Sepakbola
Share this on:

Menang Dramatis, PS Tira dan Perseru Lolos Degradasi

  • Menang Dramatis, PS Tira dan Perseru Lolos Degradasi
  • Menang Dramatis, PS Tira dan Perseru Lolos Degradasi

SAMARINDA - Tekanan berat benar-benar dirasakan penggawa PS Tira dan Perseru Serui pada matchday pemungkas Liga 1, kemarin. Saat butuh kemenangan untuk lolos dari jerat degradasi, kedua tim ini malah harus berlaga di kandang lawan. Sudah begitu, lawan yang dihadapi juga cukup berat.

PS Tira bentrok kontra Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda. Sementara di stadion Mandala, Jayapura, Perseru meladeni Persipura Jayapura. Bukan hal mudah untuk meraih poin penuh di dua stadion itu.

Tapi, kerja keras tanpa lelah membuat PS Tira dan Perseru mampu membalikan prediksi. Secara mengejutkan, kedua tim itu mampu keluar sebagai pemenang untuk memastikan diri bertahan di Liga 1 musim depan.

PS Tira menggunduli Borneo FC dengan skor 3-1. Sementara Perseru malah mampu menang meyakinkan 2-0 atas saudara tuanya, Persipura. Kemenangan ini membuat PS Tira duduk di posisi ke-15 dengan 42 poin. sementara Perseru satu strip di atasnya dengan poin yang sama, hanya kalah head to head.

Bagi PS Tira, kemenangan ini sungguh spesial. Sebab, saat sudah unggul dua gol melalui brace Aleksandar Rakic (9’, 36’), Borneo FC sempat menipiskan ketinggalan lewat sepakan Renan da Silva di menit 40’.

Beban berat kembali muncul. Satu gol lagi dari Borneo FC bukan hanya menyamakan kedudukan, tapi juga mengantar PS Tira ke Liga 2. “Tapi anak-anak tampil luar biasa. Mereka mampu keluar dari tekanan berat,” kata pelatih PS Tira Nil Maizar. Alhasil PS Tira malah mampu menambah satu gol lagi melalui Ahmad Nufiandini di menit 70’. Gol itulah yang membuat pemain PS Tira kembali tenang.

“Anak-anak menganggap laga ini adalah yang terakhir kali dimainkan dalam hidup mereka. Kami tampil fight. Kemenangan ini untuk manajemen dan supporter yang selalu mendukung,” kata striker PS Tira Aleksandar Rakic.

Bagi Rakic, brace yang dicetak sekaligus mengantarkan dia meraih gelar top scorer musim ini dengan 21 gol. Dia unggul satu gol dari striker Persebaya Surabaya David da Silva. “Tapi bagi saya yang paling penting adalah PS Tira bertahan di Liga 1,” tegasnya.

Sementara Borneo FC cukup menyesali kekalahan tersebut. Sebab pelatih Borneo FC Dejan Antonic berharap mampu mempersembahkan kemenangan di laga kandang pemungkas musim ini. “Tapi tekat PS Tira untuk menang lebih besar dari kami. Lagipula ada beberapa pemain kami yang bermain kurang oke, mereka bermain dengan pikiran seolah kompetisi sudah selesai,” kata pelatih asal Serbia itu.

Kondisi serupa juga terjadi di Jayapura. Bedanya, Persipura yang dikandaskan Perseru Serui menilai wasit Rully Ruslin sebagai biang kekalahan. “Setiap kami pegang bola, selalu ada freekick (bagi Perseru). Setiap tim kami mau menyerang, selalu ada peluit,” sembur pelatih Persipura Oswaldo Lessa.

Asisten Manajer Persipura Bento Madubun bahkan tak segan menuding adanya pengaturan skor dalam laga pemungkas timnya. “Saat klub atau pemain terbukti melakukan pengaturan skor, hukumannya mengerikan. Tapi dengan fakta di lapangan, melihat kinerja wasit, masa PSSI diam saja,” kata Bento. Dia pun berharap Komisi Wasit mempelajari kepemimpinan asit asal malang dlam laga itu.

Pelatih Perseru Wanderley Junior jelas tak terima dengan tudingan itu. Dia menilai timnya menang karena memang tampil lebih baik. “Saya rasa wasit tak ada malasah, dia (wasit) cukup fair. Tidak ada match fixing, kami memang sudah bekerja keras untuk menang hari ini (kemarin),” tegas pengganti I Putu Gede itu.

Tapi, dia tak menampik penampilan Persipura cukup merepotkan. Mutiara Hitam dinilai terus menekan untuk mencari gol penyeimbang setelah Perseru unggul lewat Habel Boaz (11’) dan Silvio Escobar (66’). “Persipura tampil bagus, tapi Tuhan membela kami hari ini (kemarin) dan akhirnya menang,” tegas Wanderley.

Gelandang Perseru Arthur Bonai berharap usai laga tak ada bara perselisihan antara kedua tim. “Kami punya hasil baik, keluar dari zona degradasi dengan sportifitas yang tinggi. Saya ucapkan terimakasih buat semuanya,” pinta Arthur. (gus/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Atalanta Lebih Difavoritkan Lolos ke Final Coppa Italia

Atalanta Lebih Difavoritkan Lolos ke Final Coppa Italia

Atalanta siap menjamu Fiorentina di Stadion Atleti Azzuri d'Italia saat leg kedua semifinal coppa Italia, Jumat (26/4) dini hari WIB.


Sama-sama Butuh Kemenangan, Derby Manchester Diprediksi Ketat dan Panas

Sama-sama Butuh Kemenangan, Derby Manchester Diprediksi Ketat dan Panas

Manchester United saat ini cukup menderita, setelah menelan enam kekalahan beruntun dari delapan laga terakhir mereka.


Sarat Gengsi, AC Milan Lebih Difavoritkan ke Final

Sarat Gengsi, AC Milan Lebih Difavoritkan ke Final

AC Milan dan Lazio akan saling berhadapan di San Siro pada leg kedua babak semifinal Coppa Italia 2018/19, Kamis (25/4).


Juve Dominasi Serie A,di Ligue 1 Ada PSG

Juve Dominasi Serie A,di Ligue 1 Ada PSG

Kylian Mbappe sukses jadi pahlawan timnya, setelah membawa Paris Saint Germain (PSG) menang 3-1 atas AS Monaco, kemarin.


Jamu Ceres Negros, Persija Jakarta Wajib Menang

Jamu Ceres Negros, Persija Jakarta Wajib Menang

Persija Jakarta akan menjalani laga lanjutan babak penysihan Grup G Piala AFC menghadapi Ceres Negros di SUGBK Jakarta, Selasa (23/4) sore.


Performanya Dianggap Menurun, Bale Disiuli Madridista Lagi

Performanya Dianggap Menurun, Bale Disiuli Madridista Lagi

Gareth Bale kembali panen cemoohan saat raksasa Spanyol itu menang 3-0 di Estadio Bernabeu atas tamu mereka Athletic Bilbao, Minggu (21/4) malam WIB.


Geser Liverpool, Man City ke Puncak Lagi

Geser Liverpool, Man City ke Puncak Lagi

Persaingan siapa yang menjadi kampiun Liga Premiere 2018/2019 semakin memanas. Liverpool dan Manchester City sama-sama punya kans juara.


Kans Juventus Segel Scudetto ke-8 Beruntun

Kans Juventus Segel Scudetto ke-8 Beruntun

Pekan lalu menjadi mimpi buruk bagi Juventus, saat mereka dipaksa menyerah 1-2 oleh SPAL dan menunda pesta scudetto.


Jamu Tottenham Lagi, Man City Harus Menang

Jamu Tottenham Lagi, Man City Harus Menang

Manchester City baru saja disingkirkan Tottenham Hotspur di perempat final Liga Champions di depan pendukungnya.


Chelsea Tetap Waspadai Slavia Praha

Chelsea Tetap Waspadai Slavia Praha

Chelsea punya beban relative lebih ringan dibandingkan Slavia Praha untuk lolos ke babak semifinal Europa League.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!