Sepakbola
Share this on:

Latihan Timnas U-16 Dipantau Tim Pencari Bakat Klub Liga Inggris

  • Latihan Timnas U-16 Dipantau Tim Pencari Bakat Klub Liga Inggris
  • Latihan Timnas U-16 Dipantau Tim Pencari Bakat Klub Liga Inggris

**JAKARTA ** - Pemusatan latihan nasional (pelatnas) atau Training Camp (TC) Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat mendapat kunjungan tamu yang cukup spesial.

Ya, pada pelatnas yang berlangsung, Kamis (4/7) kemarin, skuad Garuda Nusantara menerima kunjungan dari tim pencari bakat salah satu klub ternama di Inggris yaitu Crystal Palace. Pria yang diketahui menjabat sebagai Chief Scout Crystal Palace bernama Wesley Peter itu hadir ke Stadion Wibawa Mukti ditemani oleh Des Welker.

Des Welker sendiri merupakan pelatih beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 saat Program Garuda Select beberapa waktu lalu di Inggris. Welker mengatakan, kehadiran Wesley dalam TC itu tak lain sebagai ajang pencarian bakat Crystal Palace terhadap para pemain pelatnas Timnas U-19.

"Wesley datang sebagai bagian dari scouting team (tim pencari bakat) Crystal Palace, ya mungkin saja nanti dia melihat ada pemain yang diminatinya," ungkap Welker di situs resmi PSSI, Jumat (5/7) kemarin.

Selain itu, Welker juga mengakui bahwa kungjungannya ke pelatnas Timnas Indonesia U-19, tak lain karena ingin melepas rindu kepada pemain yang pernah dilatihnya selama program Garuda Select. Ya, seperti diketahui, dari 33 pemain yang mengikuti pelatnas tahap akhir ini, sebagian besar merupakan pemain-pemain yang pernah menjalani program Garuda Select di Inggris beberapa waktu lalu.

"Saya datang ke sini (Wibawa Mukti)m karena saya ingin melihat perkembangan pemain (Garuda Select). Selain itu juga, saya rindu dengan mereka," ujarnya sambil tersenyum.

"Saya melihat kemampuan anak-anak tidak berubah, malahan semakin baik. Tadi juga saya bicara dengan coach Fakhri (Husaini) mengenai anak-anak, saya senang mereka bisa dilatih oleh salah satu pelatih terbaik," tambah Welker.

Selain itu, Welker juga mengaku kehadirannya itu tidak hanya ingin melihat perkembangan pemain Garuda Select. Ia mengatakan kedatangannya itu juga sekaligus untuk memberikan sertifikat kursus kepelatihan program Garuda Select di Inggris kemarin.

"Sertifikat ini dikeluarkan langsung oleh FA (Football Association) Inggris. Penting bagi anak-anak, mengetahui sepak bola lebih luas lagi, dengan menjadi pelatih, sertifikat ini bisa menjadi pegangan bagi mereka untuk melangkah kedepannya nanti. Semua itu tergantung dari pilihan yang akan mereka ambil di kemudian hari," tuntasnya.

Kehadiran Des Welker dan Wesley Peter ke pelatnas itu disambut baik oleh pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini. Menurutnya, kehadiran keduanya, khususnya Welker merupakan salah satu bentuk perhatian seorang pelatih terhadap anak asuhnya.

"Tentu saya senang, ini berarti mereka masih punya perhatian khusus kepada anak-anak yang dahulu dilatih olehnya di tim Garuda Select," tutur Fakhri.

Terkait perkembangan pemain, Fakhir menuturkan hal yang sama seperti Welker. Menurutnya, anak asuhnya menujukkan perkembangan yang baik selama menjalani pelatnas tahap akhir yang dimulai sejak 1 Juli lalu.

"Dan benar tadi apa yang kami bicarakan, anak-anak menunjukkan tren perkembangan positif. Saya juga apresiasi FA Inggris bisa memberikan kursus pelatih kepada anak-anak dan memberikan sertifikat kepada mereka. Asalkan saat ini fokus mereka bermain bola, bukan untuk melatih," terang Fakhri.

Sebagai informasi, seleksi tahap ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam, 4 Agustus 2019, mendatang. Dalam ajang tersebut, Garuda Nusantara tergabung dalam grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Indonesia sendiri akan mulai bertanding pada 6 Agustus 2019, menghadapi Filipina.

Selain ajang tersebut, Garuda Junior itu juga dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang bakal berlangsung pada September atau Oktober, mendatang. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Badak Lampung Kembali Tertahan di Kandang

Badak Lampung Kembali Tertahan di Kandang

Perseru Badak Lampung lagi-lagi gagal meraih kemenangan dalam laga kandang Liga 1 Indonesia 2019.


Skuat Garuda Muda Belum Lengkap

Skuat Garuda Muda Belum Lengkap

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia mulai melakukan persiapan menjelang SEA Games 2019 di Filipina dengan menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas)


Man. United vs Inter Milan, ICC Rasa Liga Champions

Man. United vs Inter Milan, ICC Rasa Liga Champions

Akhir pekan ini Manchester United akan bentrok melawan Inter Milan di International Champions Cup (ICC) 2019 di Singapura.


Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia masuk dalam Grup G pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar bersama negara tetangga Malaysia.


Ambisi Sadio Mane dan Riyad Mahrez

Ambisi Sadio Mane dan Riyad Mahrez

Tim kuda hitam Aljazair melanjutkan kejutannya hingga mencapai babak final Piala Afrika 2019, Sabtu (20/7) dinihari WIB..


De Ligt Datang, Saham Juventus Malah Turun

De Ligt Datang, Saham Juventus Malah Turun

Kedatangan bek Ajax Amsterdam ke Juventus tak selamanya membawa pengaruh baik kepada klub asal kota Turin, Italia tersebut.


Kalahkan Persija 5-3, Tira-Persikan Kokoh di Puncak

Kalahkan Persija 5-3, Tira-Persikan Kokoh di Puncak

Tira-Persikbo berhasil meraih kemenangan penting dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Dani Alves Terciduk Liburan di Bali

Dani Alves Terciduk Liburan di Bali

Usai membawa timnas Brasil juara Copa America 2019, Dani Alves memanfaatkan masa liburannya di Bali.


Digerogoti Leukimia, Mihajlovic Pikirkan Pensiun Dini

Digerogoti Leukimia, Mihajlovic Pikirkan Pensiun Dini

Kabar buruk datang dari pelatih klub Serie A Bologna Sinisa Mihajlovic.


Ferdinand Sinaga Bawa PSNM Makassar Ungguli Bhayangkara FC

Ferdinand Sinaga Bawa PSNM Makassar Ungguli Bhayangkara FC

PSM Makassar berhasil meraih poin sempurna saat menjamu tamunya Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!