Sepakbola
Share this on:

Liverpool vs Arsenal, Pertemuan Dua Trisula

  • Liverpool vs Arsenal, Pertemuan Dua Trisula
  • Liverpool vs Arsenal, Pertemuan Dua Trisula

ANFIELD - Unai Emery masih diatas angin. Pelatih Arsenal telah membuat awal Agustus menjadi menyenangkan. Anak asuhnya telah membungkus dua kemenangan Liga Premier, menang atas Newcastle (0-1) dan mengubur impian skuad Sean Dyhce, Burnley (2-1).

Kali ini, ambisi Pria Spanyol itu membawa The Gunners untuk menantang sang pemuncak klasemen, Liverpool dalam laga tandang di Anfield, Sabtu (24/8). Laga versus Liverpool menjadi ajang pembuktian para rekrutmen anyar Arsenal seperti David Luiz, Kieran Tierney, Dani Ceballos, dan Nicolas Pepe.

Sebelumnya, Unai Emery belum menghadapi tes yang tepat dalam dua laga terakhir. Meriam London itu terbilang hanya melawan tim sekelas medioker.

Laga di Anfield menjadi barometer gelontoran ratusan juta Pound di mata para investor Ettihad Stadium. Termasuk, mengukuhkan tim mana yang memenangi laga sebagai pemimpin klasemen sementara Premier League.

Data terakhir, Arsenal menderita tiga kekalahan di Anfield. Dari laga itu, Arsenal kebobolan 12 gol. Tak pelak, ini menjadi kesempatan bagi tim London Utara bisa mencetak gol sebanyak mungkin. Bek Arsenal David Luiz tentu akan dipaksa memainkan ritme ketat untuk menjaga pertahanan The Gunners.

Liverpool dan Arsenal sama-sama menang di dua pekan pembuka. Liverpool mengalahkan Norwich 4-1 (kandang) dan Southampton 2-1 (tandang). Para pemain bintang sebut saja Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane, Divock Origi, dan Virgil van Dijk telah menyumbang satu gol dari dua laga tersebut. Sementara Arsenal, nama Pierre-Emerick Aubameyang lebih mencuat dengan raihan dua gol, disusul satu gol Alexandre Lacazette ke gawang Burnley.

Secara statistik, Liverpool vs Arsenal telah bertemu sebanyak 192 pertandingan di semua kompetisi. Hasilnya, Liverpool meraih 71 kemenangan, sementara Arsenal hanya bisa meraih 68 kemenangan, 53 pertandingan sisanya berakhir imbang.

Di lini depan, Pelatih Jurgen Klopp masih mempercayakan trio penyerangnya, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah untuk membuat serangan The Reds lebih mematikan.

Aksi satu dua trisula itu kerap membuat lawan jadi kecolingan. Ketiganya lebih banyak mengeksplorasi itensitas serangan ke lini pertahanan. Seperti salin terkoneksi, yang membuat lawan lupa untuk melakukan serangan balik.

"Arsenal juga berbahaya bagi kami dan semua klub," ujar Klopp dikutip laman resmi Liverpool.

Kendati demikian, Arsenal dalam dua laga terakhir, pertahanan mereka tak mudah digoyang. Sejak laga pembuka, Unai Emery beberapa kalo mengandalkan pola formasi tiga bek seperti 3-4-3 atau 3-5-3. Dalam formasi serang, Emery banyak mengandalkan Trio maut Aubameyang, Lacazette dan Pepe dengan pola serangan 4-3-3.

Pepe bisa menjadi inti serangan The Gunners. Seperti saar melawan Burnley, ia lebih banyak mengarahkan bola ke lini tengah yang kemudian dimanfaatkan Lacazette dan Aubameyang menjadi gol.

Di sektor tengah, Dani Ceballos, Matteo Guendouzi, dan Granit Xhaka diprediksi akan diturunkan di menit awal. Arsenal kerap memainkan dua gelandang bertahan seperti Guendouzi dan Xhaka. Sementara, Ceballos punga misi membantu trisula London Utara membongkar pertahanan Liverpool.

Ceballos punya rekam bagus dalam mengacak pertahanan lawan. Mantan pemain Real Madrid itu juga bisa meredam para gelandang The Reds yang lebih unggul dalam kecepatan, kontrol bola dan stamina. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Timnas Mulai Fokus Redam Malaysia
Timnas Mulai Fokus Redam Malaysia

Berita Sejenis

Ajax vs Chelsea, Misi Berat di Amsterdam

Ajax vs Chelsea, Misi Berat di Amsterdam

Chelsea membawa misi berat dalam laga kontra Ajax, dini hari nanti. Hingga kini, Chelsea baru mengemas satu kemenangan dari dua laga Grup H.


Awas, Senin Keramat Arsenal!

Awas, Senin Keramat Arsenal!

Arsenal akan melawat ke markas tim promosi, Sheffield United di pekan kesembilan Premier League.


Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Ketemu Pogba, Zidane Mulai Curi Start

Bursa transfer musim dingin masih dua bulan lagi. Namun, upaya para manajer yang getol mencari pemain bintang sudah mulai dilakukan jauh-jauh hari.


Eibar vs Barcelona, Saatnya Tempel Madrid

Eibar vs Barcelona, Saatnya Tempel Madrid

Melawan Eibar sebenarnya membuka peluang Barca menggeser rival pahitnya, Real Madrid. Jarak keduanya hanya dua poin.


Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Skuat Muda Inggris Jadi Korban Rasis Lagi

Kualifikasi Euro 2020 kembali dicederai oleh aksi rasis. Dua orang menjadi korban dan dua kali laga dihentikan dalam laga Inggris kontra Bulgaria di Stadion Vas


Rekor Fantastis Bek Berusia di Atas Kepala Tiga

Rekor Fantastis Bek Berusia di Atas Kepala Tiga

Dua defender andalan Italia dan Spanyol Leonardo Bonucci dan Sergio Ramos resmi melampaui catatan pendahulunya.


Di Islandia, Timnas Perancis Hadapi Dua Lawan Sekaligus

Di Islandia, Timnas Perancis Hadapi Dua Lawan Sekaligus

Suhu Stadion Laugardalsvollur berada di angka 4 derajat Celcius, Oktober 2014 silam. Itu pula yang akan dihadapi Perancis saat melawan Islandia, Sabtu (12/10) d


Tinggal Dua Laga Kandang, Aji Mundur dari PSIM Jogyakarta

Tinggal Dua Laga Kandang, Aji Mundur dari PSIM Jogyakarta

Pelatih PSIM Jogyakarta Aji Santoso mundur dari jabatannya di Laskar Mataram (julukan PSIM).


Matip Pemain Terbaik Liga Inggris

Matip Pemain Terbaik Liga Inggris

Bek Liverpool Joel Matip, memenangkan penghargaan PFA Player of the Month.


Real Madrid Inginkan Dua Gelandang lagi

Real Madrid Inginkan Dua Gelandang lagi

Kendati meraih catatan apik di La Liga dan Liga Champions, Real Madrid masih menyimpan catatan minor di lini tengah.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!