Sepakbola
Share this on:

Krisis Pemain Asli Inggris

  • Krisis Pemain Asli Inggris
  • Krisis Pemain Asli Inggris

MANCHESTER - Manchester City akan juara Piala Liga? Tunggu sampai hasil final di Wembley, London, 25 Februari. Akan tetapi, jika melihat bekal pemain asli Inggris yang dimiliki City pada musim ini, itu sama seperti ketika meraih juara Piala Liga 2013-2014, yakni bermodal delapan pemain asli Inggris.

Samanya lagi, di antara delapan pemain itu, cuma dua yang langganan starting eleven di The Citizens. Musim ini, hanya Raheem Sterling dan Kyle Walker yang nyaris mendominasi di posisi starter City. Bahkan, di balik kelolosannya ke final kemarin WIB (24/1), cuma dua orang pemain asli Inggris yang dipakai Pep Guardiola.

Walker dan John Stones. Itu pun Stones yang kembali melakukan kesalahan yang sukses dimanfaatkan Bristol sebagai gol. Tradisi error-nya sejak awal 2018 ini di semua ajang. ''Tetapi secara personal,itu (status pemain asli Inggris) bukan tekanan bagi saya,'' ungkap Stones seperti dikutip Manchester Evening News.

Dua pemain asli Inggris saat kompetisi yang levelnya terendah seperti Piala Liga ini pun jadi catatan terburuk City musim ini. Padahal, di putaran-putaran sebelumnya, Guardiola sering memainkan rata-rata empat pemain asli Inggris.

''Sejak awal musim kami sudah berusaha untuk saling memahami (dengan pemain asing),'' lanjut bek dengan 22 caps timnas Inggris itu.

Musim ini, kebanyakan pemain asli Inggris kesempatan mainnya tidak lebih dari 25 kali. Bahkan, empat pemain di antaranya seperti Phil Foden, Tosin Adarabioyo, Lukas Nmecha, plus Tom-Dele Bashiru kesempatan mainnya tidak lebih dari lima kali musim ini.

Nah fakta-fakta di balik pemain asli Inggris itulah yang membuat City jadi klub paling tergantung ke para pemain asingnya. Alias pemain dari luar Inggris.

Itu seperti yang dicatat dalam statistik peneliti sepak bola CIES. Dalam penelitiannya ke klub-klub di lima liga elit Eropa, City paling banyak memakai pemain asing. Dari 22 pemain di musim ini yang dimainkan Guardiola di Premier League, 17 di antaranya legiun asing. Dari tim yang mencatatkan 50 persen lebih dominasi pemain asingnya, sembilan di antaranya klub wakil Premier League.

CIES dalam analisisnya mengklaim klub yang persentase main legiun asingnya melebihi pemain aslinya tak menjamin sukses prestasinya. ''Lihatlah Manchester United, Barcelona, Real Madrid, Liverpool, Juventus, Napoli, dan Tottenham yang kurang dari separo dominasi pemain asingnya,'' sebut CIES dalam pernyataan resminya. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Deal Dzeko Tunggu Laga Tunda
Deal Dzeko Tunggu Laga Tunda

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Siap Tanpa Pemain Timnas

Siap Tanpa Pemain Timnas

Paska menang telak 4-1 dikandang PS Tira , Persebaya bersiap untuk meladeni Sriwijaya FC Minggu nanti.


Kalah Lagi, Mou Ancam Cuci Gudang

Kalah Lagi, Mou Ancam Cuci Gudang

Hanya tujuh pemain yang mendapatkan kepercayaan dari pelatih Manchester United Jose Mourinho buat bertahan musim depan.


Dominasi Penggawa City

Dominasi Penggawa City

Kebangetan kalau bukan pemain Manchester City yang memenangi gelar Pemain Terbaik Premier League Musim Ini versi PFA.


Krisis, Casemiro Bisa Jadi Bek Tengah

Krisis, Casemiro Bisa Jadi Bek Tengah

Kalau Juventus mengalami penyusutan kekuatan di unit serangan, maka lini belakang Real Madrid pun mengalami hal yang sama.


Dele Alli, Bukan Divey Alli

Dele Alli, Bukan Divey Alli

Di antara komentator sepak bola di Inggris, Gary Lineker-lah yang sering membuat telinga Dele Alli panas.


Wasit Inggris Absen di Piala Dunia 2018

Wasit Inggris Absen di Piala Dunia 2018

Inggris sudah mendapat tamparan sebelum terbang ke Piala Dunia 2018. Bukan dari skuadnya. Tapi, dari pengadil lapangannya


Regulasi yang Manjakan Pelatih

Regulasi yang Manjakan Pelatih

Pep Guardiola sempat sewot dengan jatah pergantian pemain saat musim pertamanya di Liga Champions bersama Manchester City, 2016 lalu.


Skuad Muda Belanda Bersiap untuk Euro 2020

Skuad Muda Belanda Bersiap untuk Euro 2020

Pelatih Belanda Ronald Koeman membayar lunas kekalahan 0-1 pada debutnya lawan Inggris Sabtu (24/3) lalu.


Kans Mignolet dan Donnarumma

Kans Mignolet dan Donnarumma

Krisis juga terjadi di bawah mistar. Belgia, misalnya. Mereka harus mengganti posisi Thibaut Courtois saat uji coba melawan Arab Saudi.


Selesai Uji Coba, Pemain Terkapar

Selesai Uji Coba, Pemain Terkapar

Virus FIFA. Itulah sebutan buat situasi pemain yang harus kembali ke klubnya karena cedera setelah menjalankan tugas negara.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!