Sepakbola
Share this on:

Jamu Persija, PSM Optimis Raih Poin Penuh

  • Jamu Persija, PSM Optimis Raih Poin Penuh
  • Jamu Persija, PSM Optimis Raih Poin Penuh

MAKASSAR - Tinggal empat pekan lagi Liga 1 musim ini berakhir. PSM Makassar dan Persija Jakarta menjadi tim dengan peluang terbesar merebut gelar. Juku Eja (julukan PSM) sementara memimpin klasemen dengan 53 poin dan Persija memiliki 49 poin.

Hanya, Persija punya tabungan satu pertandingan lebih banyak ketimbang PSM. Karena itu, pemenang pertandingan sore nanti di Stadion Andi Mattalata, Makassar, antara PSM melawan Persija ibarat final yang akan menentukan juara musim ini (siaran langsung Indosiar pukul 15.30 WIB).

Ya, apabila tuan rumah yang menang, maka mereka bisa unggul tujuh angka atas Persija. Dengan sisa tiga laga lagi, itu keunggulan poin yang signifikan. Sebab, sisa musim ini tidak ringan buat mereka. Masih ada dua laga kandang melawan Bali United (25/11) dan PSMS Medan (9/12). Juga, satu tandang melawan Bhayangkara FC (3/12).

Pelatih PSM Robert Rene Alberts mengatakan bahwa pertandingan melawan klub berjuluk Macan Kemayoran itu Persija adalah sebuah pertaruhan. Tapi, dia tetap tenang. ”Ini laga yang sangat penting. Fakta menghadapi tim nomor dua sangatlah menyenangkan,” kata pelatih asal Belanda itu.

Situasi keunggulan PSM saat ini bisa berbalik apabila Persija yang menang. Mereka tertinggal empat angka, tapi punya satu laga tunda melawan Persela Lamongan (20/11). Apabila hari ini Persija menang dan kembali menang tatkala menjamu Persela (20/11), maka Persija bisa naik ke puncak.

Ketika PSM menghadapi dua klub papan atas plus satu tim yang berupaya lepas dari degradasi, Persija mendapatkan lawan yang lebih ringan. Selain tandang ke Bali United (2/12), tim asuhan Stefano Cugurra itu akan menjamu dua tim papan bawah, Sriwijaya FC (24/11) dan Mitra Kukar (8/12).

”PSM di puncak (klasemen), Persija nomor dua. Pertandingan besok (hari ini, Red) sudah seperti final. Kami tak boleh kehilangan fokus seperti saat melawan PS Tira,” kata striker Persija Marko Simic. Ketika melawan PS Tira (10/11), Persija ditahan imbang tanpa gol.

Selain atmosfer layaknya final, pertandingan nanti juga akan menarik. Sebab, PSM akan turun dengan kekuatan terbaik. Bukan seperti ketika takluk oleh Persebaya Surabaya 0-3 (10/11). Marc Klok, Rizky Pellu, dan Asnawi Mangkualam, sudah bisa dimainkan.

Memang, Ferdinand Sinaga masih belum bisa turun starter, tapi sebagai pengganti siap. Sebenarnya, ada Fauzan Jamal dan Alessandro Fereira yang absen. Tapi, bisa tertutupi oleh pemain lain. ”Semua pemain punya motivasi lebih. Kemenangan akan membuat kami menjauh,” kata bek PSM Zulkifli Syukur.

Pelatih Persija Stefano Cugurra menilai, lawan punya tim yang solid dan kerjasama padu. Persija juga bertanding tanpa Andritany Ardhiyasa dan Riko Simanjuntak yang membela Timnas Indonesia. Juga, Maman Abdurahman dan Asri Akbar absen akibat akumulasi kartu.

Selain itu, tekanan suporter tuan rumah juga akan luar biasa sore nanti. ”Di sepak bola, ada tiga hal yang harus diterima, kalah, seri, atau menang. Suporter harus siap menerima apapun hasil dari sepak bola itu,” jelas pelatih yang disapa Teco tersebut. (gus/ham/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Roma Ingin Ubah Sejarah saat Jamu FC Porto

Roma Ingin Ubah Sejarah saat Jamu FC Porto

Pelatih FC Porto Sergio Conceicao kembali ke ibukota Italia setelah meninggalkannya 15 tahun lalu.


Jika Tanpa Simic, Persija Pantang Panik

Jika Tanpa Simic, Persija Pantang Panik

Tugas pertama di babak eliminasi Liga Champions Asia (LCA) sudah dijalankan Persija Jakarta dengan mantap. Mereka menyingkirkan klub Singapura Home United.


Jamu Liverpool, West Ham Ingin Putus Rekor Tege Reds

Jamu Liverpool, West Ham Ingin Putus Rekor Tege Reds

West Ham selalu menjadi bulan-bulanan setiap bertemu Liverpool.


Jamu Huddersfield, Jangan Sampai Kalah Lagi Chelsea!

Jamu Huddersfield, Jangan Sampai Kalah Lagi Chelsea!

Sejak Roman Abramovich menjadi pemilik Chelsea pada Juni 2003 hanya ada dua kata yang membuat seorang pelatih nyaman di kursinya. Piala dan stabil.


Persija Bantah Pengakuan Vigit

Persija Bantah Pengakuan Vigit

Pengakuan Vigit Waluyo kepada Satgas Antimafia Bola membuka banyak pintu masuk untuk mengungkap skandal di sepak bola nasional.


Poin Didekati Chelsea dan MU, Sarri Mulai Frustrasi

Poin Didekati Chelsea dan MU, Sarri Mulai Frustrasi

Margin poin yang memisahkan Chelsea dengan Arsenal di klasemen sementara bukan lagi enam angka. Melainkan tinggal tiga angka (47-44).


Jamu Wolves, Kans Manchester City Dekati Liverpool

Jamu Wolves, Kans Manchester City Dekati Liverpool

David Silva sudah sembilan musim mengarungi Premier League bersama Manchester City.


Persija Jakarta Juara Liga1 Penuh Kontroversi

Persija Jakarta Juara Liga1 Penuh Kontroversi

Pelatih Mitra Kukar Rahmad Darmawan dikenal sosok yang tenang. Tensi tinggi pertandingan hampir tidak pernah mempengaruhi watak ‘tenang’nya itu.


Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Persija Jakarta tampaknya punya keyakinan tinggi bakal jadi Juara Liga 1 musim ini.


PSM atau Persija? PSSI Bikin Dua Replika Piala

PSM atau Persija? PSSI Bikin Dua Replika Piala

Juara Liga 1 memang belum bisa dipastikan hingga pertandingan terakhir pada 9 Desember mendatang.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!