Sepakbola
Share this on:

Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung

  • Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung
  • Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung

HANOI - Hingga, Kamis (21/3) kemarin, pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Indra Sjafri belum menentukan 23 pemain yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Diberitakan sebelumnya bahwa Indra Sjafri akan mengumumkan 23 pemain tersebut dalam sesi match coordination meeting (MCM) menjelang pertandingan menghadapi Thailand, Kamis (21/3) kemarin.

Namun sayang, 23 pemain yang akan memperkuat skuad Garuda Muda di ajang tersebut nampaknya belum juga bisa diputuskan oleh Indra Sjafri menyusul kabar bahwa AFC belum bisa menerima pendaftaran salah satu penggawa Indonesia yakni, Ezra Walian.

Ya, kabarnya Federasi Sepak Bola Asia (AFC) itu belum bisa menerima pendaftaran Ezra Walian lantaran pemain naturasliasai tersebut pernah membela Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014, lalu.

Karenanya, hingga kini Indra belum juga mengumumkan 23 pemain yang memperkuat Indonesia di ajang tersebut, sambil menunggu PSSI yang sedang melakukan koordinasi dengan FIFA terkait keabsahan status Ezra.

Namun, sambil menunggu hal tersebut, Indonesia sendiri telah mendaftarkan 22 pemain Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Akan tetapi, 22 nama itu belum diketahui secara pasti siapa saja yang telah didaftarkan.

"Saat MCM, Indonesia mendaftarkan 22 pemain dulu. Karena Ezra masih belum diterima pendaftarannya sama AFC. Hal ini karena Ezra pernah main di Kualifikasi UEFA U-17 bersama Belanda tahun 2014 lalu," tutur Media Officer PSSI, Bandung Saputra kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/3) kemarin.

Menurut Bandung, keikutsertaan Ezra di ajang yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, mulai Jumat (22/3) hari ini hingga Selasa (26/3), mendatang itu masih menunggu persetujuan FIFA.

"Karena itu sekarang posisi menunggu info dari FIFA apakah membolehkan Ezra main atau tidak," terang Bandung. Bandung juga menjelaskan bahwa status Ezra itu dipertanyakan oleh AFC sejak dua hari lalu. "AFC baru kasih tahu hal ini dua hari lalu ke kami (PSSI)," ucap Bandung.

Meski demikian, Bandung menuturkan bahwa AFC memberikan waktu bagi Indonesia sampai enam jam sebelum pertandingan pertama Garuda Muda menghadapi Thailand di babak kualfikasi Piala AFC U-23 2020 Grup K, Jumat (22/3) hari ini. Laga itu sendiri rencananya akan bergulir pada pukul 17.00 WIB.

"Untuk itu, AFC kasih waktu untuk memberikan daftar 23 pemain Indonesia hingga enam jam sebelum kick off (kontra Thailand). Jadi, Ezra hingga saat ini masih menunggu," tukas Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo mengaku bahwa pihaknya sudah berkirim surat ke FIFA terkait hal tersebut.

"Kita sudah berpikir surat dan menjelaskan ke FIFA sesuai dengan note dari AFC. Kemarin sore (kirim surat). Sekarang tinggal menunggu balasan saja dari FIFA," tutur Gatot saat dihubungi wartawan di Jakarta.

Seperti diketahui, Ezra yang merupakan pemain berdarah Belanda-Indonesia itu masuk dalam daftar 24 pemain yang di bawa Indra Sjafri ke Vietnam. Namun, sejatinya sesuai regulasi Indra harus menentukan 23 pemain yang didaftarkan dalam ajang kualifiaksi Piala AFC U-23 2020 tersebut.

Setelah adanya pernyataan AFC yang belum bisa menerima pendafataran atas nama Ezra Walian ini, membuat Indra belum bisa menentukan 23 pemain tersebut.

Padahal, pemain yang telah resmi menjadi warga negara Indonesia sejak Mei 2017 itu bukan kali ini saja membela Timnas Indonesia. Sebelumnya, pemain berusia 21 tahun itu juga pernah memperkuat Indonesia di ajang SEA Games Malaysia 2017. (gie/fin/wsa/zul)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Ternyata Ketajaman Romelu Lukaku sejak berbaju Inter Milan masih belum habis. Faktanya, Lukaku pernah mencatat quat-trick (empat gol dalam satu laga) untuk Inte


Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (


Radja Nainggolan Kembali ke Cagliari

Radja Nainggolan Kembali ke Cagliari

Radja Nainggolan akhirnya pulang ke rumahnya di Cagliari dengan status pinjaman hingga akhir musim.


Premier League Diprediksi Masih Milik City dan Liverpool

Premier League Diprediksi Masih Milik City dan Liverpool

Premier League musim 2019/2020 sebentar lagi bergulir. Manchester City sebagai juara bertahan diprediksi masih akan merajai musim baru ini.


Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U-15 Akan Menghadapi Thailand U15 di semifinal Piala AFF U-15 2019.


AC Milan vs Manchester United, Persiapan Akhir Jelang Liga

AC Milan vs Manchester United, Persiapan Akhir Jelang Liga

Manchester United berpeluang menjuarai kompetisi International Champions Cup (ICC) 2019. Syaratnya, mereka harus mengalahkan AC Milan dengan margin empat gol.


Liverpool Menang, tapi Belum Meyakinkan

Liverpool Menang, tapi Belum Meyakinkan

Liverpool memiliki modal yang sangat bagus jelang bentrok melawan Manchester City di ajang Community Shield, Minggu (4/8) lusa.


Sering Kalah, Kesimpulannya Madrid Belum Siap

Sering Kalah, Kesimpulannya Madrid Belum Siap

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane berada pada satu kesimpulan. Dia menyatakan, timnya masih belum siap menyongsong kompetisi yang sesungguhnya.


Lawan Lyon, Liverpool Wajib Menang

Lawan Lyon, Liverpool Wajib Menang

Berstatus sebagai juara Liga Champions 2018/19, Liverpool gagal menunjukkan permainan terbaiknya saat laga pramusim.


Bukan Liverpool Sesungguhnya

Bukan Liverpool Sesungguhnya

Datang ke Amerika Serikat dengan status juara Liga Champions 2018/19, ternyata Liverpool tidak menunjukkan kelasnya sebagai tim juara.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!