Sepakbola
Share this on:

Kalahkan Vietnam 2-0, Timnas U-15 Luar Biasa

  • Kalahkan Vietnam 2-0, Timnas U-15 Luar Biasa
  • Kalahkan Vietnam 2-0, Timnas U-15 Luar Biasa

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 berhasil tampil gemilang dengan meraih kemenangan atas Vietnam U-15 di laga perdana babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion IPE 1 Chonburi, Thailand, Sabtu (27/7) sore kemarin, skuat Garuda Junior berhasil menaklukan Vietnam dengan dua gol tanpa balas atau 2-0.

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia U-15 dalam pertandingan yang hanya digelar 2x40 menit itu diciptakan Muhammad Valeron (40+1') dan Marselino Ferdinan (45'). Di awal babak pertama, terlihat masih beradaptasi. Kondisi itu dimanfaatkan Vietnam untuk bisa melakukan serangan ke jantung pertahanan Garuda Junior.

Pada menit ke-15, gawang Indonesia sempat terancam setelah Vietnam mendapatkan hadiah penalti. Tendangan 12 pas itu diberikan usai Kadek Arel Priyatna menjatuhkan Vo Anh Quan didalam kotak terlarang.

Bagus, kiper Garuda Muda I Made Putra Kaicen melakukan penyelamatan gemilang. Ya, I Made berhasil menepis tendangan eksekusi penalti yang dilakukan Vo Anh Quan. Terus mendapat tekanan dari Vietnam tak menyurutkan semangat Timnas Indonesia U-15. Sebaliknya, mereka mampu memanfaatkan kelemahan The Golden Dragons dengan mencetak gol melalui serangan balik cepat di masa injury time babak pertama.

Berawal dari kerja sama apik di lini tengah diakhiri Valeron yang menusuk ke kotak penalti dengan tendangan ke pojok gawang Nguyen Quang Truong. Lima menit babak kedua berjalan, Merah Putih berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Kali ini Marselino yang mencatatkan namanya di papan skor.

Gol itu bermula dari sepakan pojok yang di tendangkan Valeron membuahkan kemelut di mulut gawang Vietnam. Marselino yang berhasil memenangkan kemelut dengan tiga pemain Vietnam, berhasil memanfaatkan dengan sebuah gol.

Di sisa waktu, pertandingan semakin menarik. Vietnam semakin gencar memberikan tekanan ke jantung pertahanan Indonesia. Bahkan, I Made beberapa kali harus berusah payah menghalau bola demi mempertahankan keperawanan gawanganya.

Namun, hingga laga usai Vietnam tak berhasil membuat I Made memungut bola di gawangnya. Skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan. Menanggapi hasil ini, pelatih Timnas Indonesia U-15, Bima Sakti mengaku beryusukur dengan hasil kemangan yang didapat anak asuhnya.

Akan tetapi, Bima mengaku ada beberapa evaluasi yang harus tetap dilakukan dirinya usai pertandingan tersebut. "Kita bersyukur, alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan, laga perdana memang sulit," ungkap Bima Sakti dalam hasil wawancara yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (27/7) kemarin.

"Ada banyak poin yang harus diperbaiki untuk pertandingan kedua nanti, mulai dari masalah fisik, penyelesaian akhir, hingga yang paling penting mental mereka harus di jaga," tambahnya.

Lebih lanjut, Bima juga mengaku telah memberikan pencerahan kepada anak asuhnya untuk tidak langsung berpuas diri. Mengingat, masih ada empat pertandingan yang harus dijalani Timnas Indonesia U-15 di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15.

Ya, dalam ajang ini Indonesia masuk dalam Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura dan Filipina. Setelah pertandingan ini, Indonesia bakal menghadapi Singapura, Senin (29/7) besok.

"Saya juga sudah sampaikan ke pemian jangan pernah puas diri tetap rendah hati pertandingan masih panjang, ada empat lagi laga (di babak penyisihan grup), namun Alhamdulillah kita menang hari ini berkat doa masyarakat Indonesia juga," tuntas Bima.

Sementara itu, penjaga gawang Indonesia, I Made Putra Kaicen yang tampil gemilang dalam pertandingan menghadapi Vietnam itu, mengaku bahwa kemenangan yang didapat Indonesia kali ini berkat kerja sama tim yang luar biasa.

"Senang bangga bisa membantu tim, tapi saya punya 'mindset' untuk memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Dan saya pikir kemenangan tadi bukan berkat saya saja. Bukan kerja individu tapi karena kerja sama tim," tutur I Made.

"Soal penalti tadi, saya sangat berterima kasih kepada Coach Markus (Horison). Tadi waktu penalti, saya ingat ilmu dari Coach Markus, membaca sepakan penalti lawan dari ancang-ancangnya," sambungnya. (gie/zul/der/fin)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

Karier Simon McMenemy di kursi pelatih Timnas Indonesia terancam berakhir lebih cepat.


Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Kekalahan demi kekalahan yang ditelan Indonesia di putaran kedua Kualfikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sudah cukup memerahkan telinga.


Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Timnas Indonesia U-19 mulai menjalani latihan jelang duel kontra Cina di Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, malam nanti.


Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.


Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas Indonesia U-23 akhirnya meraih satu angka saat melawan Arab Saudi dalam matchday ketiga Piala CFA International Football Tournament 2019, kemarin sore.


Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Timnas Indonesia Senior bakal melanjutkan kiprahnya putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.


Di Islandia, Timnas Perancis Hadapi Dua Lawan Sekaligus

Di Islandia, Timnas Perancis Hadapi Dua Lawan Sekaligus

Suhu Stadion Laugardalsvollur berada di angka 4 derajat Celcius, Oktober 2014 silam. Itu pula yang akan dihadapi Perancis saat melawan Islandia, Sabtu (12/10) d


Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Timnas Indonesia bakal menjalani laga ketiga putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G menghadapi tuan rumah Uni Emirate Arab (UEA).


Jabatan Simon McMenemy Tak Akan Terusik

Jabatan Simon McMenemy Tak Akan Terusik

Jabatan Simon McMenemy sebagai pelatih timnas indonesia tampaknya masih tak akan terusik dalam waktu dekat ini.


Real Madrid vs Club Brugge, Adu Gengsi Laskar Belgia

Real Madrid vs Club Brugge, Adu Gengsi Laskar Belgia

Thibaut Courtois dan Simon Mignolet tak bisa dipisahkan dari Timnas Belgia. Teman Sekompatriot ini pernah bersahabat, namun tetap bersaing meski kerap adu gengs



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!