Sepakbola
Share this on:

Kuncinya di Lini Belakang

  • Kuncinya di Lini Belakang
  • Kuncinya di Lini Belakang

LONDON - Inggris lawan Jerman punya histori rivalitas panjang. Meski sekadar uji coba, pertemuan dua tim yang sama-sama pernah jadi juara dunia itu pasti membawa pertaruhan nama besar dua tim.

Dini hari nanti (11/11) Inggris akan menjamu Jerman di Stadion Wembley. Diantara 31 kali pertemuan keduanya di berbagai ajang, Jerman menang 15 kali, tiga draw, dan 13 kalah.

Pada perjumpaan ke-32 kali ini, Inggris tidak membawa komposisi line-up terbaiknya. Enam pemain yang jadi pilar seperti Raheem Sterling, Harry Kane, Harry Winks, Dele Alli, Jordan Henderson, dan Fabian Delph menepi karena cedera.

Menyesalkah Inggris tampil bukan dengan skuad terbaik? “Pemain baru berdatangan dan masuk skuad, ini adalah kesempatan bagus untuk melihat kemampuan mereka,” tutur pelatih Inggris Gareth Southgate kemarin (9/11) kepada Daily Mail.

Buat Southgate kondisi yang tak ideal di tim Inggris ini malah disyukurinya. Sebab pria berusia 47 tahun tersebut bisa menakar sekuat apakah tim pelapis yang dipunyainya.

Disinggung apakah cedera sejumlah pemain ini sekali lagi menunjukkan adanya kepentingan klub versus timnas mengemuka kembali, Southgate menyebutnya omong kosong.

Meski Kane yang rencananya 'dipaksakan' bermain oleh klubnya Tottenham Hotspur ketika bertanding lawan Arsenal 18 Oktober mendatang. “Alasan mereka absen karena mereka cedera dan tak bisa bermain,” kata Southgate.

Dengan pasukan yang dibilang ala kadarnya ini, pundit Sky Sports Paul Merson kemarin memprediksi lini belakang Inggris akan bekerja lebih keras ketimbang biasanya.

Apalagi dalam latihan terakhir kemarin, sosok bek senior Gary Cahill absen. Sehingga pekerjaan besar buat Southgate mencari orang ketiga buat melengkapai John Stones serta Phil Jones.

Di posisi wing back nama Kyle Walker dan Danny Rose layak jadi starter dalam skema 3-4-2-1 yang diprediksi akan jadi pilihan utama Southgate lawan Jerman ini.

Di sisi lain, manajer timnas Jerman Oliver Bierhoff kepada ARD kemarin mengatakan big match versus Inggris, Prancis, Spanyol, dan Brasil punya arti penting sebelum timnya bermain di Piala Dunia tahun depan. Berjumpa tim besar artinya evaluasi.

“Saya tahu, seperti yang dikatakan Jogi (Joachim Loew, pelatih Jerman, red.), pengembangan tim ini lebih penting sekedar melihat hasil akhir. Kami tahu kami favorit, namun kami juga menyadari betapa jalan yang kami lalui akan sulit,” ucap Bierhoff. (dra/tom/jpnn)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Skuad PSG, Depan Belakang Oke

Skuad PSG, Depan Belakang Oke

Paris Saint-Germain (PSG) bukan hanya garang di depan. Melainkan juga tangguh di belakang. Tengok saja catatan 12 gol PSG sampai matchday ketiga.


Aktivitas di Jendela Transfer Tersendat

Aktivitas di Jendela Transfer Tersendat

Harapan Juventini (julukan pendukung Juventus) melihat penyegaran di lini tengah tidak akan terkabul dalam waktu dekat.


Garuda Muda Terlecut Motivasi dari Tribun

Garuda Muda Terlecut Motivasi dari Tribun

Keberadaan ribuan supporter Indonesia yang menjadi saksi perjuangan Timnas Indonesia U-22 datang dari berbagai latar belakang.


Barcelona atau Real Madrid? Kuncinya adalah Malaga

Barcelona atau Real Madrid? Kuncinya adalah Malaga

Diantara lima liga elit Eropa, hanya Italia dan Spanyol yang belum punya raja di ajang kompetisinya.


Pasangkan Boaz-Ferdinand, Evan Bisa Jadi ?Korban?

Pasangkan Boaz-Ferdinand, Evan Bisa Jadi ?Korban?

Bukan hanya lini belakang Indonesia yang akan mengalami perubahan komposisi pemain.


Riedl Akan Jajal Fakdawer, Hansamu, dan Gunawan

Riedl Akan Jajal Fakdawer, Hansamu, dan Gunawan

Dibandingkan dengan sektor lain, Alfred Riedl sepertinya tidak begitu berani untuk melakukan eksperimen dengan sektor belakang Timnas.


Lini Belakang Liverpool Masih Payah

Lini Belakang Liverpool Masih Payah

Hanya tiga menit saja nasib Dejan Lovren berubah. Dari yang semula menjadi zero, dia membalasnya dengan menjadi hero dengan satu golnya.


Hadapi Vietnam, Riedl Bakal Rotasi Tiga Posisi

Hadapi Vietnam, Riedl Bakal Rotasi Tiga Posisi

Kekuatan lini belakang tim nasional (Timnas) Indonesia proyeksi Piala AFF 2016 sepertinya masih menjadi catatan pelatih.


Lolos Grup, Kuncinya saat Melawan Myanmar

Lolos Grup, Kuncinya saat Melawan Myanmar

Beban berat sedang berada di pundak Eduard Tjong bersama skuadnya di Piala AFF U-19 2016.


Enrique Beri Extra Libur buat Neymar

Enrique Beri Extra Libur buat Neymar

Trisula baru lini depan Barcelona, MSA (Lionel Messi-Luis Suarez-Arda Turan), membuat entrenador Luis Enrique sedikit rileks.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!