Sepakbola
Share this on:

Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022, Bukan Mini AFF

  • Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022, Bukan Mini AFF
  • Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022, Bukan Mini AFF

JAKARTA - Konfederasi sepak bola tertinggi di Asia (AFC) telah melakukan pengundian pembagian grup kualifikasi Piala Dunia 2022 di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/7) lalu. Dalam undian yang dihadiri langsung pelatih kepala Timnas Indonesia, Simon McMenemy, skuad Garuda yang menempati pot lima berada di Grup G bersama Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Menanggapi hasil undian tersebut, Simon enggan menganggap Grup G yang dihuni Indonesia itu, disebut sebagai Mini AFF lantaran dihuni oleh empat negara Asia Tenggara. Akan tetapi, Simon mengakui pertemuan keempat negara ini bakal menjadi menarik lantaran keempatnya sudah saling bertemu.

"Mengenai hasil undian yang menempatkan Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam dalam grup yang sama, lalu disebut sebagai Mini AFF tentu tidak adil, karena masih ada negara seperti Myanmar dan Philipina di grup lain," ungkap Simon di situs resmi PSSI, Jumat (19/7) kemarin.

"Hanya saja pertandingan di grup ini akan jadi menarik karena, kita sudah sering bertemu, bertanding, dan saling mengenal satu sama lain. Karena semua sudah saling kenal, semua pasti akan berpikir punya peluang yang sama untuk lolos. Namun jangan lupa masih ada Uni Emirat Arab disana, yang juga pertandingan melawan mereka juga akan sangat penting," sambungnya.

Simon juga mengaku bahwa dirinya sudah tak sabar untuk bisa menjalani babak kualfikasi tersebut. Terlebih diakuinya ia tak sabar untuk bisa menjamu Malaysia (5 September) dan Thailand (10 September) di laga perdana dan kedua.

"Setelah tahu kita akan menjamu Malaysia dan Thailand pada dua partai pembuka kualifikasi piala dunia membuat saya susah tidur, saya menjadi bersemangat dan tidak sabar untuk memainkan pertandingan tersebut," ungkap simon.

"Dua pertandingan pertama akan sangat menentukan langkah kita ke depan. Kalau bisa menang pada dua laga pertama, tentu kita akan bisa mengirim pesan bahwa Indonesia telah kembali, Indonesia serius dalam kualifikasi ini, kita berada di level yang sama dengan lawan kita. Saya ingin Tim Nasional Indonesia bisa menginspirasi negara ini," jelasnya.

Meski demikian, Simon enggan menaggap remeh lawan-lawan yang akan dihadapinya tersebut. Menurutnya, semua hal bisa terjadi pada setiap pertandingan. Akan tetapi, ia berharap suporter Indonesia bisa memberikan tambahan semangat bagi timnya saat bertanding nanti.

"Perlu diingat juga bahwa kita akan menjalani Kualifikasi Piala Dunia, bukan Final Piala Dunia melawan Brazil di Maracana. Semua hal bisa terjadi pada kualifikasi kali ini. Oleh karena itu saya sadar akan pentingnya sebuah kemenangan yang bisa menginspirasi supporter, dan memberikan mereka kebanggaan akan Tim Nasional Indonesia," terang Simon.

"Saya merasa beruntung karena pernah bekerja di negara lain di Asean sebelum akhirnya ke Indonesia dan tanpa ragu bisa saya katakan, ketika Tim nasional bermain dan mendapat dukungan penuh dari supporternya, saya rasa apapun bisa terjadi," jelasnya.

Lebih lanjut, Simon berencana menggelar persiapan untuk menghadapi babak kualifikasi tersebut. Akan tetapi, ia mengakui adanya kendala, dimana kompetisi Indonesia sedang berlangsung.

"Tentu rencana ke depan adalah membuat para pemain siap ketika kualifikasi tiba. Namun pada kenyataannya akan sedikit lebih sulit, karena kompetisi di liga kita sedang berlangsung. Berbeda dengan Malaysia dan Thailand, yang kompetisinya akan segera berakhir. Hal ini bisa menjadi tantantangan sekaligus peluang untuk kita, Saya harap para pemain sedang dalam kondisi yang baik," tuntasnya. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Gelontor Lima Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U18 Juara Ketiga

Gelontor Lima Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U18 Juara Ketiga

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia nampaknya harus puas dengan peringkat ketiga ajang Piala AFF 2019.


Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool berhasil keluar menjadi juara UEAF Super Cup atau Piala Super Eropa 2019. Hasil itu didapat setelah The Reds berhasil mengalahkan Chelsea.


Porto Tersingkir, Ajax Mulus

Porto Tersingkir, Ajax Mulus

Laga seru dan memukau tersaji lengkap di babak kualifikasi II Liga Champions 2019-2020, Rabu (14/8) dini hari.


Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (


Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 lagi-lagi meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


Joao Felix Buat Atletico Semakin Nyaman

Joao Felix Buat Atletico Semakin Nyaman

Diego Simeone akhirnya bernafas lega. Ini bukan perkara rekor sempurna Atletico Madrid saat menutup tur pra musim.


Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Tira-Persikabo terus menuai hasil gemilang dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U-15 Akan Menghadapi Thailand U15 di semifinal Piala AFF U-15 2019.


PSM Makassar vs Persija Jakarta Dijamin Ketat sejak Kick Off

PSM Makassar vs Persija Jakarta Dijamin Ketat sejak Kick Off

Final Piala Indonesia 2018/19 antara PSM Makassar dengan Persija Jakarta akan dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8) sore ini.


Diduga Curi Umur, Kapten Timor Leste Dilaporkan ke AFF

Diduga Curi Umur, Kapten Timor Leste Dilaporkan ke AFF

Kapten Timor Leste U-15, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas, tengah menjadi sorotan pada ajang Piala AFF U-15 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!