Sepakbola
Share this on:

Persija Keluar dari Zona Merah

  • Persija Keluar dari Zona Merah
  • Persija Keluar dari Zona Merah

JAKARTA - Persija Jakarta akhirnya keluar dari zona merah klasemen Liga 1 2019. Hasil itu setelah tim berjuluk Macan Kemayoran berhasil mengalahkan Kalteng Putra 3-0 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8).

Kemenangan Persija itu didapat usai Heris Susanto berhasil mencetak gol pada paruh pertama tepatnya di menit ke-12. Sedangkan dua gol lainnya diciptakan oleh Marko Simic (49') dan Sandy Sute di masa injury time babak kedua.

Tampil dihadapan pendukungnya sendiri, Persija tampil percaya diri sejak babak pertama dimulai. Tekanan demi tekanan terus dilancarakan skuad Macan Kemayoran.

Hingga akhirnya, Persija mampu unggul 1-0 ketika pertandingan memasuki menit ke-12. Berawal dari umpan terobosan Sandi Sute mampu diteruskan oleh Heri Susanto lewat sepakan mendataranya yang tak mampu dihalau penjaga gawang Kalteng Putra, Dimas Galih.

Tertinggal satu gol, membuat Kalteng Putra semakin gencar melancarkan serangan ke daerah pertahanan tuan rumah. Bahkan, beberapa kali pertahanan Persija yang dikomandoi oleh Tony Sucipto kerap di buat keropotan.

Seperti pada di menit ke-37, Kalteng Putra memiliki peluang emas lewat Diogo Compos. Sayangnya, Diego Compos yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa tak mampu merubah kedudukan menjadi imbang. Hasilnya, laga paruh pertama berakhir 1-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Persija kembali berinisiatif untuk melancarakan serangan lebih dulu. Alhasil, babak kedua baru berjalan emapt menit, Persija mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah sepakan bebas langsung Marko Simic sukses merobek jala gawang Kalteng Putra untuk kedua kalinya.

Enam menit berselang, Kalteng Putra nyaris memperkecil kedudukan lewat sepakan bebas Diego Compos. Namun, sepakan meleungkungnya masih melenceng ke sisi kiri gawang Persija.

Jual beli serangan terus tersaji di sisa laga. Tak ayal, beberapa peluang kerap didapat kedua tim. Namun hingga 90 waktu normal tak ada gol tercipta.

Akan tetapi, kejutan terjadi di masa injury time. Dimana Persija menambah keunggulannya menjadi 3-0 usai sepakan kaki kanan Sandi Sute menjebol gawang Kalteng Putra untuk ketiga kalinya. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini tentunya disambut gembira oleh pelatih Persija, Julio Banuelos. Sebab, dari beberapa pertandingan sebelumnya, Persija belum meriah kemenangan. Lebih seringa meraih hasil imbang.

"Tim pelatih sangat puaskepada seluruh pemain yang tampil. Kita pantas memenangkan perandingan sore ini," ungkap Julio usai pertandingan.

Pelatih asal Spanyol itu juga membeberkan kunci kemenangan timnya. Salah satunya, memanfaatkan kelengahan pertahanan Kalteng Putra. "Kita tahu Kalteng Putra tim yang berbahaya di semua lininya. Tapi, kita lihat lini belakang mereka biasanya bertahan di kotak penalti, namun hari ini mereka kita bikin repot," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliviera mengaku menyayangkan beberapa peluang yang didapat anak asuhnya tidak mampu dimanfaatkan untuk menjai sebuah gol. Oleh sebab itu, Gomez mengaku akan mengevaluasi hal tersebut demi tampil lebih baik lagi di laga selanjutnya.

"Kita punya beberapa peluang emas tapi tidak berhasil dan akhirnya kita kalah. Kita harus perbaiki ini dan jalan terus untuk pertandingan ke depan karena kompetisi belum berakhir," ujar Gomez di tempat yang sama.

Untuk diketahui, dengan kemenangan ini, Persija sukses keluar dari zona degradasi di peringkat 15 lewat koleksi 12 poin dari 11 pertandingan.

Sedangkan Kalteng Putra, untuk sementara menempati posisi 13 dengan mengoleksi 13 poin dari 14 pertandingan yang sudah dijalaninnya. Di pertandingan lainnya, Semen Padang juga berhasil meraih kemenangan atas Persela Lamongan dengan skor 2-0. Dua gol tim berjuluk Kabau Sirah itu ciptakan oleh Karl Max Barthelemy (11' dan 57').

Berbeda dengan Persija yang berhasil keluar berkat kemenangan yang didapat, justru Semen Padang masih tetap bertahan di zona degrdasi klasemen sementara. Ia masih menempati perinkat 18 dengan raihan 10 poin dari 13 laga. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

Kabar mengejutkan datang dari mantan raksasa sepak bola Italia yang bermasalah AC Milan. Il Rossonerri (sebutan Milan) menderita rekor kerugian keuangan selama


Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Dilatih Simon, Timnas Indonesia Gagal Total

Kekalahan demi kekalahan yang ditelan Indonesia di putaran kedua Kualfikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sudah cukup memerahkan telinga.


Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Kalah Segalanya, Timnas Indonesia Lemah di Semua Lini

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan di laga lanjutan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.


Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Indonesia vs Vietnam, Puaskan Pendukungmu Garuda!

Timnas Indonesia Senior bakal melanjutkan kiprahnya putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G.


Republik Ceko vs Inggris, Ajang Unjuk Gigi Skuat Muda

Republik Ceko vs Inggris, Ajang Unjuk Gigi Skuat Muda

Baru setengah perjalanan, Inggris punya kans besar untuk lolos dari kualifikasi Euro 2020.


Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Hadapi UEA, Timnas Harus Menang

Timnas Indonesia bakal menjalani laga ketiga putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G menghadapi tuan rumah Uni Emirate Arab (UEA).


Tinggal Dua Laga Kandang, Aji Mundur dari PSIM Jogyakarta

Tinggal Dua Laga Kandang, Aji Mundur dari PSIM Jogyakarta

Pelatih PSIM Jogyakarta Aji Santoso mundur dari jabatannya di Laskar Mataram (julukan PSIM).


Dikartu dan Rugikan Tim, Pemain Bayar Sendiri

Dikartu dan Rugikan Tim, Pemain Bayar Sendiri

Pemain PSM tercatat sudah mengoleksi 45 kartu kuning dan empat kartu merah dari 19 laga.


Tottenham Bukan Tim Inggris Pertama yang Dikalahkan Telak

Tottenham Bukan Tim Inggris Pertama yang Dikalahkan Telak

Kekalahan Tottenham Hotspur 2-7 dari Bayern Munchen menjadi momen terburuk dalam sejarah 137 tahun klub yang bermarkas di White Hart Lane tersebut.


Debut Xhaka sebagai Kapten, Banjir Kritikan The Gooners

Debut Xhaka sebagai Kapten, Banjir Kritikan The Gooners

Dini hari kemarin, skuat Setan Merah harus puas bermain imbang 1-1 dengan Arsenal dalam lanjutan Liga Premier di Old Trafford.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!