Sepakbola
Share this on:

Pesona Alves Belum Pudar

  • Pesona Alves Belum Pudar
  • Pesona Alves Belum Pudar

SAO PAULO - Semua akan indah pada waktunya. Demikian juga dengan nasib Dani Alves. Setelah menghabiskan 15 tahun di Eropa, Dani Alves akhinya kembali ke tanah kelahirannya, Brasil.

Kamis (1/8), pemain berusia 36 tahun itu akhirnya menandatangani kontrak selama tiga tahun bersama Sao Paulo FC. Alves memakai jersey bernomor 10, angka keramat bagi pria yang juga supporter garis keras Sao Paulo tersebut.

Di Brasil, auranya sebagai pemain bintang memang belum tandas. Minggu (18/8) lalu, Alves mencetak gol penentu kemenangan Sao Paulo atas Caera di pekan perdana Liga Brasil. Sao Paulo menang 1-0. Di mata suporter, Alves tidak hanya sebagai kapten.

Namun, obat penawar klub yang tengah dirundung krisis prestasi tersebut. Ini bagaikan mimpi bagi Dani Alves. Bagaimana tidak, di Eropa ia dipandang sebelah mata akibat cedera yang membuatnya harus absen dari Piala Dunia 2018 lalu.

Ya, cedera itu telah melewatkan hari-harinya sebagai pemain bintang. Liga Brasil pun menjadi arena pembuktian terakhirnya. Meski harus turun kelas, peran pria Kelahiran Bahia, 6 Mei 1983 itu memang penting. Ia menyadari, Liga Eropa bukan lagi arena pertarungan bagi pemain yang tinggal beberapa tahun lagi akan pensiun tersebut.

Nama Alves pun bisa disejajarkan bersama mantan bintang Lazio dan Manchester Juan Sebastian Veron. Gelandang gaek berperan penting saat membawa Estudiantes meraih Copa Libertadores 2009 setelah satu dekade menjadi perantauan di Liga Italia dan Inggris.

Sebelum menjadi bintang Barcelona, Alves telah menghabiskan enam tahun dengan Sevilla. Full back bertipe penyerang itu membawa tim Andalusia itu memenangkan dua Piala UEFA dan Copa del Rey. Pada 2 Juli 2008, ia bergabung dengan Barcelona dengan kontrak 32,5 juta Euro. Nilai kontrak itu membuatnya dilabeli sebagai bek ketiga termahal sepanjang masa.

Bersama Blaugrana, Alves memenangkan Treble Winner di musim pertamanya. Pada musim kedua, Alves memenangkan Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan FIFA Club World Cup. Alves juga membawa klub Catalan itu meraih Piala Super Spanyol, dua gelar liga, dan Liga Champions pada tahun-tahun berikutnya. Alves telah memegang paspor Spanyol sejak tahun 2005.

Pada 27 Juli 2016, Juventus merekrut Alves dengan status bebas transfer. Bersama Si Nyonya Tua, Alves memenangkan gelar Serie A 201617 dan Coppa Italia 201617 hingga berhasil membawa La Vecchia Signora ke Final Liga Champions. Sayang, masa keemasan Alves di Negeri Pisa hanya setahun.

Pada 12 Juli 2017, Alves bergabung dengan klub Prancis Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Lagi-lagi Alves membawa mimpi bagi tim kota Paris tersebut. Ia memenangkan treble domestik di musim pertamanya, diikuti dengan gelar liga lainnya pada musim berikutnya. Pada tahun 2019, ia kembali ke negara asalnya, bergabung dengan Sao Paulo.

Selama di Timnas, Alves berhasil membawa Brasil merebut dua tropi Copa America (2007, 2019) dan Piala Konfederasi (2009, 2013). Pada Piala Dunia 2018, Pelatih Brasil Tite juga memasukkan namanya dalam skuad Timnas. Alves masih dianggap sebagai bek sayap terbaik di generasinya. Ia merupakan bek yang bisa merobek gawang lawan dengan kecepatan, stamina dan laju serangan yang brilian.

Selain kemampuannya menciptakan peluang , ia adalah striker bola yang akurat, dan dikenal karena kemampuannya mencetak gol khususnya dari luar area atau jarak jauh. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Skuat Muda Cheklsea Belum Stabil

Skuat Muda Cheklsea Belum Stabil

Laga Chelsea kontra Valencia menjadi malam terburuk bagi skuat Frank Lampard.


Liverpool vs Newcastle, Mane dan Salah Belum Akur

Liverpool vs Newcastle, Mane dan Salah Belum Akur

Duel Liverpool kontra Newcastle United menjadi laga pembuka Matchweek ke-5 Liga Premier, Sabtu (14/9) sore.


Ditundukan Persipura 2-0, Macan Kemayoran Semakin Terpuruk

Ditundukan Persipura 2-0, Macan Kemayoran Semakin Terpuruk

Langkah Persija Jakarta untuk keluar dari zona degradasi nampaknya belum menemui titik terang meski mereka sudah merekrut pemain anyar.


Gli Azzurri Belum Terbendung

Gli Azzurri Belum Terbendung

Kemenangan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Italia belum terbendung hingga laga keenam Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup J.


Belum Move On, Alasan Sanchez Tinggalkan Manchester United

Belum Move On, Alasan Sanchez Tinggalkan Manchester United

Alexis Sanchez sudah resmi bergabung dengan klub raksasa Serie A Italia, Inter Milan.


Tak Ada Gol, Persija Gagal Balas Dendam

Tak Ada Gol, Persija Gagal Balas Dendam

Persija Jakarta nampaknya belum mampu membalas kekalahannya pada babak final Piala Indonesia 2018/19 atas PSM Makassar.


Dijamu Norwich City, Chelsea Wajib Menang

Dijamu Norwich City, Chelsea Wajib Menang

Sabar... sabar... sabar. Frank Lampard belum mencapai titik didihnya. Tak ada emosi di kamar ganti atau peristiwa selisih paham saat latihan.


Siap-siap Beli Pemain, MU Tambah 75 Juta Pounds

Siap-siap Beli Pemain, MU Tambah 75 Juta Pounds

Belum sebulan jendela transfer musim panas ditutup, Manchester United telah menyiapkan bujet fantastis untuk transfer musim dingin.


Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Ternyata Ketajaman Romelu Lukaku sejak berbaju Inter Milan masih belum habis. Faktanya, Lukaku pernah mencatat quat-trick (empat gol dalam satu laga) untuk Inte


Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!