Sepakbola
Share this on:

Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor

  • Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor
  • Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor

DORTMUND - Barcelona gagal meraih torehan positif kala mengawali Liga Champions 2019/2020 Grup F. Melawat ke markas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park Stadium, Dortmund, Jerman, Rabu (18/9) kemarin, hanya mampu bermain imbang tanpa gol alias 0-0.

Meski bermain imbang dan bertindak sebagai tim tamu, Barcelona berhasil menguasi jalannya pertandingan. Seperti dilaporkan SoccerWay, Barcelona memiliki penguasaan bola mencapai 60 persen. Sedangkan, tuan rumah 40 persen.

Akan tetapi, Dortmund memiliki peluang emas untuk bisa unggul dalam laga tersebut. Dimana mereka mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-57. Sayangya, sepakan Marco Reus berhasil dihalau kiper Barcelona Marc Andre Ter Stegen.

Selain itu beberapa catatan menarik juga tersaji di laga kali ini. Salah satuya adalah diturunkannya Ansu Fati dalam laga tersebut oleh pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Sebelum digantikan oleh Lionel Messi pada menit ke-59, Ansu Fati sudah dimainkan sejak awal babak pertama oleh Velverde. Menariknya, dimainkannya Ansu Fati dalam laga ini sekaligus memceahkan rekor Liga Champions. Dimana, Ansu Fati menjadi pemain paling muda yang turun di turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.

Ansu Fati pun memecahkan rekor pemain termuda yang turun di Liga Champions untuk Barcelona dengan usia 16 tahun 321 hari. Rekor sebelumnya dipegang oleh Bojan Krkic yang berusia 17 tahun 22 hari ketika membela Barcelona melawan Olympique Lyon pada 2007 silam.

Selain itu, fakta lainnya juga didapat oleh Barcelona. Hasil imbang tanpa gol ini pun menjadi fakta buruk bagi Barcelona, sebab sebelumnya tim raksasa Spanyol itu belum pernah gagal mencetak gol di laga perdana Liga Champions sebelumnya.

Tidak hanya itu, fakta lainnya adalah Barcelona tak terkalahkan dalam 14 laga terakhirnya di fase grup Liga Champions melawan tim asal Jerman (menang 11, imbang tiga), dimulai Oktober 2001 melawan Bayer Leverkusen.

Sebagai pelatih, Vaverde mangakui bahwa timnya kerepotan untuk menghadapi Dortmund. Bahkan, menurutnya, melawan tim seperti Dortmund harus memiliki daya juang yang cukup. Sebab diakunya, tim asal Jerman tersebut memiliki fans fanatik yang bisa selalu mengintimidasi tim tamu.

"Kita menderita di sini, saya harus mengakuinya. Tapi kami sudah tahu kami akan menderita," ungkap Valverde seperti dikutip dari laman resmi UEFA. "Kami sudah bermain dominan, namun kami kehilangan bola tiga atau empat kali yang cukup menyulitkan kita, sebab Dortmund melancarkan serangan balk dengan kecepatan luar biasa," sambungnya.

Lebih lanjut, Valverde juga menilai penampilan timnya jauh lebih buruk saat di babak kedua. Ia menilai, anak asuhnya tidak bisa mengontrol jalannya pertandingan di babak kedua. Beruntung, hal itu tak membuat timnya kebobolan.

"Ya, laga ini berjalan begitu sulit di bawah atmosfer yang cukup hebat. Kami harus banyak menderita, khususnya usai turun minum, dimana kita kehilangan kontrol dan mereka sangat berbahaya," tutur Valverde.

Di pertandingan lainnya Grup F Liga Champions 2019/2020, Inter Milan yang menjamu Slavia Praha di Giuseppe Meazza cukup beruntung bisa meraih hasil imbang 1-1. Keberuntungan itu lantaran, Inter sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Peter Olayinka (63'), sebelum akhirnya Nicolo Barella menyamakan kedudukan pada masa injury time.

Dengan hasil ini, empat tim di Grup F Liga Champions 2019/2020 seluruhnya hanya memiliki satu poin. Namun, Slavia kini menempati peringkat pertama, diikuti Inter Milan, Barcelona dan Dortmund di urutan kedua hingga keempat. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Skuat Muda Cheklsea Belum Stabil
Skuat Muda Cheklsea Belum Stabil

Berita Berikutnya

Di Maria Solusi Tuchel
Di Maria Solusi Tuchel

Berita Sejenis

Inter Milan vs Dortmund, Konfidensi Tinggi

Inter Milan vs Dortmund, Konfidensi Tinggi

Inter Milan mulai menatap kemenangan perdananya saat melawan Borussia Dortmund, dini hari nanti.


Slavia Praha vs Barcelona, Momok Trio MSG

Slavia Praha vs Barcelona, Momok Trio MSG

Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann akan jadi momok bagi klub Republik Ceko, Slavia Praha pada matchday ketiga Grup F Liga Champions.


Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Bursa transfer musim dingin masih dua bulan lagi. Namun, upaya para manajer yang getol mencari pemain bintang sudah mulai dilakukan jauh-jauh hari.


Eibar vs Barcelona, Saatnya Tempel Madrid

Eibar vs Barcelona, Saatnya Tempel Madrid

Melawan Eibar sebenarnya membuka peluang Barca menggeser rival pahitnya, Real Madrid. Jarak keduanya hanya dua poin.


Imbas Demo Catalan, El Clasico Ditunda

Imbas Demo Catalan, El Clasico Ditunda

Komite Kompetisi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akhirnya menunda laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid yang rencananya akan dihelat di Camp Nou, pekan dep


Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Empat kali kalah di kualifikasi Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, menjadi prestasi terburuk Timnas Indonesia saat ini.


AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

Kabar mengejutkan datang dari mantan raksasa sepak bola Italia yang bermasalah AC Milan. Il Rossonerri (sebutan Milan) menderita rekor kerugian keuangan selama


Pilar Chelsea dan Manchester United Cedera

Pilar Chelsea dan Manchester United Cedera

Chelsea dan Manchester United harus menelan pil pahit usai jeda internasional. Sebagian besar pemain kunci keduanya terbelit cedera jelang pekan ke-9 Liga Premi


Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Kualifikasi Euro 2020 kembali dicederai oleh aksi rasis. Dua orang menjadi korban dan dua kali laga dihentikan dalam laga Inggris kontra Bulgaria di Stadion Vas


Barcelona Mulai Cari Pengganti Suarez

Barcelona Mulai Cari Pengganti Suarez

Barcelona mencari pengganti jangka panjang penyerang Luis Suarez yang sudah memasuki masa-masa akhir kontraknya di Camp Nou.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!