Sepakbola
Share this on:

Krisis Pemain Asli Inggris

  • Krisis Pemain Asli Inggris
  • Krisis Pemain Asli Inggris

MANCHESTER - Manchester City akan juara Piala Liga? Tunggu sampai hasil final di Wembley, London, 25 Februari. Akan tetapi, jika melihat bekal pemain asli Inggris yang dimiliki City pada musim ini, itu sama seperti ketika meraih juara Piala Liga 2013-2014, yakni bermodal delapan pemain asli Inggris.

Samanya lagi, di antara delapan pemain itu, cuma dua yang langganan starting eleven di The Citizens. Musim ini, hanya Raheem Sterling dan Kyle Walker yang nyaris mendominasi di posisi starter City. Bahkan, di balik kelolosannya ke final kemarin WIB (24/1), cuma dua orang pemain asli Inggris yang dipakai Pep Guardiola.

Walker dan John Stones. Itu pun Stones yang kembali melakukan kesalahan yang sukses dimanfaatkan Bristol sebagai gol. Tradisi error-nya sejak awal 2018 ini di semua ajang. ''Tetapi secara personal,itu (status pemain asli Inggris) bukan tekanan bagi saya,'' ungkap Stones seperti dikutip Manchester Evening News.

Dua pemain asli Inggris saat kompetisi yang levelnya terendah seperti Piala Liga ini pun jadi catatan terburuk City musim ini. Padahal, di putaran-putaran sebelumnya, Guardiola sering memainkan rata-rata empat pemain asli Inggris.

''Sejak awal musim kami sudah berusaha untuk saling memahami (dengan pemain asing),'' lanjut bek dengan 22 caps timnas Inggris itu.

Musim ini, kebanyakan pemain asli Inggris kesempatan mainnya tidak lebih dari 25 kali. Bahkan, empat pemain di antaranya seperti Phil Foden, Tosin Adarabioyo, Lukas Nmecha, plus Tom-Dele Bashiru kesempatan mainnya tidak lebih dari lima kali musim ini.

Nah fakta-fakta di balik pemain asli Inggris itulah yang membuat City jadi klub paling tergantung ke para pemain asingnya. Alias pemain dari luar Inggris.

Itu seperti yang dicatat dalam statistik peneliti sepak bola CIES. Dalam penelitiannya ke klub-klub di lima liga elit Eropa, City paling banyak memakai pemain asing. Dari 22 pemain di musim ini yang dimainkan Guardiola di Premier League, 17 di antaranya legiun asing. Dari tim yang mencatatkan 50 persen lebih dominasi pemain asingnya, sembilan di antaranya klub wakil Premier League.

CIES dalam analisisnya mengklaim klub yang persentase main legiun asingnya melebihi pemain aslinya tak menjamin sukses prestasinya. ''Lihatlah Manchester United, Barcelona, Real Madrid, Liverpool, Juventus, Napoli, dan Tottenham yang kurang dari separo dominasi pemain asingnya,'' sebut CIES dalam pernyataan resminya. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Deal Dzeko Tunggu Laga Tunda
Deal Dzeko Tunggu Laga Tunda

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Misi Antara Dua Messi

Misi Antara Dua Messi

Lionel Messi punya banyak “kembaran”. Ya, banyak pemain yang mendapat julukan “Messi” di negaranya masing-masing.


Noda di Musim Perdana

Noda di Musim Perdana

Karir Frank Lampard di Premier League termasuk 'bersih'. Dalam 609 penampilan di kompetisi level tertinggi Inggris itu, Lampard hanya kena kartu merah dua kali.


Nomor 10 Hanya buat Messi

Nomor 10 Hanya buat Messi

Selama Lionel Messi belum memutuskan pensiun, maka tidak akan ada pemain timnas Argentina yang mengenakan nomor 10.


Seedorf Puas Meski Seri

Seedorf Puas Meski Seri

Ketika menjadi pemain Clarence Seedorf mungkin salah satu pemain dengan gelar yang komplit.


Zidane Inginkan Real Connection

Zidane Inginkan Real Connection

Media-media Inggris terus memberitakan soal akan adanya pergantian pelatih di Manchester United.


Ramos Dekati Rekor Raul dan Gento

Ramos Dekati Rekor Raul dan Gento

Posisinya adalah pemain belakang. Namun, Sergio Ramos berpeluang mendekati rekor mantan mesin gol Real Madrid.


Start Mulus Garuda Muda

Start Mulus Garuda Muda

Keputusan pelatih timnas U-23 Indonesia memilih Andritany Ardhiyasa, Stefano Lilipaly, dan Alberto Goncalves mengisi slot pemain senior, sungguh jitu.


Menurun, Osvaldo Haay Dicoret dari Timnas U-23

Menurun, Osvaldo Haay Dicoret dari Timnas U-23

Skuad timnas U-23 yang akan bertarung di Asian Games 2018 dirilis kemarin. Puncaknya, pelatih Indonesia Luis Milla memutuskan mencoret tiga pemain terakhir.


Atleti Untung, Milan Buntung

Atleti Untung, Milan Buntung

Tidak selamanya meminjam pemain dengan menggunakan fitur obligasi permanen menguntungkan. Tidak percaya? Tengok Nikola Kalinic.


Bawa Sembilan Pemain Castilla

Bawa Sembilan Pemain Castilla

Alasan utama Julen Lopetegui dipilih sebagai pelatih Real Madrid adalah karena kegemarannya memaksimalkan para pemain muda.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!