Sepakbola
Share this on:

Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

  • Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini
  • Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

GIANYAR - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Kali ini, skuat Garuda kalah dari Vietnam.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Selasa (15/10) kemarin, skuat asuhan Simon McMenemy kalah dengan tiga gol tanpa balas alias 1-3. Tiga gol kemenangan Vietnam dicetak, Do Duy Manh (25'), Que Ngoc Hai (55') dan Nguyen Tien Linh (61'). Sedangkan gol tunggal Indonesia dicetak pemain pengganti Irfan Bachdim (84').

Sejak babak pertama dimulai, tim tamu tampil lebih agresif. Akan tetapi, berkali-kali serangan yang dilakukan oleh Vietnam masih mampu diredam oleh barisan pertahanan Indonesia yang diperkuat oleh Otavio Dutra.

Indonesia kecolongan di menit ke-25, Vietnam unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Do Duy Manh. Berawal dari sepakan pojok, yang berhasil di tanduk oleh pemain Vietnam namun gagal di sapu bersih oleh Yanto Basna.

Bola yang masih bebas mampu dituntaskan Duy Manh dengan sepakannya ke dalam gawang Indonesia. Tertinggal satu gol tak membuat Timnas Indonesia patah arang. Justru sebaliknya, Stefano Lilipaly dan kawan-kawan bermain lebih menyerang dengan menghasilkan beberapa peluang. Seperti pada menit ke-36, Lilipaly mendapatkan peluang emas.

Sayang, sepakan balik akrobatik memanfaatkan umpan lambung Evan Dimas Darmono dari sisi kanan masih melambung tinggi ke tas mistar gawang Vietnam. Sebelum laga berakhir di paruh pertama, Indonesia juga nyaris menyamakan kedudukan.

Namun, sepakan firstime Putu Gede Juni Antara menyambut umpan sepakan pojok masih melebar tipis di pojok kiri atas gawang Vietnam. Hingga akhirnya skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga turun minum.

Di menit ke-55 Vietnam mampu menggandakan keunggulan menjadi 0-2 dari Indonesia. Kali ini gol diciptakan melalui tendangan penalti Que Ngoc Hai yang berhasil memperdaya penjaga gawang Indonesia, Muhammad Ridho.

Hadiah penalti itu sendiri didapat usai pemain Vietnam dilanggar didalam kotak terlarang oleh Yanto Basna. Enam menit berselang, Vietnam kembali menambah keunggulannya.

Gol ketiga bagi tim tamu ini diciptakan oleh Nguyen Tien Linh memanfaatkan umpan terobosan dari tengah lapangan. Nguye Tien yang lolos dari perangkap offside mampu melpaskan tembakan keras ke dalam gawang Indonesia.

Indonesia terus berusaha untuk bisa memperkecil kedudukan. Peluang berbahayan Indoensia didapat pada menit ke-71 melalui Alberto Goncalves. Namun sayang, sepakannya dari sisi kanan dalam kotak penalti masih melebar.

Menit ke-84, Indonesia mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3. Irfan Bachdim yang baru menggantikan Lilipay di menit ke-82 sukses meyarangkan si kulit bundar ke gawang Vietnam menyambut umpan Riko Simanjuntak.

Usai gol tersebut, seakan meningkatkan semangat Timnas Indonesia untuk terus melancarkan tekanan ke pertahanan Vietnam. Sayang, perjuangan skuat Garuda tidak mampu membuahkan hasil. Menariknya, menjelang laga berakhir Vietnam mendapatkan hadiah penalti usai pemain Indonesia melakukan pelanggaran di dalam kotak terlarang.

Beruntung, sepakan 12 pas pemain Vietnam mampu dipatahkan oleh M Ridho. Hingga akhrinya skor 1-3 untuk kemenangan Vietnam tidak berubah hingga laga berakhir.

Dengan kekalahan ini, Indonesia masih tetap berada di posisi buncit klasemen Grup G dengan tanpa poin dari empat laga. Ini juga menjadi kekalahan keempat skuat Garuda sepanjang perjalanannya di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Ukrania Lolos, Portugal Tertahan
Ukrania Lolos, Portugal Tertahan

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Simic, Mimpi Buruk Pesut Etam

Simic, Mimpi Buruk Pesut Etam

Striker Persija Jakarta, Marko Simic menjadi mimpi buruk bagi Borneo FC, setelah sukses mencetak empat gol laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Netizen Minta Pertahankan Coach Fakhri

Netizen Minta Pertahankan Coach Fakhri

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19, Fakhri Husaini berpamitan usai membawa skuat Garuda Nusantara lolos ke putaran final Piala AFC U-19 202


Performa Arsenal Sedang Turun

Performa Arsenal Sedang Turun

Arsenal tengah mengalami kegamangan. Bagaimana tidak, dalam empat laga beruntun di semua ajang, skuat Unai Emery tak pernah merasakan kemenangan.


Timnas U19 Lolos ke Uzbekistan

Timnas U19 Lolos ke Uzbekistan

Timnas Indonesia U-19 akhirnya memastikan satu tempat di Piala Asia, usai bermain imbang 1-1 atas Korea Utara, Minggu (10/11) kemarin.


Timnas U19 Waspadai Kejutan Hongkong

Timnas U19 Waspadai Kejutan Hongkong

Tim Nasional (Timnas) U19 akan kembali melanjutkan kiprahnya di babak Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 Grup K, Jumat (8/11) petang, nanti..


Lupakan Premier League Dulu The Red Devils!

Lupakan Premier League Dulu The Red Devils!

Manchester United kembali menjadi pesakitan di Liga Premier, usai kalah 0-1 dari Bournemouth, Sabtu (2/11) lalu.


Dipecat PSSI, McMenemy Terima Pesangon Rp3,9 Miliar

Dipecat PSSI, McMenemy Terima Pesangon Rp3,9 Miliar

PSSI akhirnya resmi mendepak Simon McMenemy dari kursi pelatih Timnas Indonesia, Rabu (6/11) kemarin.


Garuda Nusantara Harus Lebih Rileks

Garuda Nusantara Harus Lebih Rileks

Hasil gemblengan Pelatih Timnas Indonesia U-10 Fakhri Husaini berbulan-bulan akhirnya berbuah manis.


Timnas U19 vs Timor Leste, Garuda Muda Sangat Antuisias

Timnas U19 vs Timor Leste, Garuda Muda Sangat Antuisias

Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini mengatakan anak asuhnya sudah tak sabar menjalani laga tersebut di Stadion Madya, Senayan, Rabu (6/11) hari ini.


Pecat Kovac, Bayern Kontak Erik ten Hag

Pecat Kovac, Bayern Kontak Erik ten Hag

Bayern Munchen terjerambab ke posisi keempat klasemen sementara Bundesliga pasca mereka kalah 1-5 di markas Eintracht Frankfurt, akhir pekan lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!