Sepakbola
Share this on:

Kalah 5-0 di Fase Grup, Bukan Jaminan Brasil Menang vs Peru di Final

  • Kalah 5-0 di Fase Grup, Bukan Jaminan Brasil Menang vs Peru di Final
  • Kalah 5-0 di Fase Grup, Bukan Jaminan Brasil Menang vs Peru di Final

PORTO ALEGRE - Peru membuat kejutan di Copa America 2019 kali ini. Datang dengan status tak diunggulkan, Peru menyegel satu tempat tersisa di final untuk bertemu dengan tuan rumah Brasil. Pada babak semifinal, Peru sukses membantaiCiledengan skor 3-0 di Arena do Gremio, Porto Alegre, Kamis (4/7) pagi WIB.

Mengandalkan pemain berpengalamanPaolo Guerrero, Peru tampil agresif sejak menit awal laga. Cile yang punya materi pemain lebih bagus, ternyata lebih cenderung bermain defensif. Peru membuka keunggulan pada menit ke-21 melalui Edison Flores usai menerima umpan dari Andre Carillo. Bola tendangan kaki kiri Flores tidak mampu dibendung oleh penjaga gawang Gabriel Arias.

Cile sempat memberikan ancaman lewat aksi Charles Aranguiz, Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas. Namun, justru Peru yang menambah gol sebelum babak pertama usai. Pada menit ke-38, Yoshimar Yotun membawa Peru unggul dengan skor 2-0.

Pada babak kedua, Cile berusaha keluar dari tekanan. Mereka tampil lebih agresif. Pada menit ke-51, peluang dari Vargas hanya mengenai mistar gawang. Penjaga gawang Peru, Pedro Gallese, dibuat jatuh bangun pada laga babak kedua.

Terus menyerang, ternyata Cile tak mampu menembus rapatnya pertahanan Peru yang dikawal Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, dan Miguel Trauco. Justru Peru yang kembali mencuri gol di pengujung laga. Pada menit 90+1, Peru memungkasi perlawanan Cile lewat gol Paolo Guerrero.

Pada menit 90+5, Cile mendapat penalti. Tapi, eksekusi Vargas bisa dimentahkan oleh Gallese. Peru menang dengan skor 3-0 dan akan menantang Brasil pada final Copa America 2019 yang digelar 8 Juli mendatang di Marcana.

"Ini adalah hari yang sangat istimewa, karena kami bisa sampai ke final," kata Paolo Guerrero di Sky Sports.

Ini adalah final kedua Peru di Copa America yang versi modern.Sebelumnya, Los Incas-julukan Peru-baru sekali bermain di babak final Copa America. Itu terjadi pada edisi 1975 silam. Waktu itu, Peru mengalahkan Kolombia dan meraih gelar mereka yang kedua di kompetisi ini.

Gelar pertama diraih Peru pada edisi 1939, ketika masih memakai format yang berbeda. Saat itu itu, Copa America yang masih bernama South American Championship hanya diikuti lima tim. Yaitu Peru, Uruguay, Paraguay, Cile, dan Ekuador. Saat itu, juaranya ditentukan lewat perolehan poin terbanyak.

Cile, yang merupakan juara beruntun dua edisi terakhir, gagal ke final. Namun Cile masih punya satu pertandingan tersisa, yakni perebutan tempat ketiga. Lawannya adalah Argentina, yang disingkirkan Brasil di semifinal lainnya.

Duel Peru melawan Cile ini seperti deja vu. Peru pernah menghajar Chile dengan skor yang sama pada 1949 silam. Lokasinya juga di Brasil. Dan, kemenangan dengan skor 3-0 ini adalah kemenangan terbesar Peru dalam laga kompetitif melawan Cile. Namun ini bukan yang pertama kali.

Sebelumnya, tepatnya pada 30 April 1949, Peru pernah menekuk Cile 3-0 juga di turnamen ini. Uniknya, edisi tersebut juga digelar di Brasil. Duel yang digelar di Estadio do Pacaembu, Sao Paulo itu juga dimenangkan Peru dengan skor 3-0 lewat dua gol Alfredo Mosquera dan satu gol Felix Castillo. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Di Maria Solusi Tuchel

Di Maria Solusi Tuchel

Kekecewaan besar tentu hadir di kubu Real Madrid usai kalah 0-3 dari Paris Saint Germain (PSG) pada matchday pertama Grup A Liga Champions di Parc des Princes,


Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor

Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor

Barcelona gagal meraih torehan positif di Liga Champions 2019/2020 Grup F saat melawat ke markas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park Stadium, Rabu (18/9) kem


PSG VS Real Madrid, Duel Dua Raksasa Pincang

PSG VS Real Madrid, Duel Dua Raksasa Pincang

Pertandingan akbar akan tersaji di laga pembuka Grup A Liga Champions 2019/2020, antara Paris Saint-Germain (PSG) dengan Real Madrid, Kamis (19/9) dini hari WIB


Chelsea vs Valencia, Mimpi Buruk Kedua Celades

Chelsea vs Valencia, Mimpi Buruk Kedua Celades

Chelsea akan menjamu Valencia di Stamford Bridge pada matchday 1 Grup Liga Champions 2019/2020, Rabu (18/9) dinihari WIB.


Dortmund vs Barcelona, Tak Ada Messi di Iduna

Dortmund vs Barcelona, Tak Ada Messi di Iduna

Borussia Dormund bakal menjamu Barcelona pada matchday pertama Grup F Liga Champions 2019/2020 di Signal Iduna Park Stadium, Dortmund, Jerman, Rabu (18/9) pukul


De Bruyne Semakin Penting untuk Belgia

De Bruyne Semakin Penting untuk Belgia

Belgia masih tetap tampil perkasa di laga keenam Kualifikasi Piala Eropa Grup I.


Timnas Kalah Lagi, Mc Menemy Didesak Mundur

Timnas Kalah Lagi, Mc Menemy Didesak Mundur

Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan di putara kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.


Brasil vs Peru, Jaminan Seru dari Awal Laga

Brasil vs Peru, Jaminan Seru dari Awal Laga

Laga uji coba rasa Copa akan tersaji dalam laga Brasil kontra Peru di Los Angeles Memorial Coliseum, Rabu (11/9) pagi.


Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit

Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit

Indonesia bakal melakoni laga kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia menghadapi Thailand, Selasa (10/9) malam.


Gli Azzurri Belum Terbendung

Gli Azzurri Belum Terbendung

Kemenangan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Italia belum terbendung hingga laga keenam Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup J.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!