Sepakbola
Share this on:

Messi Terancam Sanksi 2 Tahun

  • Messi Terancam Sanksi 2 Tahun
  • Messi Terancam Sanksi 2 Tahun

RIO DE JANEIRO - Federasi sepak bola Amerika Latin (CONMEBOL) mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi terhadap bintang sekaligus kapten timnas Argentina Lionel Messi. CONMEBOL dikabarkan akan menjatuhkan hukuman skorsing hingga dua tahun, menyusul tuduhannya terhadap federasi sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL.

Polemik Messi ini berawal dari keluhan bomber klub Barcelona itu usai Argentina disingkirkan Brasil di babak semifinal Copa America 2019 lalu. Messi mengelih tentang kepemimpinan wasit yang cenderung memihak tuan rumah. Saat itu, Messi memprotes wasit yang tidak memberikan dua hadiah penalti dalam laga yang sarat gengsi tersebut.

Kemarahan Messi semain memuncak saat dia dikartu merah di partai perebutan tempat ketiga kontra Cile akibat perseteruan dengan Gary Medel. Padahal, menurut Messi apa dia lakukan bersama Gary Medel tak selayaknya mendapat hukuman kartu merah.

Seusai laga, Messi menuding Copa America 2019 sudah diatur untuk tuan rumah Brasil. Bahkan, saking kesalnya dia menuding CONMEBOL sebagai lembaga yang korup.

Dilansir The Mirror, sanksi ini merujuk pada aturan yang dikeluarkan oleh CONMEBOL. Dalam aturan itu disebutkan, ada larangan dengan maksud apa pun untuk menghina CONMEBOL, baik secara institusi maupun per individu.

Melihat bobot pelanggaran yang dilakukan Messi, kemungkinan pemain berjuluk La Pulga itu bisa mendapat skorsing alias larangan memperkuat Argentina dalam waktu yang cukup lama, yakni mencapai dua tahun. Jika demikian, Messi bakal absen di pentas Copa America 2020 dan kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

Messi juga dianggap tidak menghormati turnamen Copa America 2019 karena menolak mengambil medali perunggu seusai pertandingan. Medali ini berhak dia dapat setelah Argentina mengalahkan Cile 2-1 di pertandingan perebutan tempat ketiga.

"Saya rasa mereka memberi saya kartu merah karena komentar saya sebelumnya tentang Copa America ini. Kartu kuning seharusnya cukup untuk kami berdua. Kami tak seharusnya terlibat dalam korupsi ini. Tak ada respek untuk kami selama Copa America. Kami seharusnya bisa lebih baik, tapi mereka tak membiarkan kami ke final," kata Messi waktu itu.

Tudingan Messi ini juga sempat memancing amarah kubu Brasil. Pelatih Brasil Tite mengatakan, Messi tidak memiliki rasa hormat kepada lawan. "Satu-satunya yang saya anggap sebagai seorang pemain yang luar biasa, seorang alien, yakni Messi. Namun, dia harus memiliki lebih banyak rasa hormat dan bisa menerima ketika dia dikalahkan," ujar Tite seperti dilansir dariGoal International.

Menurut Tite, pemain Brasil jauh lebih sportif dibandingkan Messi yang notabene pemain dengan nama besar. Hal ini ditunjukkan Brasil di beberapa pertandingan meski mereka juga dirugikan wasit. "Kami bermain sportif melawan Argentina sepanjang waktu. Dia (Messi) mendapatkan begitu besar tekanan karena reputasinya," tandas Tite.

"Mereka yang mempunyai mulut, berbicara apa yang mereka inginkan. Bukan giliran saya untuk berbicara. Ini merupakan persoalan yang sulit," komentar bintang timnas Brasil Casemiro tentang Lionel Messi seperti dilansir dari Omnisport.

Sementara itu, Dani Alves yang selama ini dikenal sebagai teman dekat Lionel Messi juga melontarkan kritiknya. Menurutnya, tudingan Messi adalah sebuah kesalahan besar yang terlalu mengada-ada. "Seorang teman tidak selalu benar hanya karena dia teman. Anda bisa mengatakan itu (keluhan Messi) pada momen panas, tapi saya tetap tidak akan setuju," kata Alves.

Menurut Alves, Messi tidak menghargai Brasil sebagai peserta, lawan di semifinal dan tuan rumah Copa America 2019. Selain itu, Messi juga dianggap tidak menghormati sejumlah profesional yang terlibat dalam turnamen besar tersebut.

"Saya adalah teman yang selalu berkata jujur ketika seharusnya, dan saya kira dia salah karena mengatakan hal-hal ini," tutup Alves.

Argentina sendiri dikabarkan sudah melayangkan protes resmi kepada CONMEBOL, terkait dugaan kecurangan itu. Tetapi protes Argentina itu dianggap tidak masuk akal, mengingat bukti-bukti kecurangan yang disertakan sangat lemah. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pesona Alves Belum Pudar

Pesona Alves Belum Pudar

Setelah menghabiskan 15 tahun di Eropa, Dani Alves akhinya kembali ke tanah kelahirannya, Brasil.


Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea

Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea

Manchester City akhirnya membayar denda 370 ribu franc Swiss sekitar Rp5,3 miliar, setelah FIFA memberi sanksi atas pelanggaran kontrak anak di bawah umur.


Barcelona Mulai Terbiasa Menang Tanpa Messi

Barcelona Mulai Terbiasa Menang Tanpa Messi

Meski tanpa Messi dan Rakitic, Barcelona mampu tampil impresif dalam ajang La Liga-Serie A Cup 2019 di Michigan Stadium.


Kesleo saat Latihan, Lionel Messi Gagal Perkuat Barca

Kesleo saat Latihan, Lionel Messi Gagal Perkuat Barca

Barcelona mendapat kabar buruk setelah Lionel Messi mengalami cedera betis, Senin (5/8).


Kalahkan Bayern Munchen, Spurs Juarai Audi Cup 2019

Kalahkan Bayern Munchen, Spurs Juarai Audi Cup 2019

Piala Audi tahun ini milik Tottenham Hotspur. Ini setelah di final mengalahkan tuan rumah Bayern Muenchen.


Transfer Nicolas Pepe Rp1,2 Triliun Dicicil Lima Tahun

Transfer Nicolas Pepe Rp1,2 Triliun Dicicil Lima Tahun

Dari video yang beredar, bomber Lille Nicolas Pepe sudah berada di markas Arsenal. Dia menjalani sesi pemotretan dengan mengenakan seragam Arsenal.


Penantian 29 Tahun Aljazair Terbayar Lunas

Penantian 29 Tahun Aljazair Terbayar Lunas

Riyad Mahrez dkk keluar sebagai juara Piala Afrika 2019 usai mengalahkan sang favorit, Senegal dengan skor tipis 1-0.


Mancini Lebih Pilih Roma daripada Atalanta

Mancini Lebih Pilih Roma daripada Atalanta

AS Roma telah resmi menggaet bek muda Gianluca Mancini. Pemain berusia 23 tahun tersebut digaet Roma dari Atalanta.


Peter Crouch Gantung Sepatu

Peter Crouch Gantung Sepatu

Mantan bomber Timnas Inggris Peter Crouch akhirnya memutuskan pensiun di usia 38 tahun, Jumat (12/7) kemarin.


Wasit Zambrano Bantah Tudingan Messi

Wasit Zambrano Bantah Tudingan Messi

Cukup lama berdiam diri, wasit Roddy Zambrano yang memimpin laga antara Brasil melawan Argentina akhirnya buka suara.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!