Sepakbola
Share this on:

Indonesia-Australia Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

  • Indonesia-Australia Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
  • Indonesia-Australia Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Australia (FFA) mengatakan Australia telah mengadakan pembicaraan dengan Indonesia mengenai pengajuan bersama untuk menjadi tuan rumah turnamen sepakbola Piala Dunia FIFA 2034.

Pernyataan FFA muncul, beberapa hari setelah Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mengatakan, bahwa 10 negara dari blok ASEAN, termasuk Indonesia, akan mengajukan pengajuan untuk turnamen tersebut dalam konferensi pers di Bangkok.

"Federasi Sepakbola Australia mengkonfirmasi pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan PSSI untuk kemungkinan secara bersama-sama mengajukan diri jadi tuan rumah di Piala Dunia 2034," demikian pernyataan tertulis FFA, Sabtu (29/6).

Terakhir kali Australia mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah sembilan tahun lalu untuk tahun 2022, yang mengalami kegagalan dan jatuh ke tangan Qatar.

Skandal yang melibatkan mantan ketua Federasi Sepakbola, Frank Lowy dan mantan direktur eksekutif Ben Buckley disebut-sebut menyebabkan mengapa pengajuan diri tersebut tidak membuahkan hasil. Padahal saat itu pemerintah sudah mengeluarkan biaya untuk mengikuti tender hingga $45 juta atau lebih dari Rp450 miliar.

Dengan pengalaman buruk tersebut, sejumlah pihak kembali khawatir atas upaya Australia yang mengajukan kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia yang kali ini maju bersama Indonesia. Mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama-sama telah dianggap membuat biaya menjadi tuan rumah lebih terjangkau, karena setidaknya ada dua negara yang berbagi biaya sehingga mengurangi pengeluaran satu pemerintahan saja.

Salah satu tantangan jika Australia dan Indonesia menjadi tuan rumah adalah jarak diantara kedua negara, meski sebenarnya berjarak sama antara Kanada dan Mexico yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Sebelumnya sempat beredar Australia akan bermitra bersama Selandia Baru sebagai tuan rumah Piala Dunia, tetapi kecil kemungkinannya karena kedua negara tidak berada dalam konfederasi sepakbola internasional yang sama.

FIFA juga menyambut baik kesempatan bagi negara-negara ASEAN lainnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, sehingga ada dukungan bagi Vietnam, Thailand, Singapura, atau Filipina bisa ikut mengajukan diri bersama Australia dan Indonesia.

Sementara itu Anggota Exco PSSI, Refrizal mengatakan, belum ada pembahasan lebih lanjut maupun keputusan terkait pengajuan diri Indonesia-Australia atau negara dari kawasan ASEAN untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Kalau Piala Dunia untuk senior, saya tidak tahu. Belum ada pembahasan khusus di Exco. Karena untuk Piala Dunia 2034 itu harus didukung pemerintah, jadi tidak gampang," ucap Refrizal. (der/zul/abc/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.


Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia Simon McMenemy mengambil keputusan tegas.


Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool berhasil keluar menjadi juara UEAF Super Cup atau Piala Super Eropa 2019. Hasil itu didapat setelah The Reds berhasil mengalahkan Chelsea.


Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (


Persib Bandung Tak Ingin Kecolongan Lagi

Persib Bandung Tak Ingin Kecolongan Lagi

Persib Bandung bakal menjamu Borneo FC dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 di Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Rabu (14/8) malam ini.


Pogba Bisa Jadi Siap Dilepas Akhir Musim

Pogba Bisa Jadi Siap Dilepas Akhir Musim

Jendela transfer La Liga dan Serie A akan ditutup bersamaan, 2 September mendatang.


Ditinggal Djanur, Persebaya Surabaya Bidik Poin Penuh

Ditinggal Djanur, Persebaya Surabaya Bidik Poin Penuh

Persebaya Surabaya bakal melakoni laga tandang menghadapi tuan rumah Arema FC pada pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2019.


Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 lagi-lagi meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Tira-Persikabo terus menuai hasil gemilang dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Welbeck Datang Tanpa Banderol

Welbeck Datang Tanpa Banderol

Watford bisa dibilang klub satu-satunya di Premiere League yang paling getol mengincar pemain gratis alias bebas transfer.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!