Sepakbola
Share this on:

Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung

  • Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung
  • Jelang Lawan Thailand, Status Ezra Walian Masih Menggantung

HANOI - Hingga, Kamis (21/3) kemarin, pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Indra Sjafri belum menentukan 23 pemain yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Diberitakan sebelumnya bahwa Indra Sjafri akan mengumumkan 23 pemain tersebut dalam sesi match coordination meeting (MCM) menjelang pertandingan menghadapi Thailand, Kamis (21/3) kemarin.

Namun sayang, 23 pemain yang akan memperkuat skuad Garuda Muda di ajang tersebut nampaknya belum juga bisa diputuskan oleh Indra Sjafri menyusul kabar bahwa AFC belum bisa menerima pendaftaran salah satu penggawa Indonesia yakni, Ezra Walian.

Ya, kabarnya Federasi Sepak Bola Asia (AFC) itu belum bisa menerima pendaftaran Ezra Walian lantaran pemain naturasliasai tersebut pernah membela Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014, lalu.

Karenanya, hingga kini Indra belum juga mengumumkan 23 pemain yang memperkuat Indonesia di ajang tersebut, sambil menunggu PSSI yang sedang melakukan koordinasi dengan FIFA terkait keabsahan status Ezra.

Namun, sambil menunggu hal tersebut, Indonesia sendiri telah mendaftarkan 22 pemain Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Akan tetapi, 22 nama itu belum diketahui secara pasti siapa saja yang telah didaftarkan.

"Saat MCM, Indonesia mendaftarkan 22 pemain dulu. Karena Ezra masih belum diterima pendaftarannya sama AFC. Hal ini karena Ezra pernah main di Kualifikasi UEFA U-17 bersama Belanda tahun 2014 lalu," tutur Media Officer PSSI, Bandung Saputra kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/3) kemarin.

Menurut Bandung, keikutsertaan Ezra di ajang yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, mulai Jumat (22/3) hari ini hingga Selasa (26/3), mendatang itu masih menunggu persetujuan FIFA.

"Karena itu sekarang posisi menunggu info dari FIFA apakah membolehkan Ezra main atau tidak," terang Bandung. Bandung juga menjelaskan bahwa status Ezra itu dipertanyakan oleh AFC sejak dua hari lalu. "AFC baru kasih tahu hal ini dua hari lalu ke kami (PSSI)," ucap Bandung.

Meski demikian, Bandung menuturkan bahwa AFC memberikan waktu bagi Indonesia sampai enam jam sebelum pertandingan pertama Garuda Muda menghadapi Thailand di babak kualfikasi Piala AFC U-23 2020 Grup K, Jumat (22/3) hari ini. Laga itu sendiri rencananya akan bergulir pada pukul 17.00 WIB.

"Untuk itu, AFC kasih waktu untuk memberikan daftar 23 pemain Indonesia hingga enam jam sebelum kick off (kontra Thailand). Jadi, Ezra hingga saat ini masih menunggu," tukas Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo mengaku bahwa pihaknya sudah berkirim surat ke FIFA terkait hal tersebut.

"Kita sudah berpikir surat dan menjelaskan ke FIFA sesuai dengan note dari AFC. Kemarin sore (kirim surat). Sekarang tinggal menunggu balasan saja dari FIFA," tutur Gatot saat dihubungi wartawan di Jakarta.

Seperti diketahui, Ezra yang merupakan pemain berdarah Belanda-Indonesia itu masuk dalam daftar 24 pemain yang di bawa Indra Sjafri ke Vietnam. Namun, sejatinya sesuai regulasi Indra harus menentukan 23 pemain yang didaftarkan dalam ajang kualifiaksi Piala AFC U-23 2020 tersebut.

Setelah adanya pernyataan AFC yang belum bisa menerima pendafataran atas nama Ezra Walian ini, membuat Indra belum bisa menentukan 23 pemain tersebut.

Padahal, pemain yang telah resmi menjadi warga negara Indonesia sejak Mei 2017 itu bukan kali ini saja membela Timnas Indonesia. Sebelumnya, pemain berusia 21 tahun itu juga pernah memperkuat Indonesia di ajang SEA Games Malaysia 2017. (gie/fin/wsa/zul)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Kiprah Timnas Putri Thailand di fase penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2019 berakhir tak mengenakkan.


Gawat, Brasil Minus Neymar dan Arthur

Gawat, Brasil Minus Neymar dan Arthur

Jelang bergulirnya Copa America 2019, kabar buruk terus menimpa timnas Brasil.


Jelang Copa America, Brasil Semakin Pede

Jelang Copa America, Brasil Semakin Pede

Brasil punya beban berat pada Copa America 2019. Sebab, status mereka adalah tuan rumah.


Lawan Arema Tertunda, Maung Fokus Hadapi Tira

Lawan Arema Tertunda, Maung Fokus Hadapi Tira

Persib Bandung telah menggelar latihan perdana usai libur Hari Raya Idul Fitri di Stadion Si Jalak Harupat sejak, Sabtu (8/6) kemarin.


Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Timnas Jerman akan meladeni Estonia di Opel Arena, Mainz, dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup C, Rabu (12/6).


Awas Enrique, Swedia Buka Lawan Sembarangan

Awas Enrique, Swedia Buka Lawan Sembarangan

Spanyol akan menjamu Swedia dalam laga keempat Grup F Kualifikasi Euro 2020 di Santiago Bernabeu, Selasa (11/6/19) dinihari WIB.


Lloris Masih Dibayangi Trauma

Lloris Masih Dibayangi Trauma

Trauma Wanda Metropolitano, Madrid, kembali menghinggapi kiper sekaligus Le Capitaine timnas Prancis, Hugo Lloris.


Chelsea Minus Kante, Arsenal Berburu Bonus

Chelsea Minus Kante, Arsenal Berburu Bonus

Jelang bentrok final Europa League melawan Arsenal, Kamis (30/5) dinihari WIB nanti, Chelsea harus kehilangan gelandang andalan mereka NGolo Kante.


Jika Dikontrak Juventus, Sarri Bakal Bajak Pogba

Jika Dikontrak Juventus, Sarri Bakal Bajak Pogba

Konsentrasi Maurizio Sarri terus diganggu jelang final Europa League melawan Arsenal pekan depan.


Jelang Final Copa del Rey, Barca Ditinggal Empat Pilar

Jelang Final Copa del Rey, Barca Ditinggal Empat Pilar

Setelah memastikan diri menjuarai LaLiga 2018/19, Barcelona kini mengincar Copa del Rey.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!