Sepakbola
Share this on:

Kalah dari Korsel dan Malaysia, Indra Sjafri Dipecat

  • Kalah dari Korsel dan Malaysia, Indra Sjafri Dipecat
  • Kalah dari Korsel dan Malaysia, Indra Sjafri Dipecat

JAKARTA - Kegagalan total Timnas U-19 di babak kualifikasi Piala Asia U-19 yang berlangsung di Korea Selatan, akhirnya memakan korban. Ya, sang pelatih kepala, Indra Sjafri akhirnya harus kehilangan jabatannya sebagai pelatih kepala tim dengan julukan Garuda Nusantara itu karena dipecat oleh PSSI.

Pemecatan Indra tersebut diputuskan dalam rapat Executive Committee (Exco) PSSI yang berlangsung di Markas Komando Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Gambir, Jakarta Pusat, tadi malam. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang langsung memimpin rapat yang dihadiri oleh seluruh anggota Exco itu.

"Rapat hanya berlangsung santai dan semua saling memberikan masukan dan pandangan terkait pencapaian organsiasi selama ini. Dan, salah satu hasil rapat itu, Exco memutuskan untuk memberhentikan coach Indra Sjafri dari jabatannya. Karena dia sudah gagal," kata salah satu sumber di internal PSSI yang enggan identitasnya dipublikasikan itu.

Menurut sumber tersebut, pemecatan kepada mantan pelatih Bali United FC itu, adalah salah satu bentuk peringatan kepada seluruh pelatih yang dipercayakan untuk menangani timnas untuk bisa lebih serius lagi. "Karena kalau ada pelatih gagal dan kami biarkan dan menganggap tidak ada apa apa, itu malah bisa menjadi preseden buruk," timpalnya.

Sayang, tidak ada satupun stake holder PSSI yang bisa dimintai komentar terkait isu pemecatan Indra tersebut. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono dan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria tidak bisa dihubungi. Padahal, dua orang tersebut yang selama ini menjadi corong dari otoritas tertinggi sepak bola tanah air itu.

Meski begitu, salah satu anggota Exco PSSI, Hidayat membenarkan bahwa, rapat evaluasi kepada Indra tersebut memang benar adanya. "Mekanisme organisasi memang seperti itu. Siapa yang sudah gagal menjalankan misi negara memang harus di evaluasi. Termasuk coach Indra Sjafri," kata pria asal Surabaya itu.

Dalam kesempatan yang sama, Indra tidak bisa dikonfrimasi terkait adanya keputusan dari rapat Exco tersebut. Namun, keputusan Exco itu bisa dibilang sangat mengejutkan. Sebab, sebulan yang lalu, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi sudah menegaskan bahwa status Indra sebagai pelatih Garuda Nusantara akan tetap dipertahankan.

Seperti yang diketahui, Indra diberikan target untuk menjuarai Piala AFF U-19 yang berlangsung di Myanmar, September lalu. Ketika itu, Indonesia gagal di babak semifinal setelah kalah 2-3 dalam drama adu penalti dari Thailand. Sementara saat di Kualifikasi Piala Asia U-19, Indonesia finish di peringkat ketiga grup F. Meski begitu, Indonesia dipastikan lolos ke putaran final karena berstatus tuan rumah. (ben/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pensiun Tidak Memandang Usia

Pensiun Tidak Memandang Usia

Kembali dari cedera panjang biasanya disikapi dengan antusias oleh pesepakbola. N


Belum Ketemu Andik, Nego Evan dan Hansamu

Belum Ketemu Andik, Nego Evan dan Hansamu

Koreo khusus dipersembahkan Bonek di tribun timur ketika Persebaya Surabaya menjamu PSIS Semarang pada pekan terakhir Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo.


Allegri dan Ronaldo Bikin Juve Susah Dikejar

Allegri dan Ronaldo Bikin Juve Susah Dikejar

Juventus sudah seperti menggenggam scudetto musim ini.


Menang Dramatis, PS Tira dan Perseru Lolos Degradasi

Menang Dramatis, PS Tira dan Perseru Lolos Degradasi

Tekanan berat benar-benar dirasakan penggawa PS Tira dan Perseru Serui pada matchday pemungkas Liga 1, kemarin.


Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting

Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting

Pengaturan skor, kompetisi setting-an, dan kepemimpinan wasit yang tidak fair menjadi isu paling santer di sepak bola Indonesia dalam sepekan terakhir.


City Dapat Kompensasi Terbanyak

City Dapat Kompensasi Terbanyak

16 pemain Manchester City tampil di Piala Dunia 2018 lalu. Brasil dan Inggris menjadi negara yang memiliki pemain City terbanyak dalam skuadnya.


Seri, PSM Makassar Tertinggal Satu Poin dari Persija Jakarta

Seri, PSM Makassar Tertinggal Satu Poin dari Persija Jakarta

Sekitar seribu suporter PSM Makassar turut mengawal laga tim kebanggaannya saat away menghadapi Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta tadi malam.


Kalah Lagi, Peluang PS Tira di Liga1 Makin Sulit

Kalah Lagi, Peluang PS Tira di Liga1 Makin Sulit

Teriakan “PS Tira Degradasi” terdengar menjelang akhir pertandingan. Nyanyian itu dikumadangkan Aremania saat pertandingan di Stadion Sultan Agung, Bantul, kema


Laga Sriwijaya FC vs Mitra Kukar Dipastikan Sengit

Laga Sriwijaya FC vs Mitra Kukar Dipastikan Sengit

Sriwijaya FC masih belum lepas dari ancaman degradasi. Apalagi setelah mereka menelan dua kali kekalahan beruntun di laga tandang.


Umpan Pereda Ketegangan Messi dan Pique

Umpan Pereda Ketegangan Messi dan Pique

Gerard Pique merasakan lagi servis dari Lionel Messi.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!