Sepakbola
Share this on:

Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion

  • Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion
  • Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion

YANGON - Biasanya pertandingan Indonesia di Piala AFF U-18 2017 nyaris tanpa dukungan. Sebab, memang tidak banyak warga Indonesia di Yangon, Myanmar. Tapi, kemarin sore berbeda. Suasana di tribun VIP Stadion Thuwunna, Yangon, lebih seru ketimbang biasanya.

Ada sekitar 20 suporter Indonesia yang datang memberikan dukungan. Semakin seru lagi lantaran mereka sempat mengibarkan berbeda Merah-Putih berukuran besar (10x6 meter). Bendera itu dibawa oleh Harie Pandiono (54) dan Budi Semar (45), suporter Indonesia asal Malang.

Mereka datang dari Indonesia dan baru tiba di Yangon kemarin pagi. Sayangnya, keputusan membentangkan bendera itu sempat dilarang oleh panitia pelaksana pertandingan (panpel). Padahal, biasanya ketika mereka menonton di stadion-stadion di Thailand dan Filipina tidak pernah bermasalah.

?Kami sudah datang jauh dari Indonesia, sayang kalau sampai tidak berkibar. Tidak sampai lima menit kok. Cuma waktu Indonesia Raya berkumandang saja,? ujar Budi kepada Jawa Pos (induk radartegal.com).

Dengan bantuan dari Budimansyah selaku perwakilan dari KBRI Myanmar, Harie dan Budi berusaha untuk melobi panpel. Tapi, keterbatasan pemahaman bahasa membuat panpel masih belum mengizinkan. Namun, setelah lobi-lobi, dibolehkan berkibar selama lima menit di tribun VIP.

Menurut Media Officer Myanmar Football Federation (MFF) Bo Bo Min, peraturan yang dimiliki MFF tidak membolehkan bendera sebesar itu menutupi tribun VIP. ?Ini bukan tribun suporter. Kami mengizinkan tetap membentangkan bendera di tribun ekonomi. Tapi, karena mereka bilang cuma lima menit, tidak apa-apa lah. Lagi pula hanya saat lagu kebangsaan berkumandang,? ucap Bo Bo Min.

Akhirnya, ketika pertandingan berlangsung, para suporter itu memindahkan bendera ke tribun ekonomi sebelah barat. Letaknya hanya di sebelah tribun VIP. Sayang, usaha ini tidak diiringi dengan keberhasilan skuad Garuda Nusantara meraih tiga poin karena kalah 0-3 dari Vietnam.

?Memang hasil ini kurang memuaskan. Tetapi, menjadi sebuah kebanggaan bagi kami berhasil membentangkan bendera tersebut saat menyanyikan Indonesia Raya. Semoga timnas bisa ke semifinal lalu menjadi juara,? kata Harie yang rencananya pulang ke tanah air pagi ini, karena alasan pekerjaan. (ham/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dikalahkan Timnas U-16, Kubu Iran Salahkan Hujan

Dikalahkan Timnas U-16, Kubu Iran Salahkan Hujan

Hujan sempat mengguyur Stadion National Bukit Jalil, Kuala Lumpur, kemarin. Guyuran hujan pada babak pertama tersebut membasahi permukaan lapangan.


Restu untuk si Nomor Tujuh

Restu untuk si Nomor Tujuh

Kalau Cristiano Ronaldo mengalami keapesan dengan menerima kartu merah kemarin (20/9) maka hal sebaliknya yang terjadi dengan, Mariano Diaz.


Jebolan Spanyol Ikut Latihan Timnas U-19

Jebolan Spanyol Ikut Latihan Timnas U-19

Sempat ikut training camp bersama Timnas Indonesia U-19 pada awal Agustus di Jogjakarta lalu, Khairul Ahmad Zakiri memang tidak ikut latihan selama 2 hari terak


Noda di Musim Perdana

Noda di Musim Perdana

Karir Frank Lampard di Premier League termasuk 'bersih'. Dalam 609 penampilan di kompetisi level tertinggi Inggris itu, Lampard hanya kena kartu merah dua kali.


Menang dari Hasil Database Milla

Menang dari Hasil Database Milla

Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan pada laga persahabatan melawan Mauritius di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, kemarin malam.


Menyesal Kena Kartu Merah

Menyesal Kena Kartu Merah

Burnley sebetulnya punya peluang mengejar ketertinggalan dua gol saat menjamu Manchester United.


Pasrah jika Kena Denda

Pasrah jika Kena Denda

Carlos Suarez akhirnya bisa menerima keluhan Barcelona terkait kondisi lapangan di Stadion Nuevo Jose Zorrilla.


Kandaskan Vietnam, U-16 Belum Saatnya Berpesta

Kandaskan Vietnam, U-16 Belum Saatnya Berpesta

Luar biasa penampilan timnas U-16 Indonesia saat meladeni Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam.


Modal Ladeni Juara Bertahan

Modal Ladeni Juara Bertahan

Timnas U-16 meraih kemenangan kedua di ajang Piala AFF U-16. Setelah melibas Filipina 8-0 (29/7), skuad Merah Putih mengalahkan Myanmar 2-1.


Odemwingie Belum Pasti Kembali

Odemwingie Belum Pasti Kembali

Sempat santer kabar Peter Odemwingie kembali ke Madura United. Bahkan, diklaim bergabung latihan dengan Fachrudin Aryanto dkk pada 18 Juli.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!