Sepakbola
Share this on:

Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

  • Indonesia Satu Grup dengan Malaysia
  • Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

**JAKARTA ** - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia masuk dalam Grup G pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar bersama negara tetangga Malaysia. Kepastian itu diketahui setelah Konfederasi sepak bola tertinggi di Asia (AFC) telah melakukan pengundian pembagian grup kualifikasi Piala Dunia 2022 di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/7) sore.

Selain dengan Malaysia, Indonesia juga bakal bertemu dengan dua negara Asia Tenggara lainnya yakni, Thailand dan Vietnam. Sementara di pot teratas skuad Garuda akan bertemu Uni Emirates Arab (UEA

Dalam proses pengundiannya, Indonesia yang diwakili oleh pelatih kepala Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengatakan bahwa dirinya menghadapi babak kualfikasi tersebut. Terlebih, dia sangat antusias untuk menghadapi pertandingan kandang pertama menghadapi Malaysia 5 September mendatang.

"Mudah-mudahan kita mendapat dukungan penuh dari suporter Indonesia dengan datang langsung ke Stadion. Dan kita jua berharap bisa meraih hasil posisitif," ungkap Simon seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (17/7) kemarin.

Setelah menghadapi Malaysia, lima hari berselang, Indonesia bakal menjamu Thailand. Indonesia baru akan melakukan pertandingan away pertamanya menghadapi UEA 10 Oktober 2019.

Pertandingan kualifikasi ini sendiri menggunakan format double round robin di mana semua tim akan bertemu dengan laga tandang dan kandang.Juara grup dan 4 runner up terbaik akan lolos langsung ke tahap akhir kualifikasi piala dunia zona Asia dan berhak lolos langsung ke Piala Asia di Cina 2023.

Kemudian tim terbaik dari 24 tim tersisa akan kembali bertanding guna memperebutkan slot Piala Asia yang tersisa. Sementara itu, pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe mengatakan bahwa hasil undian tersebut merupakan hasil terbaik bagi timnya. Hal itu karena, bisa tergabung bersama tiga negara dari Asia Tenggara.

"Ini adalah hasil undian terbaik, karena tidak ada yang mengharapkan satu grup mayoritas terdiri dari negara-negara ASEAN. Kami sangat mengenal tim ASEAN lainnya terutama Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Tentu saja, UEA adalah tim terberat dan favorit," ungkap Tan seperti dikutip dari Goal Malaysia.

Lebih lanjut, Tan mengatakan hasil pertarungan antar negara ASEAN ini akan sangat dinanti oleh para suporter. Selain itu, banyak keuntungan yang didapat bergabung satu grup dengan negara ASEAN, salah satunya adaptasi pemain yang dikatakannya tak perlu melakukan penyesuaian yang serius.

"Bermain melawan negara-negara ASEAN akan memicu persaingan dan derbi, para suporter menyukai ini," tutur pelatih berkacamata itu.

"Tetapi yang lebih penting, kami tidak harus melakukan perjalanan terlalu jauh [untuk pertandingan tandang] dan perbedaan waktu tidak akan terlalu banyak, serta tidak akan memerlukan penyesuaian tambahan bagi pemain," tuntasya.

Meski demikian, Tan berharap pemainnya bisa tetap fokus menjalani setiap pertandingan dan mampu memberikan yang terbaik dalam ajang penentuan untuk mendapatkan tiket Piala Dunia 2022 tersebut. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Zulkifli Syukur Pilih Hengkang, Darije Kalezic Harus Iklas

Zulkifli Syukur Pilih Hengkang, Darije Kalezic Harus Iklas

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic menghormati keputusan Zulkifli Syukur yang memutuskan bergabung dengan Sriwijaya FC menjelang putaran kedua Liga 1.


Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Ternyata Ketajaman Romelu Lukaku sejak berbaju Inter Milan masih belum habis. Faktanya, Lukaku pernah mencatat quat-trick (empat gol dalam satu laga) untuk Inte


Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.


Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia Simon McMenemy mengambil keputusan tegas.


Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (


Persib Bandung Tak Ingin Kecolongan Lagi

Persib Bandung Tak Ingin Kecolongan Lagi

Persib Bandung bakal menjamu Borneo FC dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 di Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Rabu (14/8) malam ini.


Ditinggal Djanur, Persebaya Surabaya Bidik Poin Penuh

Ditinggal Djanur, Persebaya Surabaya Bidik Poin Penuh

Persebaya Surabaya bakal melakoni laga tandang menghadapi tuan rumah Arema FC pada pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2019.


Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 lagi-lagi meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Tira-Persikabo terus menuai hasil gemilang dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Welbeck Datang Tanpa Banderol

Welbeck Datang Tanpa Banderol

Watford bisa dibilang klub satu-satunya di Premiere League yang paling getol mengincar pemain gratis alias bebas transfer.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!