Sepakbola
Share this on:

Kalah dari Korsel dan Malaysia, Indra Sjafri Dipecat

  • Kalah dari Korsel dan Malaysia, Indra Sjafri Dipecat
  • Kalah dari Korsel dan Malaysia, Indra Sjafri Dipecat

JAKARTA - Kegagalan total Timnas U-19 di babak kualifikasi Piala Asia U-19 yang berlangsung di Korea Selatan, akhirnya memakan korban. Ya, sang pelatih kepala, Indra Sjafri akhirnya harus kehilangan jabatannya sebagai pelatih kepala tim dengan julukan Garuda Nusantara itu karena dipecat oleh PSSI.

Pemecatan Indra tersebut diputuskan dalam rapat Executive Committee (Exco) PSSI yang berlangsung di Markas Komando Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Gambir, Jakarta Pusat, tadi malam. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi yang langsung memimpin rapat yang dihadiri oleh seluruh anggota Exco itu.

"Rapat hanya berlangsung santai dan semua saling memberikan masukan dan pandangan terkait pencapaian organsiasi selama ini. Dan, salah satu hasil rapat itu, Exco memutuskan untuk memberhentikan coach Indra Sjafri dari jabatannya. Karena dia sudah gagal," kata salah satu sumber di internal PSSI yang enggan identitasnya dipublikasikan itu.

Menurut sumber tersebut, pemecatan kepada mantan pelatih Bali United FC itu, adalah salah satu bentuk peringatan kepada seluruh pelatih yang dipercayakan untuk menangani timnas untuk bisa lebih serius lagi. "Karena kalau ada pelatih gagal dan kami biarkan dan menganggap tidak ada apa apa, itu malah bisa menjadi preseden buruk," timpalnya.

Sayang, tidak ada satupun stake holder PSSI yang bisa dimintai komentar terkait isu pemecatan Indra tersebut. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono dan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria tidak bisa dihubungi. Padahal, dua orang tersebut yang selama ini menjadi corong dari otoritas tertinggi sepak bola tanah air itu.

Meski begitu, salah satu anggota Exco PSSI, Hidayat membenarkan bahwa, rapat evaluasi kepada Indra tersebut memang benar adanya. "Mekanisme organisasi memang seperti itu. Siapa yang sudah gagal menjalankan misi negara memang harus di evaluasi. Termasuk coach Indra Sjafri," kata pria asal Surabaya itu.

Dalam kesempatan yang sama, Indra tidak bisa dikonfrimasi terkait adanya keputusan dari rapat Exco tersebut. Namun, keputusan Exco itu bisa dibilang sangat mengejutkan. Sebab, sebulan yang lalu, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi sudah menegaskan bahwa status Indra sebagai pelatih Garuda Nusantara akan tetap dipertahankan.

Seperti yang diketahui, Indra diberikan target untuk menjuarai Piala AFF U-19 yang berlangsung di Myanmar, September lalu. Ketika itu, Indonesia gagal di babak semifinal setelah kalah 2-3 dalam drama adu penalti dari Thailand. Sementara saat di Kualifikasi Piala Asia U-19, Indonesia finish di peringkat ketiga grup F. Meski begitu, Indonesia dipastikan lolos ke putaran final karena berstatus tuan rumah. (ben/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Seleksi Rampung, Timnas U-19 Mulai Fokus

Seleksi Rampung, Timnas U-19 Mulai Fokus

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mulai menegaskan rencana matangnya untuk tak lagi melakukan seleksi pemain dan memilih okus pada pemantapan tim.


Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Timnas Belgia masih dimaafkan bila optimal di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 dengan dalih skuad belum matang.


Der Panzer Antisipasi jika Oezil Cedera

Der Panzer Antisipasi jika Oezil Cedera

Lini tengah Jerman dihuni demikian banyak pemain berkualitas dan merata.


Jamu Kosta Rika, 100 Persen Saat Jadi Kapten

Jamu Kosta Rika, 100 Persen Saat Jadi Kapten

Setelah Wayne Rooney mengundurkan diri dari timnas Inggris tahun lalu maka Jordan Henderson mendapat kepercayaan sebagai kapten.


PSSI Jatim Siap Jadi Tuan Rumah

PSSI Jatim Siap Jadi Tuan Rumah

Jawa Timur dipastikan menjadi tuan rumah dari dua event sepak bola regional tahun ini.


Tanpa Lima Pilarnya, Persib Tetap Optimistis

Tanpa Lima Pilarnya, Persib Tetap Optimistis

Performa Persib Bandung sedang on fire saat ini. Mereka baru pulang dari Gianyar dengan membawa satu angka setelah imbang tanpa gol lawan Bali United (27/5).


Neymar Dijagokan Raih Golden Ball

Neymar Dijagokan Raih Golden Ball

Neymar Jr baru saja pulih dari cedera retak metatarsal. Cedera itu membuat Neymar sedikit trauma untuk mengikuti latihan penuh bersama timnas Brasil.


Wow... Juara Piala Dunia Rusia Dapat Rp523,5 Miliar

Wow... Juara Piala Dunia Rusia Dapat Rp523,5 Miliar

Piala Dunia itu prestise. Bukan hanya prestise soal trofi, begitu pula prestise dari hadiah yang diberikan kepada tim pemenangnya.


Tampil Memikat Berkat Wejangan Andritany

Tampil Memikat Berkat Wejangan Andritany

Kebobolan empat gol dalam dua laga beruntun di Liga 1 dan klub yang dibelanya menelan kekalahan. Itulah yang dialami kiper Persija Jakarta Daryono.


Allison atau Buffon The Reds!

Allison atau Buffon The Reds!

Malam memalukan di Kiev, Minggu dinihari kemarin WIB (27/5), sudah cukup jadi momen pengingat bagi Liverpool dan Juergen Klopp.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!