Sepakbola
Share this on:

Penyelamatan Rp1,04 Triliun

  • Penyelamatan Rp1,04 Triliun
  • Penyelamatan Rp1,04 Triliun

SANTA CLARA - David de Gea sukses membuat Real Madrid frustrasi musim panas ini. Dari bursa transfer musim panas, De Gea sudah membuat Real frustrasi setelah tawaran mahal yang nominalya disebut mencapai GBP 50 juta (Rp1,04 triliun) belum mengalihkan pikiran De Gea untuk pergi dari Manchester United.

Lalu, Senin pagi kemarin WIB (24/7) De Gea kembali membuat El Real gigit jari ketika memulai laga pramusimnya dalam International Champions Cup (ICC) 2017. Real tumbang 1-2 dari babak adu penalti setelah kedua klub bermain imbang 1-1 dalam 2 x 45 menit. Nah, saat adu penalti itulah De Gea membuktikan dirinya lebih dari Rp 1,04 triliun.

Ya, De Gea berhasil mematahkan dua dari lima tembakan penalti Los Blancos (julukan Real). Terlepas kegagalannya menghentikan eksekusi penalti Casemiro pada menit ke-69, kiper kelahiran Madrid 26 tahun lalu itu mengeblok tendangan Mateo Kovacic dan Oscar Rodriguez di babak adu penalti.

Hanya eksekusi Luis Miguel Quezada yang mampu mengecoh De Gea. Semenatra Theo Hernandez dan Casemiro melebar dari gawangnya. Sama seperti De Gea, Keylor Navas ? kiper Real ? pun juga melakukan dua kali blok dari tembakan Scott McTominay dan Victor Lindelof. Bedanya, dia kebobolan dua kali dari Henrikh Mkhitaryan dan Daley Blind.

Itu termasuk dibobol Jesse Lingard pada menit ke-45+1. ''Beberapa penyelamatan bagus dari David. Kami sudah tahu dia bakal melakukannya, karena dia penjaga gawang yang hebat,'' puji Lingard, dalam situs resmi klub. Sepanjang karirnya, De Gea pernah terlibat dalam 40 kali adu penalti laga kompetitif.

Meski, hanya 11 kali atau 27,5 persen saja potensi suksesnya. De Gea bisa menunjukkan performa cemerlang ini hanya selang beberapa jam setelah pelatih United Jose Mourinho untuk kali pertama pada musim panas ini memberi penegasan terkait masa depan De Gea. ''Musim ini dia tidak akan hengkang, saya bisa menggaransi itu,'' ucap Mourinho.

Mourinho jelas tidak ingin Real sukses mengakhiri musim panas ketiganya dalam upaya mengejar tanda tangan kiper timnas Spanyol tersebut. Termasuk setelah Real dikabarkan berani menebus klausul pelepasan De Gea. Menurut Mourinho berapa pun tawaran Real, De Gea tetap bernilai lebih bagi skuadnya.

Apalagi musim lalu dia nyaris tak tergantikan di bawah mistar gawang United. Ketika di Premier League, De Gea masuk dalam top three kiper terendah kebobolannya. Dia hanya bobol 29 gol, masih kalah dari Hugo Lloris (Tottenham Hotspur) dengan 24 gol, dan Thibaut Courtois (Chelsea) yang kebobolan 28 gol.

Dalam pernyataannya, Mourinho menyebut dia tidak menghalangi De Gea apabila sudah ingin pergi dari Carrington, kamp latihan United. Apalagi setelah mengetahui pendekatan masif yang dilakukan El Real. Keputusan bertahan disebut Mourinho juga dari De Gea.

''Tapi, saat ini saya lihat dia gembira di sini, lebih fokus, bekerja lebih baik dari sebelumnya, dan dia pun telah 100 persen ingin tetap bersama kami,'' ungkap mantan pelatih Real itu.

Tanda-tanda konfidensi United untuk tetap bertahan bersama De Gea sudah dapat dilihat dari pergerakan bursa transfer musim panas ini. Setelah bulan lalu sempat dikaitkan dengan Jan Oblak (kiper Atletico Madrid) maka kini rumor itu sudah hilang. Dari tiga kipernya musim lalu, Sam Johnstone sudah dipinjamkan ke Aston Villa.

Sedangkan di belakang Sergio Romero, United cuma memulangkan Joel Pereira, yang di musim kemarin dipinjamkan ke klub Liga Portugal Belenenses. Pertanyannya, seandaikan pada musim ini tetap bertahan di United, akankah posisi utama tetap jadi milik kekasih penyanyi dari Spanyol Edurne Garcia itu?

Tidak. Mourinho menyebut persaingan masih terbuka antara De Gea dan Romero. Meski United musim depan kembali bermain di Liga Champions. Dengan konfiden Mourinho menilai timnya tak perlu membagi tugas antara De Gea dan Romero untuk tampil di kompetisi domestk atau kompetisi Eropa.

''Saya akan memikirkan siapa kiper utama kami dari laga per laga. Itu disesuaikan bobot lawan, performanya, dan laga Premier League sebelum atau sesudahnya. Apakah saya berganti-ganti kiper dari satu laga ke laga lain? Tidak. Tapi saya akan menganalisanya. Saya tegaskan, di sini bukan hanya saya penentunya. Semua percaya pada kedua kiper ini (De Gea dan Romero),'' beber The Special One, julukannya.

Dilansir ESPN Zinedine Zidane sebagai entrenador Real tidak memberikan pujian untuk De Gea. Zizou (panggilan akrabnya) juga tidak mempedulikan kegagalan anak asuhnya dapat memenangi adu penalti melawan De Gea kemarin.

''Itu (penalti) tidak begitu penting bagi kami. Yang terpenting, kami semua masih mampu berkompetisi hari ini (kemarin, Red),'' ucapnya.

Zidane lebih puas menyoroti penampilan pemain-pemain mudanya. Termasuk juga Theo Hernandez, rekrutan barunya. Dalam laga kemarin, enam pemain cantera dipercaya Zidane. Itu dari Dani Gomez, Francisco Feuillassier, Oscar, Manu. Alvaro Tejero dan Achraf Hakimi.

''Dari performanya hari ini saya sudah puas. Kami menyudahi laga tanpa cedera, itu yang terpenting,'' tambahnya.

Berikutnya, Real akan menjalani laga pramusim melawan Manchester City (27/7), yang dilanjutkan dengan El Clasico melawan Barcelona tiga hari setelahnya (30/7). Setelah bermain melawan MLS All Stars pada 3 Agustus, Real kembali berjumpa dengan United dan De Gea di Piala Super Eropa, 9 Agustus mendatang WIB.

''Semoga kami temukan form terbaik itu secepat mungkin,'' harap Zidane. (ren/jpg)

Berita Berikutnya

Chelsea Memang Klub Topeng
Chelsea Memang Klub Topeng

Berita Sejenis

Arsenal Dikontrak Emirates Rp3,79 Triliun Setahun

Arsenal Dikontrak Emirates Rp3,79 Triliun Setahun

Prestasi boleh angin-anginan. Tapi, Arsenal tetap menjadi incaran investor kakap.


Dihargai Rp1,3 Triliun, Malah Bikin Blunder

Dihargai Rp1,3 Triliun, Malah Bikin Blunder

Virgil van Dijk tak pernah sesial di Liberty Stadium kemarin dini hari WIB (23/1).


Real Goda Auba Rp1,14 Triliun

Real Goda Auba Rp1,14 Triliun

Pierre-Emerick Aubameyang memulai tahun ini dengan ketidakdisiplinan.


Pembuktian Pemain Cadangan

Pembuktian Pemain Cadangan

Kedatangan Philippe Coutinho ke Barcelona dengan banderol EUR 120 juta (Rp1,92 triliun) memberikan efek domino bagi beberapa pemain.


Barca Beli Coutinho Rp2,58 Triliun

Barca Beli Coutinho Rp2,58 Triliun

''Barcelona bukan klub yang cocok bagi pemain Brasil,'' begitu kata Ronaldo, dikutip Daily Mail.


Dibeli Rp1,09 Triliun, Virgil van Dijk Jadi Bek Termahal

Dibeli Rp1,09 Triliun, Virgil van Dijk Jadi Bek Termahal

Premier League sekali lagi bikin geleng-geleng kepala.


Dibandrol Rp3,16 Triliun, Harga Coutinho Terlalu Mahal

Dibandrol Rp3,16 Triliun, Harga Coutinho Terlalu Mahal

Selain karena Fenway Sports Group (FSG) sebagai pemilik saham mayoritas Liverpool tidak mengizinkan Philippe Coutinho hijrah ke Barcelona.


Ckckck... Jersey Neymar Dijual Rp1,9 Juta

Ckckck... Jersey Neymar Dijual Rp1,9 Juta

Dilaporkan The Sun, ribuan fans PSG sudah ada di pinggir jalan antara bandara sampai ke depan Royal Monceau yang akan dipakai tempat menginap Neymar.


Belanja Pemain Rp2,7 Triliun, Milanisti Kembali Sesaki San Siro

Belanja Pemain Rp2,7 Triliun, Milanisti Kembali Sesaki San Siro

Tunggulah sampai akhir musim jika ingin tahu prestasi AC Milan setelah di-takeover oleh Li Yonghong.


Ke Qatar, Neymar Diyakini Tuntaskan Transfer Rp3,47 Triliun

Ke Qatar, Neymar Diyakini Tuntaskan Transfer Rp3,47 Triliun

Barcelona telah menuntaskan agenda pramusimnya di Miami, Amerika Serikat.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!