Sepakbola
Share this on:

Lebih Dijagokan, Argentina Tetap Waspadai Kekuatan Venezuela

  • Lebih Dijagokan, Argentina Tetap Waspadai Kekuatan Venezuela
  • Lebih Dijagokan, Argentina Tetap Waspadai Kekuatan Venezuela

DE JANEIRO - Penampilan Argentina di Copa America 2019 sejauh ini masih jauh dari kata memuaskan. Lionel Messi dan kawan-kawan, belum menunjukkan tanda-tanda sebagai tim calon juara. Hingga babak perempat final, Argentina mencatat sekali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Nah, mengambil tempat di Estadio do Maracana pada partai perempat finalCopa America 2019, Sabtu (29/6) pukul 02.00 WIB, Argentina akan meladeni tantangan Venezuela. Jelas, calon lawan mereka bukanlah tim sembarangan meskipun Argentina tetap lebih diunggulkan.

Sejarah mencatat, Argentina selaluy kesulitan saat melawan tim asuhan Rafael Dudamel tersebut. Dari lima kali pertemuan terakhir, Argentina mencatat dua kali menang, dua kali seri dan sekali kalah.

Kekalahan Argentina mereka derita saat friendly match pada 23 Maret 2019 lalu. Saat itu, Argentina menyerah 1-3. Sedangkan di kualifikasi Piala Dunia, dari dua kali pertemuan, semuanya berakhir dengan skor imbang.

Pertemuan pertama pada 7 September 2016, Venezuela yang bertindak sebagai tuan rumah bermain imbang dengan skor 2-2. Du pertemuan kedua di kandang Argentina, lagi-lagi Venezuela berhasil merepotkan Argentina dan pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Dua kemenangan diraih Argentina atas Venezuela adalah saat mereka bentrok di Copa America 2016 lalu. Argentina menang dengan skor mencolok 4-1. Satu kemenangan lainnya diraih Argentina saat bentrok di kulifikasi Piala Dunia pada tahun 2013 silam di mana Argentina menang dengan skor 3-0.

Belakangan, kekuatan Venezuela memang terus mengalami peningkatan. Di gelaran Copa America 2019 ini, Venezuela mampu menunjukkan kekuatannya. Di laga perdana, Venezuela sukses menahan Peru dengan skor 0-0. Lalu, Brasil yang lebih difavoritkan juga berhasil mereka tahan imbang dengan skor kacamata. Di pertandingan terakhir penyisihan grup, Venezuela sukses menggasak Bolivia dengan skor 3-0.

Kebangkitan kekuatan Venezuela ini ternyata cukup diwaspadai pelatih Argentina Lionel Scaloni. "Mereka terus berkembang, dan mereka memiliki pemain yang kemampuannya cukup merata," kata Scaloni di Sky Sports.

Argentina memang harus ekstra waspada. Apalagi, sejauh ini penampilan Argentina kurang begitu meyakinkan. Argentina lolos sebagairunner-upGrup B di bawah Kolombia. Pasukan Lionel Scaloni itu memastikan kelolosan mereka dengan kemenangan 2-0 atas tim undangan Qatar di laga terakhir penyisihan grup, setelah sebelumnya ditumbangkan Kolombia 0-2 dan imbang 1-1 melawan Paraguay.

Sejauh ini, ujung tombak Argentina juga belum begitu tajam. Mereka baru mencetak tiga gol di Copa America 2019. Lionel Messi, Sergio Aguero dan Lautaro Martinez masing-masing menyumbang satu gol.

Di laga melawan Venezuela, sepertinya Scaloni tetap mengandalkan trio Messi, Aguero dan Martinez. Sementara di kubu Venezuela, pelatih Rafael Dudamel tetap akan menerapkan pola 4-5-1 dengan menempatkan Jose Salomon Rondon sebagai striker tunggal.

Dudamel akan menumpuk lima gelandang di tengah. Mereka adalah Machis, Rincon, Moreno, Herrera, dan Savarino. Pola ini ternyata juga cukup ampuh untuk meredam keganasan penyerang-penyerang Brasil di babak penyisihan grup.

Sama seperti Argentina, Venezuela juga mencetak tiga gol di penyisihan grup, tapi mereka kebobolan lebih sedikit. Jika Argentina kebobolan tiga gol, Venezuela cuma kemasukan sekali. Dua dari tiga gol Venezuela dicetak oleh Darwin Machis, sedangkan satu gol lainnya diciptakan oleh Josef Martinez.

Venezuela adalahrunner-upGrup A dengan lima poin. Venezuela lolos setelah menang 3-1 atas Bolivia, yang didahului dua hasil imbang tanpa gol melawan Peru dan Brasil. Pemenang partai ini akan berhadapan dengan salah satu dari tuan rumah Brasil atau Paraguay di semifinal. Brasil sendiri sangat diunggulkan menang atas Paraguay. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

RD, Teco Cugura, dan Seto Nurdiantoro Layak Gantikan Simon

Karier Simon McMenemy di kursi pelatih Timnas Indonesia terancam berakhir lebih cepat.


Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Hadapi China, Timnas U19 Buta Kekuatan Lawan

Timnas Indonesia U-19 mulai menjalani latihan jelang duel kontra Cina di Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, malam nanti.


Jerman Diimbangi Argentina, Loew Kesal Scaloni Puas

Jerman Diimbangi Argentina, Loew Kesal Scaloni Puas

Jerman ditahan imbang Argentina dalam laga uji coba di Signal Iduna Park, kemarin.


Skuat PSM Makassar Harus Lebih Efektif

Skuat PSM Makassar Harus Lebih Efektif

Selain akurasi sepakan ke gawang lawan yang menurun, banyak umpan Pasukan Ramang selalu gagal.


Willian Belum Habis The Blues!

Willian Belum Habis The Blues!

Masa kejayaan Willan Borges belumlah usai. Penampilan pemain 31 tahun tetap impresif bersama para talenta muda Chelsea di matchday kedua Liga Champions Grup H.


Liverpool vs Salzburg, Klopp Waspadai Skuat Muda Salzburg

Liverpool vs Salzburg, Klopp Waspadai Skuat Muda Salzburg

Anfield memang angker bagi lawan dan terus memberikan kesenangan bagi Kopites, sebutan fans Liverpool.


Real Madrid vs Club Brugge, Adu Gengsi Laskar Belgia

Real Madrid vs Club Brugge, Adu Gengsi Laskar Belgia

Thibaut Courtois dan Simon Mignolet tak bisa dipisahkan dari Timnas Belgia. Teman Sekompatriot ini pernah bersahabat, namun tetap bersaing meski kerap adu gengs


Barcelona vs Villareal, Tiga Poin Harga Mati

Barcelona vs Villareal, Tiga Poin Harga Mati

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde lebih banyak termenung dalam konferensi pers usai laga kontra Granada, Minggu (22/9) dinihari lalu


Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Kondisi Maurizio Sarri mulai membaik pasca pemulihannya dari pneumonia yang mengerogoti tubuhnya hampir sebulan lebih.


De Bruyne Semakin Penting untuk Belgia

De Bruyne Semakin Penting untuk Belgia

Belgia masih tetap tampil perkasa di laga keenam Kualifikasi Piala Eropa Grup I.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!