Sepakbola
Share this on:

Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

  • Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung
  • Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

ISTANBUL - Liverpool berhasil keluar menjadi juara UEAF Super Cup atau Piala Super Eropa 2019. Hasil itu didapat setelah The Reds berhasil mengalahkan Chelsea.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Kamis (15/8) Kamis dini hari kemarin, Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 usai bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Pertandingan memang sudah berlangsung sengit sejak babak pertama dimulai. Liverpool maupun Chelsea silih berganti mendapatkan peluang matang untuk membuat keunggulan. Namun, semua peluang itu belum membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, kebuntuan Chelsea berbuah hasil pada menit ke-36, ketika Olivier Giroud merubah kedudukan menjadi 1-0. Berawal dari umpan terobosan Christian Pulisic mampu dimanfaatkan Giroud untuk merobek jala gawang Liverpool menggunkan kaki kirinya. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Jurgen Klopp merespons situasi dengan memasukkan Roberto Firmino untuk menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain. Nampaknya, strategi itu berhasil.

Sebab, tiga menit babak kedua berjalan, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah sentuhan Firmino mampu diteruskan Sadio Mane dengan gol. Di sisa laga, lagi-lagi laga sengit terus tersaji.

Kembali, jual beli serangan ditunjukkan oleh kedua kesebelasan. Namun, hingga laga babak kedua berkahir skor imbang 1-1 tetap bertahan dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Lima menit babak tambahan pertama, Liverpool berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 2-1. Setelah, lagi-lagi Mane mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan assist Firmino.

Empat menit berselang, Chelsea mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat tendangan penalti Jorginho, menyusul kesalahan Adrian San Miguel saat melanggar Tammy Abraham di kotak terlarang. Usai gol penyeimbang itu, kembali pertandinga berjalan sengit.

Namun hingga babak tambahan kedua, peluang-peluang yang didapat Liverpool dan Chelsea belum bisa merubah kedudukan 2-2. Hingga akhirnya, laga dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Pada babak adu penalti, duel ketat pun terus berlanjut. Semua penendang dari kedua tim sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna sampai pada eksekutor pamungkas atau kelima Chelsea, Abraham gagal.

Penjaga gawang Liverpool, Adrian menjadi pahlawan lantaran ia yang mengagalkan sepakan penalti Abraham menggunakan kakinya. Liverpool pun berhak keluar menjadi juara Piala Super Eropa 2019.

Pertandingan yang cukup sulit inipun diakui oleh sang pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Namun, Klopp mengatakan, tekad yang kuat untuk menjadi jaura merupakan kunci utama timnya meraih kemenangan dalam laga tersebut.

"Ini adalah pertandingan yang sangat sulit untuk kedua tim. Namun, ini soal tekad untuk memenanginya dan kami berhasil melakukannya pada akhirnya," ujar Klopp seperti dikutip BT Sport.

"Tidak satupun di stadion ini menginginkan laga berjalan hingga extra time, itu pembunuh para pemain. Saya tak yakin soal penaltinya, tapi ya siapa yang peduli sekarang," tambahnya.

Sementara itu, manajer Chelsea, Frank Lampard mengatakan bahwa timnya lebih kuat dari Liverpool dalam laga tersebut. Namun, keberuntungan diakunya tak berpihak kepada The Blues.

"Saya merasa kami adalah tim yang lebih kuat. Nasib buruk dan penyelesaian buruk, kami harus lebih klinis. Secara keseluruhan saya bangga atas kinerja dan senang," tutur Lampard, seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

"Saya tidak suka kalah, kami ingin memenangi pertandingan ini. Tetapi kami sangat tidak beruntung. Ini pertanda bagus bagi kami," sambungnya.

Bagi Liverpool, ini adalah gelar Piala Super Eropa keempatnya setelah 1977, 2001, dan 2005. Sementara, Chelsea gagal lagi untuk tiga percobaan beruntun yang dimulai dari 2012, 2013, dan 2019. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or
Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Berita Sejenis

Duo Milan Berebut Nemanja Matic

Duo Milan Berebut Nemanja Matic

Dua klub raksa Italia AC Milan dan Inter Milan dikabarkan tertarik mendapatkan tanda tangan gelandang Manchester United, Nemanja Matic.


Liverpool vs Newcastle, Mane dan Salah Belum Akur

Liverpool vs Newcastle, Mane dan Salah Belum Akur

Duel Liverpool kontra Newcastle United menjadi laga pembuka Matchweek ke-5 Liga Premier, Sabtu (14/9) sore.


Norwich City vs Manchester City, Laga Tanpa Laporte

Norwich City vs Manchester City, Laga Tanpa Laporte

Manchester City masih gelisah. Posisi kedua di bawah Liverpool membuat sang pelatih, Pep Guardiola mau tak mau meramu strateginya.


Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Kondisi Maurizio Sarri mulai membaik pasca pemulihannya dari pneumonia yang mengerogoti tubuhnya hampir sebulan lebih.


Pendaftaran Ketum PSSI Dibuka

Pendaftaran Ketum PSSI Dibuka

Komite Pemilihan Kongres PSSI telah membuka pendaftaran ketum dan waketum PSSI Periode 2019-2023, Kamis (12/9) kemarin.


Rekor Baru, The Citizen Klub 1 Miliar Euro

Rekor Baru, The Citizen Klub 1 Miliar Euro

Manchester City menjadi tim pertama dalam sejarah sepak bola yang menghabiskan lebih dari 1 miliar Euro (Rp15,7 triliun) untuk menyusun skuad mereka.


Sempat Cedera Parah, Kingsley Coman Mulai Move On

Sempat Cedera Parah, Kingsley Coman Mulai Move On

Wide attacker Prancis Kingsley Coman menunjukkan kalau dirinya pantas menjadi asa Prancis di turnamen mayor.


Juara di Jogyakarta, Trofeo HB X Hanya Pemanasan

Juara di Jogyakarta, Trofeo HB X Hanya Pemanasan

Timnas Indonesia U-23 merebut piala Trofeo HB X atau Hamengku Buwono X Cup 2019, setelah menumbangkan PSIM dan Bali United di Stadion Mandala Krida, Jogjakarta,


Wow... 10 Tahun CR7 Dikontrak Rp2,52 Triliun

Wow... 10 Tahun CR7 Dikontrak Rp2,52 Triliun

Rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengenai siapa yang lebih baik memang masih jadi misteri.


Spanyol dan Italia Jaga Rekor Sempurna

Spanyol dan Italia Jaga Rekor Sempurna

Sempurna. Titel itu yang kini disematkan tim Italia dan Spanyol di ajang kualifikasi Euro 2020 ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!