Sepakbola
Share this on:

Latihan Timnas U-16 Dipantau Tim Pencari Bakat Klub Liga Inggris

  • Latihan Timnas U-16 Dipantau Tim Pencari Bakat Klub Liga Inggris
  • Latihan Timnas U-16 Dipantau Tim Pencari Bakat Klub Liga Inggris

**JAKARTA ** - Pemusatan latihan nasional (pelatnas) atau Training Camp (TC) Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat mendapat kunjungan tamu yang cukup spesial.

Ya, pada pelatnas yang berlangsung, Kamis (4/7) kemarin, skuad Garuda Nusantara menerima kunjungan dari tim pencari bakat salah satu klub ternama di Inggris yaitu Crystal Palace. Pria yang diketahui menjabat sebagai Chief Scout Crystal Palace bernama Wesley Peter itu hadir ke Stadion Wibawa Mukti ditemani oleh Des Welker.

Des Welker sendiri merupakan pelatih beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 saat Program Garuda Select beberapa waktu lalu di Inggris. Welker mengatakan, kehadiran Wesley dalam TC itu tak lain sebagai ajang pencarian bakat Crystal Palace terhadap para pemain pelatnas Timnas U-19.

"Wesley datang sebagai bagian dari scouting team (tim pencari bakat) Crystal Palace, ya mungkin saja nanti dia melihat ada pemain yang diminatinya," ungkap Welker di situs resmi PSSI, Jumat (5/7) kemarin.

Selain itu, Welker juga mengakui bahwa kungjungannya ke pelatnas Timnas Indonesia U-19, tak lain karena ingin melepas rindu kepada pemain yang pernah dilatihnya selama program Garuda Select. Ya, seperti diketahui, dari 33 pemain yang mengikuti pelatnas tahap akhir ini, sebagian besar merupakan pemain-pemain yang pernah menjalani program Garuda Select di Inggris beberapa waktu lalu.

"Saya datang ke sini (Wibawa Mukti)m karena saya ingin melihat perkembangan pemain (Garuda Select). Selain itu juga, saya rindu dengan mereka," ujarnya sambil tersenyum.

"Saya melihat kemampuan anak-anak tidak berubah, malahan semakin baik. Tadi juga saya bicara dengan coach Fakhri (Husaini) mengenai anak-anak, saya senang mereka bisa dilatih oleh salah satu pelatih terbaik," tambah Welker.

Selain itu, Welker juga mengaku kehadirannya itu tidak hanya ingin melihat perkembangan pemain Garuda Select. Ia mengatakan kedatangannya itu juga sekaligus untuk memberikan sertifikat kursus kepelatihan program Garuda Select di Inggris kemarin.

"Sertifikat ini dikeluarkan langsung oleh FA (Football Association) Inggris. Penting bagi anak-anak, mengetahui sepak bola lebih luas lagi, dengan menjadi pelatih, sertifikat ini bisa menjadi pegangan bagi mereka untuk melangkah kedepannya nanti. Semua itu tergantung dari pilihan yang akan mereka ambil di kemudian hari," tuntasnya.

Kehadiran Des Welker dan Wesley Peter ke pelatnas itu disambut baik oleh pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini. Menurutnya, kehadiran keduanya, khususnya Welker merupakan salah satu bentuk perhatian seorang pelatih terhadap anak asuhnya.

"Tentu saya senang, ini berarti mereka masih punya perhatian khusus kepada anak-anak yang dahulu dilatih olehnya di tim Garuda Select," tutur Fakhri.

Terkait perkembangan pemain, Fakhir menuturkan hal yang sama seperti Welker. Menurutnya, anak asuhnya menujukkan perkembangan yang baik selama menjalani pelatnas tahap akhir yang dimulai sejak 1 Juli lalu.

"Dan benar tadi apa yang kami bicarakan, anak-anak menunjukkan tren perkembangan positif. Saya juga apresiasi FA Inggris bisa memberikan kursus pelatih kepada anak-anak dan memberikan sertifikat kepada mereka. Asalkan saat ini fokus mereka bermain bola, bukan untuk melatih," terang Fakhri.

Sebagai informasi, seleksi tahap ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam, 4 Agustus 2019, mendatang. Dalam ajang tersebut, Garuda Nusantara tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Indonesia sendiri akan mulai bertanding pada 6 Agustus 2019, menghadapi Filipina.

Selain ajang tersebut, Garuda Junior itu juga dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang bakal berlangsung pada September atau Oktober, mendatang. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Granada vs Barcelona, Kans untuk Perbaiki Klasemen

Granada vs Barcelona, Kans untuk Perbaiki Klasemen

Setelah perjalanan melelahkan ke Dortmund, Barcelona kembali menjalana liga domestik.


Dominasi Real Madrid di Liga Champions Sudah Berlalu

Dominasi Real Madrid di Liga Champions Sudah Berlalu

Liga Champions adalah habitat Real Madrid. Status raja Eropa dengan 13 trofi Si Telinga Lebar jadi barometer utama.


Di Maria Solusi Tuchel

Di Maria Solusi Tuchel

Kekecewaan besar tentu hadir di kubu Real Madrid usai kalah 0-3 dari Paris Saint Germain (PSG) pada matchday pertama Grup A Liga Champions di Parc des Princes,


Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor

Imbangi Dortmund, Pemain Muda Barcelona Ukir Rekor

Barcelona gagal meraih torehan positif di Liga Champions 2019/2020 Grup F saat melawat ke markas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park Stadium, Rabu (18/9) kem


Olympiakos vs Tottenham Hotspurs, Liga Elit Rasa Lokal

Olympiakos vs Tottenham Hotspurs, Liga Elit Rasa Lokal

Rasa percaya diri yang tinggi membuat rasa takut Evangelos Marinakis hilang begitu saja.


PSG VS Real Madrid, Duel Dua Raksasa Pincang

PSG VS Real Madrid, Duel Dua Raksasa Pincang

Pertandingan akbar akan tersaji di laga pembuka Grup A Liga Champions 2019/2020, antara Paris Saint-Germain (PSG) dengan Real Madrid, Kamis (19/9) dini hari WIB


Chelsea vs Valencia, Mimpi Buruk Kedua Celades

Chelsea vs Valencia, Mimpi Buruk Kedua Celades

Chelsea akan menjamu Valencia di Stamford Bridge pada matchday 1 Grup Liga Champions 2019/2020, Rabu (18/9) dinihari WIB.


Dortmund vs Barcelona, Tak Ada Messi di Iduna

Dortmund vs Barcelona, Tak Ada Messi di Iduna

Borussia Dormund bakal menjamu Barcelona pada matchday pertama Grup F Liga Champions 2019/2020 di Signal Iduna Park Stadium, Dortmund, Jerman, Rabu (18/9) pukul


Inter Milan vs Slavia Praha, Panggung Lukaku

Inter Milan vs Slavia Praha, Panggung Lukaku

Inter Milan tengah di atas angin. Kemenangan atas Udinese 1-0 dan melibas Juventus di puncak klasemen Serie A menjadi modal besar bagi I Nerazzurri berlaga Liga


Ditahan Seri Fiorentina, Juventus Disalip Inter Milan

Ditahan Seri Fiorentina, Juventus Disalip Inter Milan

Tawa Rocco Comisio terbahak-bahak. Suasana hati pemilik Klub Fiorentina itu tengah berbahagia.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!