Sepakbola
Share this on:

Kerjasama Tim Garuda U-16 Belum Sempurna

  • Kerjasama Tim Garuda U-16 Belum Sempurna
  • Kerjasama Tim Garuda U-16 Belum Sempurna

**JAKARTA ** - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 telah mengakhiri masa pemusatan latihan nasional (pelatnas) atau training camp (tc) tahap keduanya pada Jumat (28/6) kemarin. Meski sudah menjalani dua tahapan TC sekaligus seleksi itu, namun kekompakan tim atau kerjasama tim Garuda U-16 ini masih belum sempurna.

Hal itupun diakui oleh sang pelatih kepala Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Ketidaksempurnaan kerjasama tim yang perlihatkan anak asuhnya itu terlihat kala menjalani laga uji coba menghadapi SKO Ragunan, Jumat (28/6) kemarin.

Meski dalam laga tersebut, Garuda U-16 berasil meraih kemenangan dengan skor 3-1, namun kekompakan dan kerjsama tim masih harus di sempurnakan. Tetapi, Bima Sakti mengaku puas dengan hasil pertandingan tersebut. Terlebih, dalam laga tersebut pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 itu mengaku puas dengan perkembangan timnya tersebut.

Menurutnya, pelatih berusia 43 tahun itu evaluasi yang ia lakukan terhadap anak asuhnya usai menjalani laga uji coba sebelumya menghadapi Askab SSI Bekasi Selection dengan skor tipis 2-1, Sabtu (22/6) lalu berjalan dengan baik.

Ia mengatakan, timnya sudah memberikan kemampuan yang meningkat dan pemain sudah memperbaiki permainannya selama menjalani TC. "Hari ini TC terakhir kami. Perkembangan pemain dan tim secara utuh selama TC dan seleksi ini berlangsung, menunjukkan tren positif. Perbaikan dari uji coba pertama sudah kami perbaiki. Masalah transisi dan penyelesaian akhir sudah diperbaiki, dan hari ini mereka memperagakannya dengan baik," ungkap Bima Sakti di situs resmi PSSI, Jumat (28/6) kemarin.

"Hanya saja sedikit catatan di kerjasama tim yang masih harus lebih padu dan kompak lagi," sambung pelatih yang bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu.

Selanjutnya, Bima Sakti mengaku pihaknya dalam hal ini tim pelatih akan melakukan TC dan seleksi tahap akhir sebelum keberangkatan mereka ke turnamen Piala AFF U-16 2019 di Thailand pada 27 Juli hingga 9 Agustus 2019 di Thailand.

Pelatih yang merupakan mantan pemain nasional itu itu merencanakan TC sekaligus seleksi tahap akhir itu digelar pada 8 Juli 2019, mendatang di Bogor, Jawa Barat. Nantinya, dalam TC tersebut, dirinya akan memanggil beberapa pemain dari TC tahap pertama dan kedua.

"TC tahap akhir rencananya akan berlangsung di Padjajaran, Bogor. Kami akan disana sampai berangkat ke Thailand. Pemain yang akan saya panggil nanti adalah pemain pilihan gabungan dari TC tahap pertama dan kedua," tukasnya.

Sebagai informasi, pelatnas dan seleski ini digelar sebagai persiapan menjelang Piala AFF U-16. Dalam ajang yang bakal bergulir pada 27 Juli 2019 di kota Chonburi, Thailand itu, Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana skuat Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang.

Selain untuk turnamen Piala AFF U-16 itu, Timnas Indonesia U-16 juga dipersiapkan untuk ajang Kualfikasi Piala AFC U-16 2020. Pada ajang ini, Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, dari hasil drawing atau undian pembagian grup yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, Indonesia tergabung dalam G bersama China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepualauan Mariana Utara. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi

Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi

Tira Persikabo kembali ke jalur kemenangan setelah pada Kamis (15/8) lalu, tim berjuluk Laskar Padjajaran itu menelan kekalahan pertama kalinya di Liga 1 Indone


Pesona Alves Belum Pudar

Pesona Alves Belum Pudar

Setelah menghabiskan 15 tahun di Eropa, Dani Alves akhinya kembali ke tanah kelahirannya, Brasil.


Gelontor Lima Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U18 Juara Ketiga

Gelontor Lima Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U18 Juara Ketiga

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia nampaknya harus puas dengan peringkat ketiga ajang Piala AFF 2019.


Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Ternyata Ketajaman Romelu Lukaku sejak berbaju Inter Milan masih belum habis. Faktanya, Lukaku pernah mencatat quat-trick (empat gol dalam satu laga) untuk Inte


Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.


Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pukul Bayu Gatra, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Senior

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia Simon McMenemy mengambil keputusan tegas.


Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Kalahkan Laos, Timnas U18 Luar Biasa

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 lagi-lagi meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18.


Joao Felix Buat Atletico Semakin Nyaman

Joao Felix Buat Atletico Semakin Nyaman

Diego Simeone akhirnya bernafas lega. Ini bukan perkara rekor sempurna Atletico Madrid saat menutup tur pra musim.


Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Hingga Pekan ke-13, Tira Persikabo Belum Terkalahkan

Tira-Persikabo terus menuai hasil gemilang dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.




Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!