Sepakbola
Share this on:

Lawan Myanmar, Timnas U-22 Akan Tampil Menyerang

  • Lawan Myanmar, Timnas U-22 Akan Tampil Menyerang
  • Lawan Myanmar, Timnas U-22 Akan Tampil Menyerang

Timnas U-22 Indonesia siap mengikuti Piala AFF U-22 2019 di Kamboja (Dok. PSSI)

PHNOM PENH - Tiga kali melakoni uji coba, tiga kali berakhir seri. Itulah bekal tim nasional (timnas) U-22 Indonesia menuju pergelaran Piala AFF U-22 2019 di Kamboja.

Tak ayal, hasil tersebut memunculkan keraguan terhadap kekuatan skuad besutan Indra Sjafri. Apalagi, timnas tak bisa diperkuat beberapa pemain pilar yang bermain bersama klub luar negeri.

Meski dianggap kurang meyakinkan, Andy Setyo dkk tetap berpeluang membuat kejutan. Pembuktian kekuatan timnas U-22 dimulai sore ini saat menghadapi Myanmar pada laga pembuka grup B di National Olympic Stadium, Phnom Penh (siaran langsung RCTI pukul 15.30 WIB).

Menghadapi Myanmar, modal bagus dikantongi skuad Garuda Muda. Saat beruji coba November lalu, timnas U-22 yang masih diarsiteki Bima Sakti berhasil mengalahkan Myanmar 3-0 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi. Pertandingan tersebut memang digelar sebagai persiapan menyongsong AFF U-22 2019.

Indra Sjafri akhirnya dipercaya menggantikan posisi Bima Sakti. Skuad timnas dirombak dengan mengambil beberapa muka baru. Di antaranya diambil dari timnas U-19 tahun lalu.

Menurut Indra, laga pembuka melawan Myanmar sangat krusial. ’’Pertandingan pertama itu sangat penting. Untuk itu, harus lebih fokus, kerja keras, dan yang paling penting bisa tiga poin,’’ ujarnya kepada Jawa Pos kemarin.

Ajang Piala AFF U-22 vakum selama 14 tahun. Pada pergelaran perdana di Bangkok, Thailand, pada 2005, Myanmar menempati peringkat ketiga. Dalam SEA Games 2017 di Malaysia, kedua tim sempat bertemu dalam perebutan tempat ketiga. Indonesia akhirnya meraih perunggu setelah mengalahkan Myanmar 3-1 di Stadion MPS Selayang, Kuala Lumpur.

Sejak dibentuk lagi Januari lalu, skuad timnas U-22 belum pernah mencicipi kemenangan. Uji coba perdana melawan Bhayangkara FC berakhir imbang 2-2. Kemudian, laga melawan Arema FC dan Madura United juga berakhir imbang dengan skor 1-1.

Indra mengatakan, butuh proses dalam pembentukan tim. Apalagi, tim tersebut tidak hanya dipersiapkan untuk AFF. Target utamanya adalah kualifikasi AFC dan SEA Games 2019.

Terkait kekuatan Myanmar, Indra tidak mau menganggap remeh. Menurut dia, tim Asia Tenggara mengalami perkembangan dalam lima tahun terakhir. ’’Sekarang peluang semua tim sama. Dua kali main sudah bisa terlihat bagaimana kualitas negara lain. Harus bisa meraih tiga poin. Sebab, untuk melangkah ke babak selanjutnya, semua tim pasti mengincar kemenangan pada laga pertama,’’ beber mantan pelatih Bali United tersebut.

Sementara itu, Myanmar sudah sangat siap menghadapi Indonesia. Pelatih Myanmar Velizar Popov mengatakan, Indonesia adalah lawan tangguh. Indonesia memiliki tim dengan pemain yang berkualitas dan cukup solid.

Menurut Popov, persaingan di grup B cukup kompetitif. ’’Banyak tim kuat dan bagus. Harus kami hadapi semuanya. Kami tidak bisa memprediksi siapa yang bisa ke final. Tapi, kami akan mencoba memberikan performa yang bagus dan memberikan yang terbaik untuk negara kami,’’ ucap Popov. (gil/c17/ali/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Final Copa del Rey, Kans Barcelona Genggam Titelke-31

Final Copa del Rey, Kans Barcelona Genggam Titelke-31

Barcelona akan meladeni Valencia dalam final Copa del Rey 2018/19, Minggu (26/5) dinihari WIB.


Egy Siap Tampil di Liga Eropa Musim Depan

Egy Siap Tampil di Liga Eropa Musim Depan

Egy Maulana Vikri dipastikan tampil bersama Lechia Gdansk di Liga Eropa musim depan.


Icardi Dicoret dari Skuad Argentina

Icardi Dicoret dari Skuad Argentina

Striker Inter Milan Mauro Icardi gagal menembus skuad Timnas Argentina di ajang Copa America 2019, Juni mendatang.


Sterling Kandidat Kapten Three Lions

Sterling Kandidat Kapten Three Lions

Selama Gareth Southgate menangani timnas Inggris, Joe Hart dan Fabian Delph adalah pemain Manchester City yang pernah dipercaya untuk mengenakan ban kapten.


Terbuang di Madrid, Atletico Siap Tampung Marcos Llorente

Terbuang di Madrid, Atletico Siap Tampung Marcos Llorente

Atletico Madrid kemungkinan besar bakal kehilangan gelandang andalannya Rodri. Sang pemain, kemungkinan besar akan hijrah di Manchester City atau Bayern Munchen


Griezmann Pastikan Hengkang dari Atletico

Griezmann Pastikan Hengkang dari Atletico

Bomber Antoine Griezmann secara resmi telah mengumumkan bahwa dia tak akan lagi memperkuat Atletico Madrid musim depan.


Harga Murah Brandt Bikin Liverpool Ngiler

Harga Murah Brandt Bikin Liverpool Ngiler

Liverpool dilaporkan akan mendatangkan Julian Brandt dari Bayern Leverkusen ke Anfield dalam waktu dekat ini.


Tinggalkan Serie A, De Rossi Bidik MLS

Tinggalkan Serie A, De Rossi Bidik MLS

Gelandang andalan AS Roma Daniele De Rossi dipastikan akan meninggalkan Il Lupi di bursa transfer musim panas mendatang.


Hazard Sudah Pasti Hengkang dari Chelsea, Tapi ke Mana?

Hazard Sudah Pasti Hengkang dari Chelsea, Tapi ke Mana?

Bintang Chelsea Eden Hazard sudah pasti akan meninggalkan Stamford Bridge akhir musim ini.


Roma Ramaikan Persaingan Zona Liga Champions Serie A

Roma Ramaikan Persaingan Zona Liga Champions Serie A

Juventus kembali tampil buruk. Akibatnya, mereka harus tunduk 0-2 saat melawat ke markas AS Roma di Stadion Olimpico, Senin (13/5) dinihari.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!