Sepakbola
Share this on:

Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung

  • Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung
  • Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung

HANOI - Hingga, Kamis (21/3) kemarin, pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Indra Sjafri belum menentukan 23 pemain yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Diberitakan sebelumnya bahwa Indra Sjafri akan mengumumkan 23 pemain tersebut dalam sesi match coordination meeting (MCM) menjelang pertandingan menghadapi Thailand, Kamis (21/3) kemarin.

Namun sayang, 23 pemain yang akan memperkuat skuad Garuda Muda di ajang tersebut nampaknya belum juga bisa diputuskan oleh Indra Sjafri menyusul kabar bahwa AFC belum bisa menerima pendaftaran salah satu penggawa Indonesia yakni, Ezra Walian.

Ya, kabarnya Federasi Sepak Bola Asia (AFC) itu belum bisa menerima pendaftaran Ezra Walian lantaran pemain naturasliasai tersebut pernah membela Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014, lalu.

Karenanya, hingga kini Indra belum juga mengumumkan 23 pemain yang memperkuat Indonesia di ajang tersebut, sambil menunggu PSSI yang sedang melakukan koordinasi dengan FIFA terkait keabsahan status Ezra.

Namun, sambil menunggu hal tersebut, Indonesia sendiri telah mendaftarkan 22 pemain Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Akan tetapi, 22 nama itu belum diketahui secara pasti siapa saja yang telah didaftarkan.

"Saat MCM, Indonesia mendaftarkan 22 pemain dulu. Karena Ezra masih belum diterima pendaftarannya sama AFC. Hal ini karena Ezra pernah main di Kualifikasi UEFA U-17 bersama Belanda tahun 2014 lalu," tutur Media Officer PSSI, Bandung Saputra kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/3) kemarin.

Menurut Bandung, keikutsertaan Ezra di ajang yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, mulai Jumat (22/3) hari ini hingga Selasa (26/3), mendatang itu masih menunggu persetujuan FIFA.

"Karena itu sekarang posisi menunggu info dari FIFA apakah membolehkan Ezra main atau tidak," terang Bandung. Bandung juga menjelaskan bahwa status Ezra itu dipertanyakan oleh AFC sejak dua hari lalu. "AFC baru kasih tahu hal ini dua hari lalu ke kami (PSSI)," ucap Bandung.

Meski demikian, Bandung menuturkan bahwa AFC memberikan waktu bagi Indonesia sampai enam jam sebelum pertandingan pertama Garuda Muda menghadapi Thailand di babak kualfikasi Piala AFC U-23 2020 Grup K, Jumat (22/3) hari ini. Laga itu sendiri rencananya akan bergulir pada pukul 17.00 WIB.

"Untuk itu, AFC kasih waktu untuk memberikan daftar 23 pemain Indonesia hingga enam jam sebelum kick off (kontra Thailand). Jadi, Ezra hingga saat ini masih menunggu," tukas Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo mengaku bahwa pihaknya sudah berkirim surat ke FIFA terkait hal tersebut.

"Kita sudah berpikir surat dan menjelaskan ke FIFA sesuai dengan note dari AFC. Kemarin sore (kirim surat). Sekarang tinggal menunggu balasan saja dari FIFA," tutur Gatot saat dihubungi wartawan di Jakarta.

Seperti diketahui, Ezra yang merupakan pemain berdarah Belanda-Indonesia itu masuk dalam daftar 24 pemain yang di bawa Indra Sjafri ke Vietnam. Namun, sejatinya sesuai regulasi Indra harus menentukan 23 pemain yang didaftarkan dalam ajang kualifiaksi Piala AFC U-23 2020 tersebut.

Setelah adanya pernyataan AFC yang belum bisa menerima pendafataran atas nama Ezra Walian ini, membuat Indra belum bisa menentukan 23 pemain tersebut.

Padahal, pemain yang telah resmi menjadi warga negara Indonesia sejak Mei 2017 itu bukan kali ini saja membela Timnas Indonesia. Sebelumnya, pemain berusia 21 tahun itu juga pernah memperkuat Indonesia di ajang SEA Games Malaysia 2017. (gie/fin/wsa/zul)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

PSM Masih Mulus di Piala AFC 2019

PSM Masih Mulus di Piala AFC 2019

PSM Makassar kembali meraih kemenangan di pertandingan keempat babak penyisihan Grup H Piala AFC 2019 atas tuan rumah Kaya FC.


Manchester United Optimis Balikkan Keadaan

Manchester United Optimis Balikkan Keadaan

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu masih yakin mampu comeback saat mereka melawat ke markas Barcelona di Camp Nou, Rabu (17/4) dinihari WIB.


Ke Markas Leganes, Madrid Bakal Kesulitan

Ke Markas Leganes, Madrid Bakal Kesulitan

Kekalahan 0-1 Real Madrid di kandang Leganes di Copa del Rey 17 Januari lalu masih membekas di benak Gareth Bale dan kawan-kawan.


Kalah Beruntung, Manchester United Ogah Menyerah

Kalah Beruntung, Manchester United Ogah Menyerah

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer meyakini timnya masih berpeluang untuk bisa melenggang ke babak selanjutnya.


Amankan Zona Champions, Chelsea Wajib Menang

Amankan Zona Champions, Chelsea Wajib Menang

Chelsea akan menjalani laga Premier League ke-33-nya di Stamford Bridge, dan West Ham adalah lawan yang akan dihadapi Eden Hazard dan kawan-kawan di pertengahan


Vietnam 98, Indonesia Tercecer di Ranking 159

Vietnam 98, Indonesia Tercecer di Ranking 159

FIFA akhirnya merilis ranking terbaru seluruh dunia, Kamis (4/4). Dilansir situs resminya, ranking Indonesia masih berada di urutan ke-159 alias tidak ada perub


Dua Pemain Juventus Jadi Korban Rasisme Lagi

Dua Pemain Juventus Jadi Korban Rasisme Lagi

Serie A musim ini memang masih tersisa delapan giornata. Namun, hampir tidak ada yang bisa mengganjal ambisi Juventus untuk meraih scudetto kedelapan beruntun m


Bukti Barcelona Masih Kesulitan tanpa Messi

Bukti Barcelona Masih Kesulitan tanpa Messi

Luis Suarez menjadi pahlawan bagi Barcelona saat bermain imbang 4-4 melawan tuan rumah Villarreal di laga lanjutan La Liga, Rabu (3/4) dini hari WIB.


Persebaya Surabaya Siapkan Algojo Terbaiknya

Persebaya Surabaya Siapkan Algojo Terbaiknya

Jelang menghadapi Tira Persikabo di babak delapan besar Piala Presiden 2019, Persebaya Surabaya sudah menyiapkan strategi adu tendangan penalti.


PSIS Incar Pemain Brasil, PSIM Dapatkan Maitimo

PSIS Incar Pemain Brasil, PSIM Dapatkan Maitimo

PSIS Semarang berencana mendatangkan dua pemain asing dari Brasil untuk mengisi lini tengah yang dirasa masih lemah.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!