Sepakbola
Share this on:

Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit

  • Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit
  • Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit

JAKARTA - Indonesia bakal melakoni laga kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9) malam ini. Laga tersebut diyakini bakal menjadi ajang kebangkitan skuat Garuda, setelah sebelumnya dikalahkan 2-3 dari Malaysia di hadapan pendukung Indonesia, Kamis (5/9) lalu.

Hal tersebut diungkapkan langsung pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Menurut, pelatih asal Skotlandia itu, Andik Vermansyah dan kawan-kawan memiliki motivasi yang cukup kuat untuk bisa bangkit dan meraih kemenangan atas Thailand.

Pasalnya, setelah menelan kekalahan atas Malaysia, hanya kemenangan atas Thailand yang dapat mengembalikan kepercayaan diri pemain dan suporter sepak bola Tanah Air."Mungkin akan ada orang yang meragukan mereka (pemain Indonesia), namun pemain ingin memberi pembuktian. Mereka siap berlari sampai mereka tidak bisa lagi berlari," ungkap Simon dalam jumpa wartawan sebelum pertandingan di Media Center, SUGBK, Senayan, Jakarta, Senin (9/9) kemarin.

Meski demikian, pelatih yang membawa Bhayangkara FC kampiun Liga 1 2017 tersebut enggan menganggap remeh kekuatan Thailand. Baginya, tim Negeri Gajah Putih itu merupakan tim kuat. Ia juga yakin, laga tersebut bakal berjalan menarik.

"Kita berharap, mampu mengulangi yang kita lakukan pada babak pertama (saat menghadapi Malaysia), namun kita harus lebih pintar, waspada dengan lawan yang cerdik. Pemain juga harus lebih hemat soal stamina," tutur Simon.

Terkait rekor pertemuan Indonesia dengan Thailand. Di mana, pada lima pertandingan terakhir, Thailand berhasil meraih kemenangan tiga kali atas skuat Garuda. Simon mengaku, bahwa rekor yang ada itu perlu dipecahkan dan ia yakin timnya mampu melakukan hal tersebut.

"Kembali saya tekankan, saya sama sekali tidak terintimidasi dengan Thailand. Saya tau rekor (pertemuan) kita tidak bagus dengan Thailand, namun saya siap untuk bermain besok, sama seperti pertandingan menghadapi Malaysia, rekor yang ada itu memang untuk dipecahkan," tuntas mantan pelatih Timnas Filipina itu.

Sementara itu, pelatih Timnas Thailand Akira Nishino berharap anak asuhnya mampu tampil lebih baik saat berhadapan dengan tuan rumah Indonesia. Harapan itu tak lepas demi meraih poinj dan menjaga peluang lolos ke babak berikutnya.

"Tentunya, kami ingin memenangkan pertandingan (menghadapi Indonesia). Oleh sebab itu, yang pertama kita harus mencetak gol. Oleh sebab itu, seluruh pemain harus fokus menciptakan sebanyak-banyaknya peluang," tutur Akira di tempat yang sama.

Akira menceritakan, bahwa timnya memang kesulitan menciptakan gol pada saat ditahan imbang Vietnam 0-0 pada laga sebelumnya. Meski banyak peluang yang tercipta, namun tak ada satu gol yang mampu merobek jala gawang Vietnam saat itu.

Menurut Akira kesulitan timnya mencatka gol karena minimnya striker di skuatnya. Ia mengatakan, hanya mendaftakan satu striker yakni, Supachai Chaided dalam ajang kali ini.

"Kami memang kekurangan striker, tapi dari lini lain kami banyak kesempatan menciptakan peluang. Di laga sebelumnya (lawan Vietnam), kami punya 60 peluang di area terakhir lawan, namun tidak terselesaikan dengan baik. Hal itu perlu ditingkatkan pada laga nanti," tuntasnya.

Meski demikian, Thailand kini masih bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup G Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan 1 poin dari hasil imbang atas Vietnam.

Sedangkan Indonesia menempati posisi buncit yakni, peringkat kelima dengan tanpa poin usai dikalahkan 2-3 oleh Malaysia, Kamis (5/9) lalu. Indonesia wajib meraih kemenangan saat menghadpai Thailand demi menjaga asa lolos ke putaran selanjutnya. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Gli Azzurri Belum Terbendung
Gli Azzurri Belum Terbendung

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dijamu Armenia, Italia Tanpa Skuat Penuh

Dijamu Armenia, Italia Tanpa Skuat Penuh

Armenia bukan lawan penting bagi Timnas Italia dalam laga tandang kualifikasi Euro 2020, hari ini (4/9).


Sepakati Kontrak, Maitimo Bisa Diturunkan PSM saat Lawan Perseru

Sepakati Kontrak, Maitimo Bisa Diturunkan PSM saat Lawan Perseru

Negosiasi manajemen PSM dan Raphael Maitimo akhirnya menemui kata sepakat. Maitimo resmi berseragam PSM untuk putaran kedua Liga 1 musim ini.


Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas U18 Harus Menang Lawan Myanmar

Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (



Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U15 Tak Ciut Nyali Hadapi Thailand U15

Timnas U-15 Akan Menghadapi Thailand U15 di semifinal Piala AFF U-15 2019.


Rotasi Pemain, Garuda Muda Bidik Kemenangan

Rotasi Pemain, Garuda Muda Bidik Kemenangan

Timnas U-15 bakal menjalani laga keempat babak penyisihan Grup A Pila AFF U-15 menghadapi Filipina U-15, Jumat (2/8) sore.


Lawan Lyon, Liverpool Wajib Menang

Lawan Lyon, Liverpool Wajib Menang

Berstatus sebagai juara Liga Champions 2018/19, Liverpool gagal menunjukkan permainan terbaiknya saat laga pramusim.


Skuat Garuda Muda Belum Lengkap

Skuat Garuda Muda Belum Lengkap

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia mulai melakukan persiapan menjelang SEA Games 2019 di Filipina dengan menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas)


Kerjasama Tim Garuda U-16 Belum Sempurna

Kerjasama Tim Garuda U-16 Belum Sempurna

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 telah mengakhiri TC tahap keduanya, Jumat (28/6) kemarin.


Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Kiprah Timnas Putri Thailand di fase penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2019 berakhir tak mengenakkan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!