Sepakbola
Share this on:

Latihan Perdana Timnas Tertutup

  • Latihan Perdana Timnas Tertutup
  • Latihan Perdana Timnas Tertutup

JAKARTA - PSSI sepertinya mulai berhati - hati dengan kekuatan tim nasional (timnas) proyeksi Asian Games 2018 mendatang. Itu terlihat dari keputusan mereka untuk memproteksi performa tim besutan Luis Milla itu dari pengamatan publik. Buktinya, saat sesi latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, sore kemarin dibuat latihan tertutup.

Ya, awak media yang sudah tiba di stadion sejak siang hari, dilarang untuk masuk ke dalam stadion alias hanya disentralisasikan ke loby stadion. Menurut salah satu petugas keamanan, larangan untuk awak media masuk ke stadion itu adalah instruksi dari PSSI. "Kami hanya menjalankan instruksi," tegas pria berbadan kekar itu.

Hasilnya, para awak media tidak bisa melakukan pengamatan langsung terhadap program latihan yang diberikan oleh Milla kepada para pemain. Namun, Bima Sakti, asisten pelatih Timnas, menjelaskan bahwa, dia juga tidak tahu dengan adanya larangan peliputan terhadap latihan perdana timnas menjelang ujicoba internasional itu.

"Saya juga baru tahu kalau ini program latihan tertutup. Saya pikir, ini adalah kebijakan dari pengelola stadion bukan dari Luis Milla," kata Bima. 'Tapi, saya pastikan kami tidak akan menutup informasi apapun terkait perkembangan pemain dan tim kepada masyarakat, apalagi ke media," papar mantan pemain Persiba Balikpapan itu.

Dia lantas menjelaskan, latihan yang berlangsung hampir dua jam tersebut dimaksimalkan ke semua lini. Mulai dari lini bertahan, kemudian posisi tengah yang seharusya berfungsi sebagai dapur permainan tim. Tapi, lebih dari itu, lanjut Bima, mereka lebih memaksimalkan penajaman lini depan dalam melakukan finishing.

Dalam latihan tersebut, dari total 33 pemain yang dipanggil oleh Milla, baru 24 pemain yang bergabung dalam latihan perdana itu. Mayoritas dari mereka adalah pemain U-22 yang diproyeksikan untuk memperkuat Indonesia di Asian Games Jakarta dan Palembang, 2018 mendatang. Padahal, khusus untuk Timnas U-22, Milla memanggil 25 pemain.

Salah satu pemain dari Garuda Muda (julukan Timnas U-22) yang absen tersebut, adalah Yabes Roni, pemain Bali United. Bima mengatakan bahwa, Yabes belum bisa bergabung karena ada masalah keluarga. " Dia (Yabes, Red) izin untuk beberapa hari karena ada keluarganya yang meninggal," timpal Bima.

Illija Spasojevic, striker naturalisasi Bhayangkara FC yang baru saja dipercayakan oleh Milla dalam timnas senior, mengaku senang dengan kepercayaan itu. Dia bahkan sudah bertekad untuk memberikan semua kemampuan terbaiknya dalam kesempatan itu. "Saya baru bergabung dengan latihan tim pada Jumat besok," kata Spaso.

Latihan tersebut adalah persiapan menjelang uji coba internasional melawan Timnas Syiria U-23, besok (16/11) dan Sabtu (18/11). Serta uji coba ketiga, melawan Timnas Guyana pada 25 November. Nah, untuk dua ujicoba terakhir, tim yang akan diturunkan oleh Milla adalah timnas senior yang dipadu dengan beberapa pemain muda. (ben/jpg

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Rebekah Vardy Tak Terusik Haters

Rebekah Vardy Tak Terusik Haters

Kehadiran istri dan pasangan pemain timnas Inggris atau Wags tak selamanya mendapat sambutan positif.


Titi Harus Siap Dimusuhi

Titi Harus Siap Dimusuhi

Thierry Henry adalah legenda Prancis. Gelar itu layak disematkan jika menilik deretan trofi dan pencapaian individunya bersama timnas Prancis.


Jika Juara, Per Pemain Rusia Dibonusi Rp50 Juta

Jika Juara, Per Pemain Rusia Dibonusi Rp50 Juta

Para pemain timnas Rusia bakal menerima bonus senilai RUB 224 ribu (senilai Rp50 juta) dari pemerintah jika mampu menjuarai Piala Dunia 2018.


Tak Sabar Hadapi Inggris

Tak Sabar Hadapi Inggris

Menjelang kelahiran anaknya, kapten timnas Swedia Andreas Grangvist memutuskan untuk tinggal di Rusia.


Lawan Jepang, Belgia Butuh Magic Lukaku

Lawan Jepang, Belgia Butuh Magic Lukaku

Romelu Lukaku tak pernah setajam ini ketika berkostum timnas Belgia. Lukaku bahkan tak pernah menciptakan dua kali brace (dua gol) dalam satu major tournament.


Cari Pengalaman dari Timnas U-23 Korsel

Cari Pengalaman dari Timnas U-23 Korsel

Timnas U-23 Indonesia sejatinya memang kalah kelas dibandingkan Korea Selatan U-23.


Seleksi Rampung, Timnas U-19 Mulai Fokus

Seleksi Rampung, Timnas U-19 Mulai Fokus

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mulai menegaskan rencana matangnya untuk tak lagi melakukan seleksi pemain dan memilih okus pada pemantapan tim.


Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Timnas Belgia masih dimaafkan bila optimal di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 dengan dalih skuad belum matang.


Jamu Kosta Rika, 100 Persen Saat Jadi Kapten

Jamu Kosta Rika, 100 Persen Saat Jadi Kapten

Setelah Wayne Rooney mengundurkan diri dari timnas Inggris tahun lalu maka Jordan Henderson mendapat kepercayaan sebagai kapten.


Neymar Dijagokan Raih Golden Ball

Neymar Dijagokan Raih Golden Ball

Neymar Jr baru saja pulih dari cedera retak metatarsal. Cedera itu membuat Neymar sedikit trauma untuk mengikuti latihan penuh bersama timnas Brasil.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!