Sepakbola
Share this on:

Langgar FFP, AC Milan Dilarang Berlaga di Europa League

  • Langgar FFP, AC Milan Dilarang Berlaga di Europa League
  • Langgar FFP, AC Milan Dilarang Berlaga di Europa League

MILAN - Court of Arbitration for Sport (CAS) atau Pengadilan Arbitrase Olahraga akhirnya menghukum AC Milan. Klub Serie A itu dijatuhi hukuman larangan bermain di Europa League musim depan.

Hukuman ini dijatuhkan karena Milan terbukti tersangkut kasus Financial Fair Play (FFP). AC Milan telah dicoret dari kompetisi UEFA di level klub untuk musim 2019/20, ungkap CAS yang dikutip Football Italia, Jumat (28/6) kemarin.

UEFA melayangkan hukuman kepada Rossonerri lantaran pengeluarannya di musim lalu dianggap berlebihan. Dalam regulasi UEFA, klub yang memiliki pengeluaran yang melebihi batas yang ditetapkan oleh badan sepak bola tertinggi Eropa itu selama tiga tahun, akan mendapatkan hukuman.

Karenanya, tiket Europa League milik AC Milan akan menjadi milik AS Roma. Klub dari ibu kota Italia itu sendiri di Serie A musim lalu finis di peringkat ke enam.

Musim lalu, AC Milan finish di peringkat 5 klasemen akhir Serie A. Berkat hasil itu mereka dipastikan bermain di Europa League musim depan dan akan langsung lolos ke fase grup Europa League musim depan.

Namun keikutan Rossonerri di Europa League musim depan resmi digugurkan Pengadilan Arbitrase Olahraga. Mereka mendakwa Rossonerri melakukan pelanggaran serius terhadap Financial Fair Play.

"Keputusan yang dikeluarkan Mahkamah Adjudikasi Badan pengawasan keuangan klub-klub UEFA dengan nomor AC-05/2018 di tanggal 20 November dikesampingkan. Keputusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Investigasi Badan pengawasan keuangan Klub-klub UEFA pada tanggal 10 April 2019 juga dikesampingkan, tulis CAS lagi.

"Dua poin di atas resmi digantikan dengan perintah "AC Milan dikeluarkan dari partisipasi mereka di kompetisi klub UEFA untuk musim 2019/2020 sebagai konsekuensi dari pelanggaran FFP selama tahun 2015/2016/2017 dan pada periode pengawasan 2016/2017/2018."

Menurut laporan tersebut, klub yang akan menggantikan Milan di fase grup Europa League musim ini adalah tim yang finish di peringkat 6 musim lalu, AS Roma. Roma sendiri sejatinya juga finish di zona Europa League. Namun mereka harus mengikuti babak kualifikasi, sehingga dengan keputusan ini mereka langsung bermain di fase grup.

Sementara Torino yang finish di peringkat 7 akan mengikut babak kualifikasi Europa League menggantikan posisi AS Roma. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

Kabar mengejutkan datang dari mantan raksasa sepak bola Italia yang bermasalah AC Milan. Il Rossonerri (sebutan Milan) menderita rekor kerugian keuangan selama


Perancis vs Turki, Diprediksi Ketat sampai Akhir Laga

Perancis vs Turki, Diprediksi Ketat sampai Akhir Laga

Ada tiga hal yang dilarang saat kita menyinggung soal Turki. Pertama, semua yang menyangkut Armenia dan pembantaian ribuan pengungsi Yerevan awal perang dunia p



Muncul #OleOut, Solksjaer Semakin Terpojok

Muncul #OleOut, Solksjaer Semakin Terpojok

Manchester United lagi-lagi takluk di markas Newcastle United pada pekan kedelapan Premier League.


Juventus Mulai Tunjukkan Dominasi

Juventus Mulai Tunjukkan Dominasi

Juventus mengudeta Inter Milan setelah memenangi Derby dItalia pada giornata ketujuh Serie A.


Barcelona vs Inter Milan, Messi Belum Menyerah

Barcelona vs Inter Milan, Messi Belum Menyerah

Laga big match bakal kembali terjadi di matchday kedua babak penyisihan grup Liga Champions 2019/20, Kamis (3/10) dinihari WIB nanti.


AC Milan Semakin Terpuruk, Giampaolo Diultimatum

AC Milan Semakin Terpuruk, Giampaolo Diultimatum

Manajemen AC Milan benar-benar naik pitam. Rossonerri (sebutan Milan) dibungkam 1-3 oleh Fiorentina di San Siro Stadium, Minggu (29/9) malam.


Kalahkan Lazio 1-0, Inter Kudeta Juventus

Kalahkan Lazio 1-0, Inter Kudeta Juventus

Inter Milan akhirnya memupus dominasi Juventus. Skuat Antonio Conte melanjutkan laju kemenangannya di Liga Italia.


Messi Kalahkan Ronaldo Lagi

Messi Kalahkan Ronaldo Lagi

Ajang penghargaan sepak bola versi FIFA alias The Best FIFA Football Awards 2019 telah selesai dilaksanakan di Teatro Alla Scala, Milan, Selasa (24/9) kemarin.


Brescia VS Juventus, Jangan Terpeleset Lagi Nyonya

Brescia VS Juventus, Jangan Terpeleset Lagi Nyonya

Hampir sebulan lamanya absen, debutan anyar Brescia Mario Balotelli punya kans kembali berlaga di Serie A.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!