Sepakbola
Share this on:

PSSI Tunggu Agen Luis Milla di Jakarta

  • PSSI Tunggu Agen Luis Milla di Jakarta
  • PSSI Tunggu Agen Luis Milla di Jakarta

JAKARTA - Kepastian Luis Milla Aspas memperpanjang kontrak untuk menangani kembali timnas Indonesia belum menemukan ujungnya. Exco (Eksekutif Komite) PSSI Sebelumnya sudah memutuskan untuk mempertahankan Milla di kursi kepelatihan timnas senior dan U-23 Indonesia dengan mengacu berbagai pertimbangan progres di Timnas saat ini.

Namun, yang tidak banyak diketahui masyarakat luar adalah, adanya penunggakan gaji yang dialami Milla dalam tiga bulan terakhir. Termasuk saat Indonesia berjuang di Asian Games 2018. Namun, dengan sikap profesional, Milla pada akhirnya menuntaskan tugas terakhirnya tersebut sebelum pulang ke Spanyol.

Gusti Randa, salah satu Exco PSSI membenarkan terkait adanya kabar penunggakan gaji Luis Milla. “Sudah ada pembahasan soal itu (gaji, Red). Menurut penuturan Sekjen ada tiga bulan gaji yang belum dibayar,” terangnya saat dikonfirmasi tadi malam.

“Kami di Exco dalam tataran membuat kebijakan, kami memutuskan memperpanjang Luis Milla,” imbuh mantan Ketua Asprov PSSI Jakarta itu. Sebagaimana diketahui, kontrak kerja Luis Milla dalam setahun yakni Rp 7,2 Miliar dalam setahun.

Bila dibagi perbulan, Milla mendapatkan sekitar 600 juta. Jumlah tersebut relatif “murah” untuk ukuran mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 yang juara di Piala Eropa 2011 silam. Artinya ada sekitar Rp 1,8 Miliar yang masih ditunggak PSSI kepada Milla.

Bilamana PSSI memang kesulitan, pemerintah sebenarnya punya anggaran pelatnas. Hanya saja, Kemenpora sudah mengalokasikan anggaran timnas putra putri Indonesia sekitar Rp 26 Miliar dalam persiapan Asian Games 2018.

Sedangkan untuk pelatih asing, Kemenpora mematok pagu sekitar USD 3000 hingga USD 5000 (sekitar Rp 44-Rp 74 juta) per bulan, untuk pelatih asing. Jumlah tersebut tentu terpaut jauh dengan gaji Milla yang mencapai Rp 600 juta per bulannya.

Pada awal pekan ini, setiba di Spanyol, Milla bahkan terlihat memantau latihan Timnas U-21 Spanyol di Las Rozas. Bahkan dia juga berkomunikasi dengan Direktur Olahraga RFEF (PSSI Spanyol) Jose Molina dan menyapa para pemain Timnas U-21 Spanyol.

Apakah itu pertanda Milla tidak memperpanjang kontrak bersama PSSI? Tentu itu belum bisa ditebak. Sebab, PSSI hingga kini tengah membangun komunikasi dengan agen Milla, Carlos Bucero untuk melakukan negosiasi ulang untuk perpanjangan kontrak selama setahun ke depan.

Hasilnya? hingga kini belum agen tersebut belum tampak di Jakarta. Sementara itu, Timnas Indonesia juga akan menjalani uji coba internasional menghadapi Mauritius 11 September mendatang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Bima Sakti dan Danurwindo didapuk PSSI sebagai pelatih interim untuk mendampingi tim. Sebelumnya, Bima menegaskan bahwa komposisi 20 pemain yang dipanggil juga berdasarkan komunikasi dengan Luis Milla.

Tetapi, hingga kemarin, Milla juga belum dipastikan bisa mendampingi Timnas saat bersua Mauritius. A.S. Sukawijaya, salah satu Exco PSSI yang lain membenarkan kondisi itu. “Nanti, kalau agen coach Milla datang, kami di Exco juga diajak PSSI untuk nego bareng,” ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Yoyok Sukawi itu menjelaskan terkait tunggakan gaji merupakan hal teknis yang bisa diselesaikan. “Prinsipnya akan perpanjangan kontrak. Makanya kami perlu biacara mengenai detailnya denga agen yang bersangkutan,” bebernya. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Der Panzer Tutup Pintu buat Oezil
Der Panzer Tutup Pintu buat Oezil

Berita Berikutnya

Kepa Juga Layak Dicoba
Kepa Juga Layak Dicoba

Berita Sejenis

Jika Tanpa Simic, Persija Pantang Panik

Jika Tanpa Simic, Persija Pantang Panik

Tugas pertama di babak eliminasi Liga Champions Asia (LCA) sudah dijalankan Persija Jakarta dengan mantap. Mereka menyingkirkan klub Singapura Home United.


Garuda Muda Ditarget Juara AFF U-22

Garuda Muda Ditarget Juara AFF U-22

Hari ini timnas Indonesia U-22 akan memulai latihan perdana di Lapangan A, Senayan, Jakarta.


PSSI Berharap Bantuan FIFA

PSSI Berharap Bantuan FIFA

Gaduh di sepak bola Indonesia masih belum terurai sepenuhnya. Memang betul bahwa pihak Kepolisian juga ambil bagian dalam melakukan investigasi.


Dugaan Match Fixing PSSI, Mbah Putih: Saya Akan Buka Depan Penyidik

Dugaan Match Fixing PSSI, Mbah Putih: Saya Akan Buka Depan Penyidik

Anggota Exco PSSI Johar Lin Eng ditangkap kemarin.


Kasus Persibara Harus Dituntaskan Semuanya

Kasus Persibara Harus Dituntaskan Semuanya

Pengakuan blak-blakan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan manajer Persibara Banjarnegara Lasmi Indaryani menyeret nama dua anggota Exco PSSI.


Fachry Latih Timnas U-19, Bima Sakti U-16

Fachry Latih Timnas U-19, Bima Sakti U-16

Tidak ada nama Fachry Husaini dalam jajaran pelatih timnas Indonesia yang diumumkan PSSI kemarin. Itu tentu menimbulkan pertanyaan besar.


Persija Jakarta Juara Liga1 Penuh Kontroversi

Persija Jakarta Juara Liga1 Penuh Kontroversi

Pelatih Mitra Kukar Rahmad Darmawan dikenal sosok yang tenang. Tensi tinggi pertandingan hampir tidak pernah mempengaruhi watak ‘tenang’nya itu.


Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Persija Jakarta tampaknya punya keyakinan tinggi bakal jadi Juara Liga 1 musim ini.


Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting

Hari Ini, PSSI Gelar Emergency Meeting

Pengaturan skor, kompetisi setting-an, dan kepemimpinan wasit yang tidak fair menjadi isu paling santer di sepak bola Indonesia dalam sepekan terakhir.


PSM atau Persija? PSSI Bikin Dua Replika Piala

PSM atau Persija? PSSI Bikin Dua Replika Piala

Juara Liga 1 memang belum bisa dipastikan hingga pertandingan terakhir pada 9 Desember mendatang.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!