Sepakbola
Share this on:

Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi

  • Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi
  • Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi

BOGOR - Tira Persikabo kembali ke jalur kemenangan setelah, Kamis (15/8) lalu, tim berjuluk Laskar Padjajaran itu menelan kekalahan pertama kalinya di Liga 1 Indonesia 2019. Mereka dikalahkan Bali United dengan skor tipis 1-2.

Ya, dalam laga pekan ke-15 Liga 1 Indonesia 2019 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (19/8) kemarin, tim kebanggaan masyarakat Bogor itu berhasil membungkam PSS Sleman dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Tira Persikabo dicetak oleh Ciro Henrique Alves (3' Penalti), Khurshed Beknazarov (11') dan Osas Saha (59'). Adapun satu-satunya gol tim tamu dicetak Kushedya Hari Yudo pada menit ke-23'.

Tampil penuh percaya diri dihadapan pendukungnya sendiri, Tira-Kabo tampil menekan sejak peluit babak pertama kali dibunyikan wasit. Alhasil, laga baru berjalan dua menit Tira-Kabo mendapat hadiah penalti usai pemain belakang PSS, Junius Bate melakukan pelanggaran didalam kotak terlarang.

Ciro Alves yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti itu tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Dengan tenang ia mampu menclposkan si kulit bundar ke dalam gawang PSS yang dikawal Ega Rizky pada menit ke-3.

Tertinggal satu gol membuat PSS semakin gencar melancarakan seranga ke pertahanan Tira-Kabo. Bahkan, ia nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-8 ketika sepakan Ricky Kambuaya masih melenceng tipis dari gawang Tira-Kabo.

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, PSS Sleman justru kembali kecolongan gol untuk kedua kalinya pada menit ke-11. Kali ini gol tersebut dicetak oleh Khusred Beknazarov. Berawal dari tendangan sudut Wawan Febrianto berhasil disambar pemain asing asal Tajikistan itu dengan tandukkannya. Bola yang mengarah ke sisi kanan gawang tak mampu dihalau oleh Ega Rizky.

PSS Sleman berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-23 setelah Kushedya Hari Yudo mencetak gol untuk tim berjuluk Elang Jawa tersebut dengan sepakan kaki kirinya. Skor 2-1 untuk kemenanga tuan rumah bertahan hingga babak pertama berkahir.

Memasuki babak kedua, tempo permainan meningkat. PS Tira-Persikabo mengambil insiatif serangan lebih dulu. Hasilnya, Tira-Kabo berhasil memperbesar kedudukannya menjadi 3-1 lewat gol Osas Saha.

Lagi-lagi diawali umpan bola mati dari Wawan Febrianto, eks pemain Persija Jakarta itu sukses menanduk bola masuk ke gawang PSS.Disisa laga kedua kesebesalan silih berganti melancarkan serangan.

Meski PSS lebih dominan dalam melancarkan serangan, namun kokohnya pertahanan Tira-Kabo menyulitkan mereka untuk mengejar ketertinggalan. Hingga akhirnya laga berkahir dan skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan.

Meski meraih tiga poin, tidak sepenuhnya membuat pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan puas. Baginya penampilan anak asuhnya mengalami penurunan. "Permainan pemain dalam laga ini, tidak terlalu istimewa. Tidak seperti sebelumnya. Dan ini mungkin akan menjadi evaluasi kami nantinya," ungkap pelatih yang akrab disapa RD itu usai pertandingan.

Akan tetapi, RD mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya di babak kedua. Ia tetap mensyukuri raihan tiga poin dalam laga tersebut. "Di babak kedua kami coba perbaiki diri, main lebih ke tim, dan beberapa momen kita cukup baik. Akhirnya alhamdulillah kami bisa selesaikan sampai menit terakhir dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro menganggap, tiga gol Tira-Kabo yang tercipta berkat tendangan bola mati. Ia mengaku, hal itu bakal menjadi pelajaran timnya untuk pertandingan selanjutnya. "Tiga gol dari Tira adalah hasil set piece, dan menjadi pelajaran untuk kami ke depannya. Sangat diperlukan konsentrasi yang tinggi selama permainan," terangnya.

Untuk diketahui, dengan kemenangan ini, membuat Tira Perisikabo kembali merebut posisi puncak klasemen Liga 1 2019 dari tangan Bali United. Mereka berhasil mengumpulkan 32 poin dari 15 laga. Namun, posisi yang dipegang Tira-Kabo ini belum nyaman mengingat Bali United yang kini menemapti posisi kedua hanya berseleih satu poin. Apalagi, Bali United juga baru menjalani 13 laga.

Dan hari ini, Selasa (20/8) ia baru akan menjalani laga ke-14 menghadapi tuan rumah Madura United. Sedangkan bagi PSS, kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi keenam dengan 21 angka dari 15 laga. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Pesona Alves Belum Pudar
Pesona Alves Belum Pudar

Berita Berikutnya

Sterling Hanya Butuh De Bruyne
Sterling Hanya Butuh De Bruyne

Berita Sejenis

Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi

Hadapoi Bulgaria, Inggris Jangan Terpeleset Lagi

Pelatih Inggris Gareth Southgate mulai mempertimbangkan perubahan di lini bertahan skuat Three Lions.


Republik Ceko vs Inggris, Ajang Unjuk Gigi Skuat Muda

Republik Ceko vs Inggris, Ajang Unjuk Gigi Skuat Muda

Baru setengah perjalanan, Inggris punya kans besar untuk lolos dari kualifikasi Euro 2020.


Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Timnas Indonesia bakal menjalani laga ketiga putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G menghadapi tuan rumah Uni Emirate Arab (UEA).


Tinggal Dua Laga Kandang, Aji Mundur dari PSIM Jogyakarta

Tinggal Dua Laga Kandang, Aji Mundur dari PSIM Jogyakarta

Pelatih PSIM Jogyakarta Aji Santoso mundur dari jabatannya di Laskar Mataram (julukan PSIM).


Untuk Lolos Langsung, Belanda Harus Menang

Untuk Lolos Langsung, Belanda Harus Menang

Belanda wajib mengalahkan Irlandia di Stadion Feijenoord, dini hari nanti. Imbang apalagi kalah, bisa merusak mimpi Tim Oranye lolos langsung ke putaran final P


Siapa Lagi yang Menyusul Dipecat?

Siapa Lagi yang Menyusul Dipecat?

Awal musim 2019/2020 menjadi mimpi buruk sejumlah pelatih di liga elite Eropa.


Zidane Mulai Percayai Valverde

Zidane Mulai Percayai Valverde

Kegagalan Real Madrid merekrut Paul Pogba musim panas lalu tidak disesali lagi oleh Zinedine Zidane.


Muncul #OleOut, Solksjaer Semakin Terpojok

Muncul #OleOut, Solksjaer Semakin Terpojok

Manchester United lagi-lagi takluk di markas Newcastle United pada pekan kedelapan Premier League.


Dikartu dan Rugikan Tim, Pemain Bayar Sendiri

Dikartu dan Rugikan Tim, Pemain Bayar Sendiri

Pemain PSM tercatat sudah mengoleksi 45 kartu kuning dan empat kartu merah dari 19 laga.


Dembele Terancam Absen di El Clasico

Dembele Terancam Absen di El Clasico

Barcelona menunjukkan kelas mereka yang sesungguhnya dengan menggasak Sevilla empat gol tanpa balas untuk naik ke posisi kedua klasemen sementara La Liga.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!