Sepakbola
Share this on:

Kekuatan Timnas U-23 di AFC Menurun

  • Kekuatan Timnas U-23 di AFC Menurun
  • Kekuatan Timnas U-23 di AFC Menurun

JAKARTA - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto mengakui bahwa performa Timnas U-23 lebih menurun dibandingkan saat berlaga di Piala AFF U-22 2019. Saat itu, Indonesia berhasil meraih gelar juara usai menundukkan Thailand 2-1 di partai final.

"Yang pasti (dalam ajang kualifikasi Piala AFC U-23 2020, kemarin) tim bermain di bawah performa dibandingkan saat berlaga di Piala AFF U-22, lalu," ungkap Nova Arianto saat dikonfirmasi Fajar Indonesia Network di Jakarta, Rabu (27/3) kemarin.

Namun, Nova enggan menjawab penyebab mendasar mengapa Indonesia tampil di bawah performa. Menurutnya, yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah Indra Sjafri sebagai head coach.

"Yang berhak jawab hal itu (kekurangan mendasar pemain) itu biar Coach Indra. Karena beliau (Indra Sajfri, red) yang berwenang, kalau saya nanti takut salah," tutur Nova.

Namun, mantan pemain timnas Indonesia itu mengaku bakal melakukan evaluasi, baik kepada para pemain. Ini penting dilakukan untuk menghadapi even selanjutnya yang akan diikuti Witan Sulaiman dan kawan-kawan.

Ajang, selanjutnya adalah SEA Games 2019. Di ajang tersebut, Indonesia diharapkan mampu mendulang medali emas. "Yang pasti akan selalu ada (evaluasi) setelah turnamen yang kita ikuti, dan baru akan kita lakukan setelah ini," tegas Nova.

Berbicara mengenai SEA Games 2019 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember 2019 di Manila, Filipina itu, Nova mengaku skuad Garuda Muda akan dipersiapkan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Dia mengaku, tim pelatih sudah merencanakan training camp (TC) untuk skuad Garuda Muda pada 20 April mendatang. "Persiapan akan dilakukan dan program rencana akan ada, seperti mengikuti turnamen di luar atau-pun membuat turnamen di dalam (negeri), sehingga pemain bisa lebih siap lagi," terang Nova.

"Rencancanya awal 20 April kita akan melakukan TC kembali, tapi akan masih dilaporkan lagi kepada PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia)," sambung Nova.

Seperti yang dikatakan Indra Sjafri sebelumnya, setelah ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 berakhir, para pemain Garuda Muda dikembalikan kepada klubnya masing-masing. Bahkan, Indra berharap di klub, para pemain bisa bermain reguler di kompetisi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Nova. Menurutnya, kesempatan bermain di klub akan memberikan dampak baik bagi pemain agar bisa mengembangkan kemampuan. Tidak hanya TC yang dapat mengembangkan permainan, namun pengalaman bertanding di klub juga bisa meningkatkan performa, katanya.

"Ya, tentunya pemain juga harus mendapatkan jam terbang saat berada di klubnya masing-masing," tegas Nova.

Tim pelatih juga akan tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi untuk para pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang selanjutnya.

"Pastinya akan ada promosi degradasi, tergantung performa pemain di kompetisi dan hasil evaluasi staff pelatih di dua turnamen yang diikuti kemarin (Piala AFF dan Kualifikasi Piala AFC)," imbuh Nova.

Bahkan ia juga mengaku bahwa pihaknya tidak menuntup kemungkinan akan memanggil nama-nama baru dalam TC yang akan dilaksanakannya tersebut. "Ya akan ada beberapa pemain yang akan dipantau selama kompetisi," tukas Nova.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 gagal merebut tiket putaran final Piala AFC U-23 2020 Thailand. Tentunya itu menjadi pukulan telak bagi skuad Garuda yang baru saja menjuarai Piala AFF 2019.

Indra Sjafri sendiri mengaku sudah melupakan kegagalan di AFC 2020. Dia ingin fokus ke SEA Games 2019. "Selanjutnya kami akan fokus untuk SEA Games. Tahun ini saya diberikan tugas untuk membimbing tim di Piala AFF, kualifikasi AFC dan SEA Games. Jadi saya akan konsisten dengan tugas tersebut," tegas Indra beberapa waktu lalu. (gie/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Empat kali kalah di kualifikasi Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, menjadi prestasi terburuk Timnas Indonesia saat ini.


RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

Karier Simon McMenemy di kursi pelatih Timnas Indonesia terancam berakhir lebih cepat.


Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Kekalahan demi kekalahan yang ditelan Indonesia di putaran kedua Kualfikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sudah cukup memerahkan telinga.


Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Timnas Indonesia U-19 mulai menjalani latihan jelang duel kontra Cina di Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, malam nanti.


Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.


Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas Indonesia U-23 akhirnya meraih satu angka saat melawan Arab Saudi dalam matchday ketiga Piala CFA International Football Tournament 2019, kemarin sore.


Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Timnas Indonesia Senior bakal melanjutkan kiprahnya putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.


Di Islandia, Timnas Perancis Hadapi Dua Lawan Sekaligus

Di Islandia, Timnas Perancis Hadapi Dua Lawan Sekaligus

Suhu Stadion Laugardalsvollur berada di angka 4 derajat Celcius, Oktober 2014 silam. Itu pula yang akan dihadapi Perancis saat melawan Islandia, Sabtu (12/10) d


Skuat PSM Makassar Harus Lebih Efektif

Skuat PSM Makassar Harus Lebih Efektif

Selain akurasi sepakan ke gawang lawan yang menurun, banyak umpan Pasukan Ramang selalu gagal.


Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Timnas Indonesia bakal menjalani laga ketiga putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G menghadapi tuan rumah Uni Emirate Arab (UEA).



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!