Sepakbola
Share this on:

Harus Bisa Berdamai dengan Media

  • Harus Bisa Berdamai dengan Media
  • Harus Bisa Berdamai dengan Media

MADRID - Tersingkir di 16 besar Piala Dunia 2018 membuat pelatih Spanyol Fernando Hierro meletakkan jabatannya. Tak sampai dua minggu, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) sudah menunjuk pelatih anyar buat La Roja.

Kemarin (10/7) RFEF mengumumkan kalau eks pelatih Barcelona, Celta Vigo, dan AS Roma Luis Enrique diangkat sebagai nahkoda Spanyol. Enrique dengan segala catatannya merupakan kandidat utama dan satu-satunya.

Presiden RFEF Luis Rubiales seperti diberitakan Marca kemarin membantah sebelum bersepakata dengan Enrique, RFEF melakukan pembicaraan dengan pelatih Real Betis Quique Setien atau eks pelatih Malaga Michel.

“Sejak awal fokus kami hanya tertuju pada Lucho (Enrique, red.) dan tak ada yang lain. Dan kesepakatan itu akhirnya terjadi antara RFEF dengan Lucho,” kata Rubiales.

Penunjukkan Enrique sebagai nahkoda Spanyol kemarin meninggalkan catatan buat beberapa pemain. Khususnya penggawa Spanyol yang berkostum Real Madrid. Meski pernah berkostum Real, namun Enrique tak punya relasi yang baik dengan pemain-pemain seperti Sergio Ramos, Isco, Dani Carvajal, atau Nacho Fernandez.

Pun demikian relasi Enrique dengan Madridista. Pria asal Asturia itu lebih mendapat afeksi ketika bermain untuk Barcelona periode 1996-2004 dibandingkan saat berkostum Real pada 1991-1996.

“Memperbaiki relasi Enrique dengan fans Madrid sangat penting karena bagaimanapun juga Spanyol berkandang di Santiago Bernabeu. Kalau tidak mendapat dukungan disana maka hal itu menyusahkan timnas,” tulis Marca.

Problem selanjutnya menurut Marca adalah hubungan yang tak akur antara Enrique dengan media. Ketika menjadi pelatih Barca, terutama pada musim kedua dan ketiganya di Camp Nou, Enrique sering menyerang dengan pedas setiap mendapat pertanyaan yang sifatnya kritik dari media.

“Kami mengetahui masalah itu. Namun bagaimanapun juga Enrique adalah seseorang dengan tipe dan karakter tertentu namun ketika bersama timnas hal itu situasinya akan lain,” ujar Rubiales.

Nah, pertanyaan yang tak kalah penting yakni bermain seperti apakah nantinya Spanyol di bawah Enrique ? Pada era Vicente del Bosque, dilanjut Julen Lopetegui gaya passing pendek serta cepat dengan mengutamakan ball possession menjadi ciri khas Spanyol.

Padahal ketika terakhir menangani Barca selama musim 2014-2017, Enrique lebih senang memainkan bola-bola direct ke area pertahanan lawan. Dan pria berusia 48 tahun itu senang dengan tipe penyerang kuat dan bisa menang dalam duel one on one seperti Diego Costa.

AS kemudian menulis kalau ada beberapa nama pemain yang diprediksi akan kembali masuk ke timnas Spanyol. Padahal pada era Lopetegui, pemain-pemain itu kurang mendapatkan kepercayaan.

Di antaranya gelandang Bayern Muenchen Javi Martinez, gelandang Chelsea Pedro Rodriguez, playmaker Manchester United Juan Mata, bek kanan Sergi Roberto, dan gelandang Manchester United Ander Herrera. (dra/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas Harus Redam Teror Predator AFF

Timnas Harus Redam Teror Predator AFF

Pentas Piala AFF 2018 seolah menjadi ajang pelampiasan bagi Adisak Kraisorn.


Jamu Persija, PSM Optimis Raih Poin Penuh

Jamu Persija, PSM Optimis Raih Poin Penuh

Tinggal empat pekan lagi Liga 1 musim ini berakhir. PSM Makassar dan Persija Jakarta menjadi tim dengan peluang terbesar merebut gelar.


Ada #KosongkanGBK, Tiket Baru Terjual 8 Ribu Lembar

Ada #KosongkanGBK, Tiket Baru Terjual 8 Ribu Lembar

Tagar #KosongkanGBK sempat muncul di media sosial jelang laga timnas melawan Timor Leste.


Tantang Singapura, Timnas Harus Siapkan Mental

Tantang Singapura, Timnas Harus Siapkan Mental

Jika ditanya suporter mana yang punya mental baja, pasti jawabannya adalah suporter Indonesia.


Juve dan Man United Sama-sama Optimis

Juve dan Man United Sama-sama Optimis

Juventus masih superior awal musim ini. Juve sudah mencatatkan streak 14 laga tak pernah kalah di semua ajang dengan 13 kali menang dan sekali imbang.


Tantang Inter, El Pistolero Melawan Kutukan

Tantang Inter, El Pistolero Melawan Kutukan

Luis Suarez boleh saja on fire dengan mencetak 6 gol dari 4 laga terbaru Barcelona di semua ajang.


Lanjutan Liga Champions, Barca Belum Butuh La Pulga

Lanjutan Liga Champions, Barca Belum Butuh La Pulga

Barcelona mendapat angin segar. Dua hari jelang lawatan ke Giuseppe Meazza, mereka sudah bisa menyertakan Lionel Messi.


Saddil Ramdani Ditahan, Bima Sakti Panggil Andik

Saddil Ramdani Ditahan, Bima Sakti Panggil Andik

Problem pelik yang dialami Saddil Ramdani membuat dia harus tertahan bergabung dengan Timnas Indonesia yang dipersiapkan menuju AFF Cup.


Simic Bersinar setelah Kecelakaan

Simic Bersinar setelah Kecelakaan

Perfotrma hebat pada Piala Presiden 2018 dengan menjadi top scorer berkat 11 gol yang dicetak, membuat harapan tinggi berada di puncak Marco Simic.


Arema Waspadai Duet Striker Semarang

Arema Waspadai Duet Striker Semarang

Dengan nama besarnya, Arema FC musim ini justru tak mampu bersaing di papan atas. Bahkan tim berjuluk Singo Edan itu sempat terjerembab di dasar klasemen.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!