Sepakbola
Share this on:

PSM Masih Mulus di Piala AFC 2019

  • PSM Masih Mulus di Piala AFC 2019
  • PSM Masih Mulus di Piala AFC 2019

Foto: jawapos.com

JAKARTA - Salah satu tim raksasa Indonesia, PSM Makassar berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan keempat babak penyisihan Grup H Piala AFC 2019 menghadapi tuan rumah Kaya FC. Dalam pertarungan yang digelar di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Rabu (17/4) kemarin, tim berjuluk Juku Eja itu berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor tipis 2-1.

Dua gol kemenangan PSM pada laga yang diwarnai oleh dua kartu merah itu diciptakan oleh Rizky Pellu (20') dan Eero Markkanen (24'). Sedangkan gol penghibur tim tuan rumah dicetak oleh dari titik penalti oleh Jovin Bedic pada menit ke-90+1.

Meski bermain sebagai tim tamu, namun PSM mampu tampil apik dan menyerang sejak babak pertama digulirkan. Alhasil, ketika laga memasuki menit ke-20 PSM mampu mencetak gol lewat Rizky Pellu dengan tandukkanya usai memanfaatkan umpan Willem Jan Pluim.

Empat menit berselang, PSM kembali menambah keunggulan golnya menjadi 2-0. Kali ini, Eero Markkanen yang mencatatakan namanya di papan skor melalui sontekan di dalam kotak penalti. Usai gol kedua untuk PSM itu, kedua ksebelasan bermain cukup alot dengan terus melakukan jual beli serangan. Namun, hingga turun minum skor 2-0 untuk keunggulan PSM bertahan.

Memasuki babak kedua tepatnya di menit ke-53, PSM sudah harus bermain dengan 10 pemain. Hal itu setelah, palang pintu PSM, Abdul Rahman di ganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran kepada penyerang Kaya FC, Jordan Minta. Selepas hilangnya Abdul Rahman, pertahanan PSM nampak sedikit terbuka. Hal itu lantaran beberapa kali, tim tuan rumah nyaris mengancam gawang yang dikawal Rivky Mokodompit.

Namun, alih-alih mengejar ketertinggalan, Kaya FC justru harus bermain dengan 10 pemain setelah Baquero Soriano dihukum kartu merah pada menit ke-88. Akan tetapi, setelah bermain imbang dengan masing-masing 10 pemain, Kaya FC justru bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol penalti yang diciptakan Bedic Jovin Hervas pada menit ke-90+1. Skor 2-1 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Menurut pelatih PSM, Darije Kalezic kemenangan yang didapat oleh timnya itu memang sudah diprediksi olehnya. Darije mengatkan, permainan yang ditampilkan oleh lawannya memang seperti apa yang diharapkan. "Saya sudah mempelajari cara bermain Kaya FC saat mengalahkan Home United. Dan, pada pertandingan tadi malawan kami, mereka (Kaya FC, Red.) bermain dengan apa yang saya harapkan," tutur Darjie usai pertandingan.

Apalagi diakuinya, kemenangan ini juga diuntungkan denga permainan Kaya FC yang dinilainya terkesan monoton dengan banyak bermain umpan-umpan panjang. "Hal itu tentu membuat kami cukup mudah mengantisipasinya karena kami bermain efktif dan disiplin," tambah Darije.

Namun, Darije mengakui kehilangan pemainnya di awal-awal babak kedua membuat permainan timnya sedikit ada perubahan. Akan tetapi, ia tetap sesumbar bahwa pertandingan tersebut PSM memang layak meraih tiga poin. "Sedikit ada perubahan setelah Abdul Rahmandi keluarakan karena kartu merah, namun secara kesuluruhan kami memang pantas untuk meraih kemenangan itu," tukas Darije.

Sementara itu gelandang PSM, Wiljan Pluim mengaku kemenanga ini tak lepas dari kerja keras tim yang dinilainya sangat kompak. "Kita berterimakasih kepad Rizky Pellu yang mencetak gol pertama bagi tim ini. Berkat gol itu, kita mampu bermain lepas. Selain itu, Coach Darije juga menerapkan strategi yang pas dan terbukti efektif untuk mengalahkan Kaya FC," tutur Pluim.

Kemengangan ini juga sekaligus menggeser Kaya Fc yang sebelumnya memuncaki klasemen sementara Grup H Piala AFC 2019. Kini PSM yang menjadi raja sementara babak penyisihan tersebut dengan raihan 8 poin. "Kami sekarang memimpin klasemen. Ini momentum baik yang wajib kami pertahankan pada pertandingan selanjutnya," tukas Darije.

Selain itu kemenangan ini juga sekaligus membayar kegagalan poin penuh yang didapat PSM kala menjamu Kaya FC di Stadion Pakansari, Bogor beberapa waktu lalu. Kala itu Kaya FC berhasil menahan imbang PSM 1-1. Selain menjadi pemuncak klasemen sementara, PSm jug menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan di babak penyisiha Grup H Piala AFC 2019 ini. Ya, raihan 8 poin yang didapat PSM itu, hasil dari dua menang dan dua kali seri.

PSM masih menyisakan dua pertandingan lagi melawan Home United dan Lao Toyota. PSM akan menjamu Home United pada matchday kelima Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada 30 April 2019. Sedangkan pertandingan terakhir, tim kebanggaan masyarakat Makassar itu akan dijamu oleh Lao Toyota pada 14 Mei 2019.

Guna memiliki tiket babak semifinal, PSM harus mendapatkan predikat juara grup atau runner-up terbaik. Namun, untuk runner-up terbaik, PSM harus mampu mengungguli peringkat kedua terbaik dari Grup F dan Grup G. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Liverpool vs Arsenal, Pertemuan Dua Trisula

Liverpool vs Arsenal, Pertemuan Dua Trisula

Unai Emery masih diatas angin. Pelatih Arsenal telah membuat awal Agustus menjadi menyenangkan.


PSS Sleman vs PSM Makassar, Waspadai Pergerakan Wiljan Pluim

PSS Sleman vs PSM Makassar, Waspadai Pergerakan Wiljan Pluim

Tuan Rumah PSS Sleman, tahu betul kapasitas Wiljan Pluim. Keterampilan olah bola dan pergerakannya, bisa merusak rencana sewaktu-waktu.


Ajax Diimbangi APOEL Nicosia

Ajax Diimbangi APOEL Nicosia

Tiga laga playoff pertama Liga Champions 2019-2020 telah berakhir, Rabu (21/8) dinihari WIB.


Persija Keluar dari Zona Merah

Persija Keluar dari Zona Merah

Persija Jakarta akhirnya keluar dari zona Liga 1 2019, setelah menang atas Kalteng Putra 3-0, Selasa (20/8)..


Gelontor Lima Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U18 Juara Ketiga

Gelontor Lima Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U18 Juara Ketiga

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia nampaknya harus puas dengan peringkat ketiga ajang Piala AFF 2019.


Zulkifli Syukur Pilih Hengkang, Darije Kalezic Harus Iklas

Zulkifli Syukur Pilih Hengkang, Darije Kalezic Harus Iklas

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic menghormati keputusan Zulkifli Syukur yang memutuskan bergabung dengan Sriwijaya FC menjelang putaran kedua Liga 1.


Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Lukaku Masih Tajam, Sanchez Segera Menyusul

Ternyata Ketajaman Romelu Lukaku sejak berbaju Inter Milan masih belum habis. Faktanya, Lukaku pernah mencatat quat-trick (empat gol dalam satu laga) untuk Inte


Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.


Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Teka-teki siapa peraih gelar pemain terbaik Eropa atau Ballon d'Or di musim 2018-2019 sedikit demi sedikit terjawab.


Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool berhasil keluar menjadi juara UEAF Super Cup atau Piala Super Eropa 2019. Hasil itu didapat setelah The Reds berhasil mengalahkan Chelsea.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!