Sepakbola
Share this on:

Menanti Magis Ronaldo di Johan Cruyff Arena

  • Menanti Magis Ronaldo di Johan Cruyff Arena
  • Menanti Magis Ronaldo di Johan Cruyff Arena

AMSTERDAM - Ajax Amsterdamakan menjamu Juventus di Johan Cruyff Arena pada leg pertama babak perempat final Liga Champions, Kamis (11/4) dinihari WIB. Uniknya, dua tim ini adalah yang menyingkirkan tim elite kota Madrid di babak sebelumnya, yaitu Real Madrid dan Atletico Madrid.

Ajax mencapai perempat final pertamanya sejak 2002/03 setelah menenggelamkan juara bertahan Real Madrid. Ajax menyingkirkanLos Blancos dengan agregat 5-3. Kalah 1-2 di Amsterdam pada leg pertama, Ajax lolos setelah secara spektakuler menang 4-1 lewat gol-gol Hakim Ziyech, David Neres,DusanTadicdan Lasse Schone di Santiago Bernabeu pada leg kedua.

Sedangkan Juventus menjungkalkan Atletico Madrid dengan agregat 3-2. Juventus kalah 0-2 di Madrid pada leg pertama, tapi mampu membalasnya dengan kemenangan 3-0 melaluihat-trickCristiano Ronaldodi Turin pada leg kedua.

Laga ini sendiri diperkirakan bakal jadi arena comeback-nya Cristiano Ronaldo, setelah melakukan serangkaian perawatan medis karena cedera paha yang ia alami. Bagi tuan rumah, leg pertama babak perempat final Liga Champions ini, adalah yang pertama kali dalam 16 tahun terakhir, sementara bagi Juve, tahapan ini adalah yang ketiga secara berturut-turut, sejak 2017.

Ajax juga sedang dalam kondisi terbaiknya, karena untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, skuad asuhan Erik ten Hag itu, mampu berada di puncak Eredivisie, yang biasa dihuni seteru abadinya, PSV Eindhoven. Itu artinya, mampu mengalahkan juara bertahan Real Madrid 3-5 secara agregat, bukanlah sebuah keberuntungan belaka, tim raksasa asal Belanda itu, melainkan, ada potensi besar yang dimiliki klub asal Amsterdam tersebut.

Sebab itulah, mengapa Ajax akan menjadi batu sandungan terbesar Juventus, jika ingin mengangkat kembali, trofi Liga Champions yang sudah sejak lama mereka dambakan. "Kami dalam kondisi baik. Dan semua pemain siap untuk menjalani laga yang cukup berat ini. Saya kira, mereka (Juventus) masih memiliki kelemahan yang bisa kita manfaatkan," kata pelatih Ajax Erik ten Hag di UEFA.Com.

Adalah trisula mematikan De Amsterdamers, David Neres, Dusan Tadic dan Hakim Ziyech, yang telah mencetak 60 gol di semua kompetisi, yang akan menghadirkan mimpi buruk, bagi lini pertahanan tim pendatang. Ketiga pemain ini diketahui saling mengisi kekurangan yang dimiliki satu sama lain.

Tadic yang diberkati dengan intelegensi tinggi, dan kemampuan membaca situasi, keuletan dan skill tinggi milik Neres, serta kemampuan eksekusi tajam milik Ziyech, adalah ancaman serius bagi Ronaldo dkk.

Untuk Ronaldo, pemain berjuluk CR7 itu belum sekali pun bermain untuk Juventus sejak duel kontra Atletico akibat cedera yang didapatnya saat membela Portugal di jeda internasional. Namun pelatih Juventus Massimiliano Allegri telah menegaskan bahwa Ronaldo akan fit untuk melawan Ajax.

Ini mungkin bukan kabar yang menyenangkan buat Ajax. Pasalnya, Ronaldo telah mencetak tujuh gol dalam lima penampilan melawan mereka. Dengan Ronaldo, Juventus selalu punya peluang menang. Namun Juventus tak bisa meremehkan Ajax. Mereka harus ingat bahwa Ajax telah menyingkirkan Madrid di babak sebelumnya.

Barisan pertahanan Juventus perlu mewaspadai penyerang-penyerang Ajax. Neres mencetak enam gol dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Ajax. Sementara itu, Tadic mencetak 17 gol dalam 21 penampilan terakhirnya di semua ajang. (ruf/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Hazard Memang Laur Biasa
Hazard Memang Laur Biasa

Berita Sejenis

Menanti Laga Panas Senegal Vs Aljazair

Menanti Laga Panas Senegal Vs Aljazair

Persaingan dari Premier League itu benar-benar terbang 3.000 kilometer menuju ke Kairo.


Serie A Jadi Primadona

Serie A Jadi Primadona

Tampaknya penjualan Cristiano Ronaldo ke Juventus musim lalu, membuka tahap baru bagi manajemen Real Madrid.


Tango Janji Tampil Lebih Baik di Fase Gugur

Tango Janji Tampil Lebih Baik di Fase Gugur

Argentina lolos ke babak perempat final setelah menang 2-0 atas Qatar di Arena do Gremio, Senin (24/6) kemarin.


Menanti Ledakan Generasi Emas Kedua Pantai Gading

Menanti Ledakan Generasi Emas Kedua Pantai Gading

Sebenarnya, generasi emas Pantai Gading terbentang antara 2006-2014 saat mereka tampil dalam tiga Piala Dunia beruntun.


Posisi False 9 untuk CR7

Posisi False 9 untuk CR7

Hajat pelatih anyar Juventus Maurizio Sarri membawa nama Cristiano Ronaldo mendapatkan tempat di sepakbola Eropa mulai digagas.


Brasil Tak Mau Anggap Enteng Peru

Brasil Tak Mau Anggap Enteng Peru

Bentrok Brasil melawan Peru di Arena Corinthians Sao Paulo di babak penyisihan grup Copa America, Minggu (23/6), diprediksi bakal sengit.


Kans Amankan Tiket ke Delapan Besar

Kans Amankan Tiket ke Delapan Besar

Cile akan mempertaruhkan gengsi sebagai juara bertahan Copa America di Arena Fonte Nova Salvador, Sabtu (22/6) besok.


Senyumi Rayuan dari CR7

Senyumi Rayuan dari CR7

Ternyata Cristiano Ronaldo memegang peran ganda di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6) dinihari WIB, lalu.


Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Tetap waspadai Estonia, Meski Bukan Lawan Sepadan

Timnas Jerman akan meladeni Estonia di Opel Arena, Mainz, dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup C, Rabu (12/6).


Belum Layak Dihargai Rp1,8 Triliun

Belum Layak Dihargai Rp1,8 Triliun

Bukanhanya Cristiano Ronaldo yang ditunggu penampilannya pada semifinal Nations League antara Portugal dan Swiss kemarin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!