Sepakbola
Share this on:

Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion

  • Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion
  • Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion

YANGON - Biasanya pertandingan Indonesia di Piala AFF U-18 2017 nyaris tanpa dukungan. Sebab, memang tidak banyak warga Indonesia di Yangon, Myanmar. Tapi, kemarin sore berbeda. Suasana di tribun VIP Stadion Thuwunna, Yangon, lebih seru ketimbang biasanya.

Ada sekitar 20 suporter Indonesia yang datang memberikan dukungan. Semakin seru lagi lantaran mereka sempat mengibarkan berbeda Merah-Putih berukuran besar (10x6 meter). Bendera itu dibawa oleh Harie Pandiono (54) dan Budi Semar (45), suporter Indonesia asal Malang.

Mereka datang dari Indonesia dan baru tiba di Yangon kemarin pagi. Sayangnya, keputusan membentangkan bendera itu sempat dilarang oleh panitia pelaksana pertandingan (panpel). Padahal, biasanya ketika mereka menonton di stadion-stadion di Thailand dan Filipina tidak pernah bermasalah.

?Kami sudah datang jauh dari Indonesia, sayang kalau sampai tidak berkibar. Tidak sampai lima menit kok. Cuma waktu Indonesia Raya berkumandang saja,? ujar Budi kepada Jawa Pos (induk radartegal.com).

Dengan bantuan dari Budimansyah selaku perwakilan dari KBRI Myanmar, Harie dan Budi berusaha untuk melobi panpel. Tapi, keterbatasan pemahaman bahasa membuat panpel masih belum mengizinkan. Namun, setelah lobi-lobi, dibolehkan berkibar selama lima menit di tribun VIP.

Menurut Media Officer Myanmar Football Federation (MFF) Bo Bo Min, peraturan yang dimiliki MFF tidak membolehkan bendera sebesar itu menutupi tribun VIP. ?Ini bukan tribun suporter. Kami mengizinkan tetap membentangkan bendera di tribun ekonomi. Tapi, karena mereka bilang cuma lima menit, tidak apa-apa lah. Lagi pula hanya saat lagu kebangsaan berkumandang,? ucap Bo Bo Min.

Akhirnya, ketika pertandingan berlangsung, para suporter itu memindahkan bendera ke tribun ekonomi sebelah barat. Letaknya hanya di sebelah tribun VIP. Sayang, usaha ini tidak diiringi dengan keberhasilan skuad Garuda Nusantara meraih tiga poin karena kalah 0-3 dari Vietnam.

?Memang hasil ini kurang memuaskan. Tetapi, menjadi sebuah kebanggaan bagi kami berhasil membentangkan bendera tersebut saat menyanyikan Indonesia Raya. Semoga timnas bisa ke semifinal lalu menjadi juara,? kata Harie yang rencananya pulang ke tanah air pagi ini, karena alasan pekerjaan. (ham/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sanchez Terima Kartu Merah Tercepat Kedua di Sejarah Piala Dunia

Sanchez Terima Kartu Merah Tercepat Kedua di Sejarah Piala Dunia

Gelandang Kolombia yang bermain di klub Espanyol, Carlos Sanchez menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di Piala Dunia 2018.


Salah Dikuatirkan Belum Pulih saat Lawan Uruguay

Salah Dikuatirkan Belum Pulih saat Lawan Uruguay

Setelah Swiss menjejakkan kakinya di Negeri Beruang Merah, Senin (11/6) malam, total sudah 22 negara kontestan Piala Dunia 2018 telah berada di Rusia.


Bajul Ijo Was-was Tunggu Da Silva

Bajul Ijo Was-was Tunggu Da Silva

Lini depan Persebaya Surabaya terancam pincang kala menantang PSM Makassar di stadion Andi Mattalatta, Makassar, besok.


Singo Edan Jauhi Zona Degradasi

Singo Edan Jauhi Zona Degradasi

Setelah menjadi penunggu setia zona degradasi, lewat kemenangan tipis 1-0 atas Perseru Serui tadi malam di Stadion gajayana, Malang.


Takut Di-WO, Persebaya Tetap Berangkat

Takut Di-WO, Persebaya Tetap Berangkat

Meski hingga pukul 20.00 WIB atau 30 menit sebelum kickoff, belum ada kepastian soal pertandingan di Stadion Sultan Agung


Kalahkan Madura United, PSM Rangsek Papan Atas

Kalahkan Madura United, PSM Rangsek Papan Atas

PSM Makassar mampu menumbangkan Madura United di Stadion Andi Matalanta Makassar.


Persebaya Terancam tanpa Da SIlva

Persebaya Terancam tanpa Da SIlva

Lini depan Persebaya Surabaya terancam kurang garang kala menjamu Persipura Jayapura di stadion Gelora Bung Tomo, besok.


Menang 3-1, PSIS Mentas dari Zona Merah

Menang 3-1, PSIS Mentas dari Zona Merah

PSIS Semarang mengakhiri periode negatifnya. Kemarin malam, tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu mengempaskan Persela Lamongan 3-1 di stadion Madya, Magelang.


Ancaman Penghuni Zona merah

Ancaman Penghuni Zona merah

Nasib scudetto bagi Juventus sekarang berada di tangan mereka sendiri.


Kondisi Andri Masih Tanda tanya

Kondisi Andri Masih Tanda tanya

Stok lini belakang Persebaya Surabaya terancam kian menipis kala menjamu Arema FC di stadion Gelora Bung Tomo (6/5).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!