang dianggap menguntungkan Kalteng Putra juga akan disoroti. ’’Ya, tentu nanti kami akan soroti kenapa selalu seperti ini. Kami akan bahas semuanya itu,’’ ucapnya.

Anggota Komite Wasit Purwanto menerangkan, mereka tidak tahu menahu terkait penunjukkan Dodi. Namun, dia menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI. ’’Saya ini kan hanya anggota. Kalau memang terbukti tidak benar sesuai aturan, ya akan dievaluasi. Kalau masalah kenapa dia (Dodi) atau yang lain ditugaskan bukan urusan saya,’’ paparnya.

Di sisi lain, CEO Persita Tangerang Azwan Karim menegaskan, sudah mengirimkan surat protes kepada PSSI terkait wasit Novari. Surat protes yang disertai sejumlah bukti itu diharap bisa jadi bahan evaluasi PSSI untuk pembenahan kualitas wasit.

’’Kami ini tidak bisa mengubah hasil. Mau bagaimana lagi, kami ikhlaskan saja. Dia (Novari) itu sudah tidak layak, umurnya sudah berapa, fisiknya tidak bagus,’’ bebernya.

Apabila Persita mengirimkan protes, PSMS Medan justru mengikhlaskan diri. Sekretaris PSMS Julius Raja menegaskan, tidak mengirimkan surat protes apapun kepada PSSI. Dia menyerahkan sepenuhnya alias ikhlas.

’’Buat apa? Buang-buang waktu. Kalau kami mengirim surat, memang bisa mengubah hasil? Bisa pertandingan ulang? Kami bisa dapat penalti karena handsball atau pelanggaran seperti di pertandingan itu? tidak kan,’’ ucapnya. (rid/ham/jpg)

Berita Sebelumnya

El Toto Diinvestigasi Polisi
El Toto Diinvestigasi Polisi

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Liverpool Kehilangan Virgil van Dijk di 16 Besar Liga Champions

Liverpool Kehilangan Virgil van Dijk di 16 Besar Liga Champions

Virgil van Dijk membuktikan kalau dirinya layak menyandang status bek termahal dunia saat ini.


Ruben Bisa ke Madura United, Osvaldo Bertahan

Ruben Bisa ke Madura United, Osvaldo Bertahan

Posisi bek kiri Persebaya musim ini nyaris menjadi milik Ruben Sanadi. Jika tak cedera atau akumulasi, pemain 31 tahun itu selalu jadi pilihan utama.


Menang Dramatis, Liverpool Dampingi PSG ke 16 Besar Liga Champions

Menang Dramatis, Liverpool Dampingi PSG ke 16 Besar Liga Champions

Hampir saja gagal ke fase knockout Liga Champions musim ini, membuat Luverpool tampil habis-habisan di depan pendukungnya.


Laga Hidup Mati Liverpool vs Napoli

Laga Hidup Mati Liverpool vs Napoli

Matchday enam Liga Champions 2018-2019 ini akan menentukan empat tiket kelolosan yang tersisa. Tiga diantaranya diperebutkan dini hari nanti (12/12).


Allegri dan Ronaldo Bikin Juve Susah Dikejar

Allegri dan Ronaldo Bikin Juve Susah Dikejar

Juventus sudah seperti menggenggam scudetto musim ini.


Chelsea vs Manchester City, Siapa Lebih Kuat?

Chelsea vs Manchester City, Siapa Lebih Kuat?

Manchester City sudah menaklukkan tiga di antara enam besar tim Premier League pada paro pertama ini.


Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Persija Jakarta tampaknya punya keyakinan tinggi bakal jadi Juara Liga 1 musim ini.


PSM atau Persija? PSSI Bikin Dua Replika Piala

PSM atau Persija? PSSI Bikin Dua Replika Piala

Juara Liga 1 memang belum bisa dipastikan hingga pertandingan terakhir pada 9 Desember mendatang.


Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras

Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras

Entah mimpi apa Ronald Koeman. Dua hari terakhir, dia selalu menerima kabar kurang menyenangkan terkait tugasnya sebagai tacticus timnas Belanda.


Persija Jakarta Kudeta Puncak Klasemen Liga1

Persija Jakarta Kudeta Puncak Klasemen Liga1

Dua tahun berturut Bali United gagal mengangkat trofi Liga 1. Menjelang akhir kompetsisi musim ini, performa Bali anjlok.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!