Sepakbola
Share this on:

Misi Berat FC Porto Tumbangkan Liverpool

  • Misi Berat FC Porto Tumbangkan Liverpool
  • Misi Berat FC Porto Tumbangkan Liverpool

PORTO - FC Porto memiliki rekor buruk saat berhadapan dengan Liverpool. Dari tujuh pertemuan, Porto belum sekalipun memetik kemenangan. Liverpool menang 4 kali, selebihnya berakhir imbang. Pertemuan terakhir keduanya terjadi di leg pertama babak perempat final Liga Champions pekan lalu. Melawat ke Anfield, kandang Liverpool, Porto babak belur setelah digunduli dengan skor 0-2.

Kalah agregat 0-2, menjadi beban luar biasa bagi Porto di leg kedua di Estadio do Dragao, Kamis (18/4) dinihari pukul 02.00 WIB. Meskipun sangat sulit, Porto tetap bertekad membalikkan keadaan. Mereka memiliki sejumlah pemain hebat yang bisa menghancurkan siapa saja. Namun kami akan menghadapinya, kata pelatih Porto Sergio Conceicao di Uefa.com.

Meski bertekad membekuk sang tamu, Porto wajib menyiapkan pertahanan yang berlapis-lapis. Ingat, bomber Liverpool Mohammed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino sedang dalam top perform. Di leg pertama di Anfield, Liverpool menang 2-0 lewat gol-gol lewat gol-gol Firmino dan Naby Keita.

Porto, tanpa bek sentral Pepe serta gelandang Hector Herrera yang terkena skorsing, dipaksa menyerah dan kini dihadapkan pada jalan yang hampir mustahil jika ingin melangkah ke empat besar. Membalikkan defisit agregat 0-2 bagi Porto sangatlah berat. Namun demikian, aksicomebackmelawan AS Roma di babak sebelumnya, menjadi inspirasi bagi Iker Casillas dan kawan-kawan.

Di leg pertama, Porto 1-2 saat tandang ke markas Roma. Namun di leg kedua, mereka sukses membalas dengan kemenangan 3-1di extra time lewat gol-gol Tiquinho Soares,MoussaMaregadan Alex Telles di Dragao. Namun, Liverpool bukanlah Roma.

Porto punya rekor buruk melawan Liverpool. Musim lalu, Porto disingkirkan Liverpool di babak 16 besar dengan agregat 0-5. Dengan kekalahan di leg pertama, berarti Porto belum pernah menang atas Liverpool dalam tujuh pertemuan.

Apalagi, saat ini Liverpool sedang hot. Akhir pekan lalu, anak-anak asuh Jurgen Klopp sukses mengalahkan Chelsea dengan skor 2-0. Hasil ini sukses mengantarkan The Reds (julukan Liverpool) mempertahankan puncak klasemen sementara Premier League lewat gol-gol Sadio Mane dan Mohamed Salah.

"Meski diunggulkan, Liverpool tak mau jemawa. Mereka melawat ke Dragao dengan hati-hati. Porto adalah tim yang kuat. Kami harus menghormati mereka," kata Jurgen Klopp.

Atmosfer Dragao dengan ribuan suporter Porto yang fanatik akan menjadi ujian berat yang harus dilewati Liverpool jika ingin melangkah ke semifinal. Namun dengan mentalitas yang sekarang, The Reds diyakini bisa melewatinya.

Kemenangan atas Chelsea di kompetisi domestik, menjadi bukti bahwa Liverpool mampu melewati laga-laga sulit yang penuh tekananan. Liverpool tak terkalahkan dalam 16 laga terakhirnya di semua kompetisi, mereka mencatat 11 kemenangan, 3 kali seri dan belum pernah kalah.

Liverpool selalu menang dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi. Sadio Mane dan kawan-kawan juga selalu menang dalam 3 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi. Mereka menang 3-1 atas Bayern Munchen, lalu menyikat Fulham dengan skor 2-1, dan menghajar Southampton dengan skor 3-1.

Liverpool juga tak terkalahkan dalam 7 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi. Mereka membukukan empat kali kemenangan, dan tiga kali seri serta belum terkalahkan. Liverpool juga selalu lolos dalam partai dua leg Eropa di mana mereka menang 2-0 di kandang sendiri pada leg pertama (7 kali).

Sedangkan Porto memenangi ke-4 laga kandang yang sudah mereka mainkan di Liga Champions musim ini. Menang atas Galatasaray dengan skor tipis 1-0, kemudian membekuk Lokomotiv Moscow dengan skor 4-2, kemudian menang 3-1 atas Schalke, serta meraih kemenangan 3-1 atas AS Roma.

Porto menang 8 kali dan kalah 5 kali dalam 15 laga kandang terakhirnya di Eropa, mereka meraih 8 kali kemenangan, dua kali seri dan kalah 5 kali. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Harga Murah Brandt Bikin Liverpool Ngiler

Harga Murah Brandt Bikin Liverpool Ngiler

Liverpool dilaporkan akan mendatangkan Julian Brandt dari Bayern Leverkusen ke Anfield dalam waktu dekat ini.


Musim Depan, Serie A Bakal Lebih Berat

Musim Depan, Serie A Bakal Lebih Berat

Pelatih Juventus Max Allegri memprediksi Serie A musim depan bakal semakin ketat.


Mou Prediksi Final Liga Champion Diakhiri Adu Penalti

Mou Prediksi Final Liga Champion Diakhiri Adu Penalti

Jose Mourinho meyakini tak ada tim yang difavoritkan antara Liverpool dan Tottenham Hotspur sebagai juara Liga Champions musim ini.


Cedera Lutut Luis Suarez Kambuh

Cedera Lutut Luis Suarez Kambuh

Kekalahan memalukan dari Liverpool pada leg kedua semifinal Liga Champions (8/5) ternyata berbuntut panjang bagi Barcelona.


Coutinho Dikritik, Moura Dipuja-puja

Coutinho Dikritik, Moura Dipuja-puja

Philippe Coutinho dituding menjadi kambing hitam dari kekalahan Barcelona 0-4 dari Liverpool di Stadion Anfield, Kamis (9/5) dinihari WIB.


Liverpool vs Tottenham Hotspur, Dominasi Spanyol Berakhir

Liverpool vs Tottenham Hotspur, Dominasi Spanyol Berakhir

Harian olah raga Spanyol, Sport, menuliskan bahwa tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions telah menandai berakhirnya dominasi lima tahun klub-klub Spanyol.


Batistuta Ibaratkan Liverpool seperti Singa, Messi Menangis di Ruang Ganti

Batistuta Ibaratkan Liverpool seperti Singa, Messi Menangis di Ruang Ganti

Legenda Fiorentina Gabriel Batistuta tak mau ketinggalan dengan euforia comeback luar biasa yang dilakukan Liverpool ketika mengalahkan Barcelona 4-0 di Anfield


Gol Keempat Liverpool Sah dan Cerdik

Gol Keempat Liverpool Sah dan Cerdik

Bek Liverpool Trent Alexander-Arnold langsung menjadi buah bibir pasca kemenangan Liverpool atas Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield.


Ajax Amsterdam Lebih Diunggulkan Jumpa Liverpool

Ajax Amsterdam Lebih Diunggulkan Jumpa Liverpool

Ajax Amsterdam akan menjamu Tottenham Hotspur di Amsterdam ArenA pada leg kedua babak semifinal Liga Champions, Kamis (09/5) pukul 02.00 WIB.


Barcelona Harus Waspadai Kecerdikan Liverpool

Barcelona Harus Waspadai Kecerdikan Liverpool

Kekalahan 0-3 dari Barcelona di leg pertama, membuat beban Liverpool di leg kedua babak semifinal Liga Champions bakal terasa berat.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!