Sepakbola
Share this on:

Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion

  • Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion
  • Merah Putih Sempat Dilarang Dikibarkan di Stadion

YANGON - Biasanya pertandingan Indonesia di Piala AFF U-18 2017 nyaris tanpa dukungan. Sebab, memang tidak banyak warga Indonesia di Yangon, Myanmar. Tapi, kemarin sore berbeda. Suasana di tribun VIP Stadion Thuwunna, Yangon, lebih seru ketimbang biasanya.

Ada sekitar 20 suporter Indonesia yang datang memberikan dukungan. Semakin seru lagi lantaran mereka sempat mengibarkan berbeda Merah-Putih berukuran besar (10x6 meter). Bendera itu dibawa oleh Harie Pandiono (54) dan Budi Semar (45), suporter Indonesia asal Malang.

Mereka datang dari Indonesia dan baru tiba di Yangon kemarin pagi. Sayangnya, keputusan membentangkan bendera itu sempat dilarang oleh panitia pelaksana pertandingan (panpel). Padahal, biasanya ketika mereka menonton di stadion-stadion di Thailand dan Filipina tidak pernah bermasalah.

?Kami sudah datang jauh dari Indonesia, sayang kalau sampai tidak berkibar. Tidak sampai lima menit kok. Cuma waktu Indonesia Raya berkumandang saja,? ujar Budi kepada Jawa Pos (induk radartegal.com).

Dengan bantuan dari Budimansyah selaku perwakilan dari KBRI Myanmar, Harie dan Budi berusaha untuk melobi panpel. Tapi, keterbatasan pemahaman bahasa membuat panpel masih belum mengizinkan. Namun, setelah lobi-lobi, dibolehkan berkibar selama lima menit di tribun VIP.

Menurut Media Officer Myanmar Football Federation (MFF) Bo Bo Min, peraturan yang dimiliki MFF tidak membolehkan bendera sebesar itu menutupi tribun VIP. ?Ini bukan tribun suporter. Kami mengizinkan tetap membentangkan bendera di tribun ekonomi. Tapi, karena mereka bilang cuma lima menit, tidak apa-apa lah. Lagi pula hanya saat lagu kebangsaan berkumandang,? ucap Bo Bo Min.

Akhirnya, ketika pertandingan berlangsung, para suporter itu memindahkan bendera ke tribun ekonomi sebelah barat. Letaknya hanya di sebelah tribun VIP. Sayang, usaha ini tidak diiringi dengan keberhasilan skuad Garuda Nusantara meraih tiga poin karena kalah 0-3 dari Vietnam.

?Memang hasil ini kurang memuaskan. Tetapi, menjadi sebuah kebanggaan bagi kami berhasil membentangkan bendera tersebut saat menyanyikan Indonesia Raya. Semoga timnas bisa ke semifinal lalu menjadi juara,? kata Harie yang rencananya pulang ke tanah air pagi ini, karena alasan pekerjaan. (ham/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kalahkan PSMS Medan 4-2, PS Tira Jaga Asa

Kalahkan PSMS Medan 4-2, PS Tira Jaga Asa

Wajah Peter Butler langsung memerah ketika ditanya komentar terkait kekalahan timnya, PSMS Medan melawan PS Tira tadi malam (5/12) di Stadion Pakansari, Bogor.


Juara Liga 2, Seto Sebut Kontribusi Danilo

Juara Liga 2, Seto Sebut Kontribusi Danilo

Wasit belum meniup peluit panjang. Namun, flare sudah menyala di hampir seluruh tribun Stadion Pakansari, Bogor, tadi malam.


Seri, PSM Makassar Tertinggal Satu Poin dari Persija Jakarta

Seri, PSM Makassar Tertinggal Satu Poin dari Persija Jakarta

Sekitar seribu suporter PSM Makassar turut mengawal laga tim kebanggaannya saat away menghadapi Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta tadi malam.


Persita vs Kalteng Putra Tepis Rumor Settingan

Persita vs Kalteng Putra Tepis Rumor Settingan

Rumor bahwa satu tiket promosi yang tersisa bakal menjadi milik Kalteng Putra sempat beredar.


Kalah Lagi, Peluang PS Tira di Liga1 Makin Sulit

Kalah Lagi, Peluang PS Tira di Liga1 Makin Sulit

Teriakan “PS Tira Degradasi” terdengar menjelang akhir pertandingan. Nyanyian itu dikumadangkan Aremania saat pertandingan di Stadion Sultan Agung, Bantul, kema


PSS Sleman Kembali ke Liga 1

PSS Sleman Kembali ke Liga 1

Teriakan “Kami Datang Liga 1” bergemuruh dalam Stadion Maguwoharjo, Sleman, menjelang akhir pertandingan.


FIFA Sudah Sempat Memaksa

FIFA Sudah Sempat Memaksa

Presiden FIFA Gianni Infantino termasuk satu di antara orang-orang penting yang duduk di tribun El Monumental sore itu.


Juku Eja Harus Menang Dua Laga Akhir

Juku Eja Harus Menang Dua Laga Akhir

Persaingan untuk menjadi raja Liga 1 2018 semakin ketat. Sempat digeser Persija Jakarta, kemarin PSM Makassar kembali ke puncak klasemen sementara dengan.


Tottenham Hotspur Optimis Sulitkan Chelsea

Tottenham Hotspur Optimis Sulitkan Chelsea

Tiga bulan kompetisi bergulir pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino semakin menghadapi sejumlah keruwetan. Stadion anyar belum juga rampung.


Indonesia Tersingkir dari Piala AFF

Indonesia Tersingkir dari Piala AFF

Masih ada satu pertandingan timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (25/11) melawan Filipina, tapi sudah tak lagi berguna.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!