Sepakbola
Share this on:

Jebolan Spanyol Ikut Latihan Timnas U-19

  • Jebolan Spanyol Ikut Latihan Timnas U-19
  • Jebolan Spanyol Ikut Latihan Timnas U-19

JAKARTA - Sempat ikut training camp bersama Timnas Indonesia U-19 pada awal Agustus di Jogjakarta lalu, Khairul Ahmad Zakiri memang tidak ikut latihan selama 2 hari terakhir. Dia tidak dipanggil dan berencana kembali ke Spanyol bersama klubnya.

Tapi Pelatih Timnas Indra Sjafri akhirnya memanggilnya lagi untuk bergabung jelang turun di PSSI Anniversary U-19 Tournament pada 21-25 September mendatang. Berposisi sebagai gelandang serang, Zakiri terlihat sudah langsung nyetel dengan Rachmat Irianto dkk.

Sebulan ikut TC di Jogja, pemain yang berasal dari klub CIA Palencia itu mengaku sudah tidak kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Garuda Nusantara. ’’Awal-awal sulit, tapi sekarang sudah nyatu. Sama rekan-rekan setim juga enak,’’ ujar Zaikiri.

Nah, karena lebih memilih timnas ketimbang kembali ke Spanyol, Zakiri berharap kali ini dirinya bisa tergabung dalam skuad timnas di Piala AFC U-19. Sebelumnya, dia gagal masuk di Piala AFF U-19 lalu di Sidoarjo. ’’Posisi saya memang banyak saingan, pemain yang ada kualitas bagus. Tapi ya optimis Insya Allah bisa masuk,’’ ucapnya.

Dalam latihan yang digelar di Lapangan A, Senayan Jakarta kemarin, Pelatih Timnas Indra Sjafri sudah memberikan materi internal game kepada anak asuhnya. Tim sudah dibagi menjadi dua, satu tim utama, sisanya pelapis. Pemain-pemain seperti Rian, Witan Sutan, hingga Saddil Ramdani melawan tim pelapis yang dihuni Hanis Sagara, Rifar Marasabessy hingga Zakiri.

Tampaknya, Indra sudah mulai menyusun kerangka skuadnya untuk main di PSSI Anniversary U-19 Tournament. Sudah membentuk strategi untuk menghadapi Timnas Thailand U-19 dan Tiongkok U-19. Latihan yang digelar selama 2 jam itu sudah mulai berkutat pada strategi dan pola untuk menghindari pressing lawan. ’’Agar anak-anak mengerti bagaimana cara bertahan dan apa yang dilakukan setelah bertahan,’’ jelasnya.

Pelatih berusia 55 tahun itu tidak menampik bahwa skuad yang dimainkan dalam game internal kemarin merupakan kerangka di Piala AFC U-19. Dia menegaskan tidak akan ada perombakan besar dari skuad Piala AFF U-19 lalu. ’’Tinggal menunggu Egy (Maulana Vikri) saja yang berangkat dari Polandia tanggal 7 Oktober besok. Kami sudah surati Lechia Gdanks dan sepakat Egy bergabung tanpa mengurangi kinerjanya di sana,’’ paparnya.

Egy memang tidak bisa bermain ketika PSSI Anniversary U-19 Tournament. Namun, dia disiapkan ketika timnas berhadapan dengan Arab Saudi pada uji coba Oktober mendatang. ’’Yang penting ada progresnya dengan tim,’’ ungkapnya.

Indra menegaskan tidak akan ada pemain baru. Zakiri misalnya, sudah diketahui kualitas dan cara bermainnya. ’’Ini pemain yang sudah bersama saya sejak dua tahun terakhir,’’ tegasnya.

Pria asal Pesisir Selatan Sumatera Barat itu menerangkan PSSI Anniversary U-19 Tournament akan mulai mengerucut jadi 18-19 pemain saja. skuad itulah yang bakal dipakai di Piala AFC U-19. Indra mengatakan sudah tidak lagi memberikan kesempatan pada 28 pemain untuk cari pengalaman bersama timnas karena pihaknya hanya fokus untuk membentuk skuad Piala AFC U-19.

’’Ini ajang untuk bermain di Piala AFC. Doakan saja semoga Allah memberi izin kami untuk lolos ke Piala Dunia,’’ harapnya. (rid/jpg)

Berita Sebelumnya

Produk Sukses Manolo Jimenez
Produk Sukses Manolo Jimenez

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas U-22 Wajib Menang

Timnas U-22 Wajib Menang

Kamboja hanya menjadi pelengkap di Piala AFF U-22 2019? Buang jauh-jauh anggapan semacam itu.


Garuda Muda Harus Menang Lawan Kamboja

Garuda Muda Harus Menang Lawan Kamboja

Hobi seri timnas Indonesia U-22 masih berlanjut. Begitu pula dengan tren Indra Sjafri yang belum pernah menang saat menghadapi Malaysia.


Tak Diizinkan Perkuat Timnas U-22 karena Saddil Masuk Tim Inti

Tak Diizinkan Perkuat Timnas U-22 karena Saddil Masuk Tim Inti

Absennya Saddil Ramdani di Piala AFF U-22 2019 sempat menimbulkan kontroversi.


Mau Lolos, Garuda Muda Wajib Menang dari Malaysia

Mau Lolos, Garuda Muda Wajib Menang dari Malaysia

Indra Sjafri punya tren yang kurang menyenangkan. Sejak ditunjuk sebagai arsitek timnas U-22 pada 20 Desember 2018, dia dan pasukannya belum pernah meraih kemen


Diimbangi Myanmar, Garuda Muda Wajib Menang dari Malaysia

Diimbangi Myanmar, Garuda Muda Wajib Menang dari Malaysia

Timnas U-22 meraih tiga kali hasil imbang dalam uji coba sebelum tampil di Piala AFF U-22 di Kamboja.


Lawan Myanmar, Timnas U-22 Akan Tampil Menyerang

Lawan Myanmar, Timnas U-22 Akan Tampil Menyerang

Tiga kali melakoni uji coba, tiga kali berakhir seri. Itulah bekal tim nasional (timnas) U-22 Indonesia menuju pergelaran Piala AFF U-22 2019 di Kamboja.


Timnas U-22 Latihan Pagi dan Sore Hari Ini

Timnas U-22 Latihan Pagi dan Sore Hari Ini

Timnas U-22 Indonesia sudah tiba di Phnom Penh, Kamboja, dalam persiapan menuju Piala AFF U-22 2019 segera dimulai.


Lebih Hati-hati Memilih Pemain

Lebih Hati-hati Memilih Pemain

Kekuatan tim nasional (timnas) U-22 memang benar-benar diuji.


Pelatih Timnas Vietnam Tolak Sebutan Defensif

Pelatih Timnas Vietnam Tolak Sebutan Defensif

Nama Park Hang-seo demikian harum di Vietnam.


Ikut Latihan Perdana, Andik Dapat Dukungan Bonek dan K-conk

Ikut Latihan Perdana, Andik Dapat Dukungan Bonek dan K-conk

Latihan perdana Madura United menjelang musim 2019 dimulai di Stadion Gelora Bangkalan kemarin.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!