Sepakbola
Share this on:

Kalah Lagi, Persija Dalam Periode Buruk

  • Kalah Lagi, Persija Dalam Periode Buruk
  • Kalah Lagi, Persija Dalam Periode Buruk

Foto: bolasport.com

JAKARTA - - Persija Jakarta lagi-lagi menelan kekalahan saat mengarungi pertandingan di turnamen resmi. Kali ini tim berjuluk Macan Kemayoran itu kalah dari Bali United di laga pertama babak perempat final Piala Indonesia 2018.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (25/4) kemarin, skuad asuhan Ivan Kolev itu kalah dengan skor tipis 1-2 atas Bali United. Stefano Lilipaly menjadi bintang dalam laga ini lantaran mencetak dua gol untuk kemenangan Bali United. Sedangkan, satu gol Persija dicetak oleh Bambang Pamungkas.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Bali United lebih mendominasi permainan sejak awal pertandingan. Bahkan, pada menit ke-13, Bali United mendapatkan peluang untuk mencetak gol melalui tendangan penalti usai Ramdani Lestaluhu menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang.

Akan tetapi peluang tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik. Stefano Lilipaly yang maju sebagai algojo gagal menundukkan Shahar Ginanjar. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. Persija akhirnya kebobolan saat laga memasuki menit ke-52. Bola tembakan Stefano Lilipaly memaksimalkan umpan silang Irfan Bachdim tak bisa dihalau oleh Shahar Ginanjar.

Menit ke-80 Lilipaly kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini gol yang diciptakan oleh pemain naturalisai itu usai memanfaatkan umpan silang Yabes Roni. Lilipaly yang berdiri bebas di depan gawang Persija dengan tenang merobek jala gawang Persija untuk kedua kalinya di laga ini.

Persija yang tak patah semangat akhirnya berhasil memangkas jarak di menit 86. Meneruskan bola liar hasil sontekan Ramdani Lestaluhu, Bambang Pamungkas mengubah skor menjadi 2-1. Di sisa waktu, tak ada lagi gol tambahan. Bali United berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-1 pada laga pertama babak perempat final Piala Indonesia 2018.

Kekalahan ini menambah panjang rekor kekalahan Persija di bulan April 2019 ini. Ya, tercatat Ismed Sofyan dan kawan-kawan sudah menelan kekalahan tiga kali beruntun di bulan ini.

Pertama di ajang Piala AFC 2019, Persija kalah 0-1 dari tuan rumah Ceres Negros, 3 April 2019, lalu. Kedua, saat menjamu Ceres Negros, Selasa (23/4) kemarin lagi-lagi Persija menelan kekalahan 2-3. Terakhir, Persija kalah untuk ketiga kalinya di bulan ini pada laga pertama babak perempat final Piala Indonesia 2018 kontra Bali Unnited.

Pelatih Persija, Ivan Kolev mengakui kekalahan atas Bali United lantaran timnya tengah berada dalam periode buruk. Menurutnya, beberapa pemain penting yang absen dalam laga ini mempengaruhi permainan timnya.

"Saat ini kita memang sedang dalam situasi dan periode yang cukup buruk. Ada beberapa pemain yang memiliki peran penting absen dalam laga ini. Tentunya pemain yang absen itu sangat memperngaruhi permainan kami," tutur Ivan Kolev usai pertandingan.

Lebih lanjut, pelatih asal Bulgaria yang pernah menangani Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu mengakui bahwa permainan timnya hari ini begitu masif lantaran mempersiapkan diri untuk menghadapi Binh Duong dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019, 1 Mei 2109, mendatang.

"Dua hari setelah ini, kami punya pertandingan AFC di Vietnam. Oleh karena itu, taktik kami hari ini pasif. Cukup disayangkan kami kebobolan dua gol dan hanya bisa mencetak satu gol di laga ini. Sebetulnya di babak kedua ada beberapa peluang," jelasnya.

Kalah di leg pertama, peluang Persija untuk tampil di babak semifinal Piala Indonesia belum tertutup. Persija akan menjamu Bali United di leg kedua yang rencananya digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada 4 Mei 2019, mendatang.

"Pertandingan tadi keras dan ada beberapa peluang, termasuk yang diperoleh kami. Hasilnya 1-2, namun masih ada leg kedua dan kami akan kerja keras lagi," tutur pemain Persija, Tony Sucipto.

Sementara itu, pelatih Bali United, Stefano Cugura menyambut baik kemenangan yang didapat oleh timnya. Bahkan, pelatih yang akrab disapa Teco itu mengkau kemenangan ini layak diraih timnya mengingat banyak peluang yang didapat sejak babak pertama.

"Saya pikir para pemain bermain bagus, karena di babak pertama sudah mampu mengendalikan pertandingan. Kita memiliki beberapa peluang, namun tak bisa dimanfaatkan untuk menjadi gol," ungkap Teco. "Namun di babak kedua, kami lebih percaya diri. Dan kami mampu mencetak dua gol. Dan kami menangn 2-1 menghadapi tim besar seperti Persija Jakarta ini," sambungnya.

Akan tetapi, mantan pelaih Persija Jakarta ini mengaku bahwa tugas timnya belum usai mengingat masih ada leg kedua di markas Persija. Namun, Teco yakin timnya akan memetik kemenangan karena lebih siap dan harus konsentrasi sejak awal pertandingan.

"Kita tahu kompetisi ini memakai sistem kandang tandang. Setelah ini kita akan ke Jakarta. Namun kita akan lebih siap dan lebih konsentrasi sejak menit pertama hingga akhir pertandingan," tukas Teco. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Bursa transfer musim dingin masih dua bulan lagi. Namun, upaya para manajer yang getol mencari pemain bintang sudah mulai dilakukan jauh-jauh hari.


Juventus vs Bologna, Menanti Kejutan Sarrismo Lagi

Juventus vs Bologna, Menanti Kejutan Sarrismo Lagi

La Vecchia Signora (sebutan Juventus) punya kesempatan besar melumat Bologna yang tak pernah menang di empat laga sebelumnya.


Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Empat kali kalah di kualifikasi Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, menjadi prestasi terburuk Timnas Indonesia saat ini.


Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.


Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Kualifikasi Euro 2020 kembali dicederai oleh aksi rasis. Dua orang menjadi korban dan dua kali laga dihentikan dalam laga Inggris kontra Bulgaria di Stadion Vas


Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas Indonesia U-23 akhirnya meraih satu angka saat melawan Arab Saudi dalam matchday ketiga Piala CFA International Football Tournament 2019, kemarin sore.


Kepa Diganti De Gea Lagi

Kepa Diganti De Gea Lagi

Bulan lalu, Entrenador Spanyol Roberto Moreno memuji skill Kepa Arrizabalaga dalam duel kontra Rumania.


Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi

Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi

Pelatih Inggris Gareth Southgate mulai mempertimbangkan perubahan di lini bertahan skuat Three Lions.


Jerman Diimbangi Argentina, Loew Kesal Scaloni Puas

Jerman Diimbangi Argentina, Loew Kesal Scaloni Puas

Jerman ditahan imbang Argentina dalam laga uji coba di Signal Iduna Park, kemarin.


Jabatan Simon McMenemy Tak Akan Terusik

Jabatan Simon McMenemy Tak Akan Terusik

Jabatan Simon McMenemy sebagai pelatih timnas indonesia tampaknya masih tak akan terusik dalam waktu dekat ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!