Sepakbola
Share this on:

Real Madrid Berpeluang Cetak Rekor

  • Real Madrid Berpeluang Cetak Rekor
  • Real Madrid Berpeluang Cetak Rekor

ABU DHABI - Salah satu misi presiden Real Madrid Florentino Perez ketika menunjuk Santiago Solari sebagai sukesor Julen Lopetegui per 29 Oktober adalah agar dia bisa menapak tilas jejak Zinedine Zidane. Salah satu "syarat" sudah dipenuhi Solari yakni sebagai jebolan entrenador tim Castilla.

Syarat kedua bisa dicapai malam ini di final Piala Dunia Antar Klub. Ya, Indiecito harus mengalahkan tuan rumah Al Ain agar langkah Zizou benar-benar bisa diikutinya sebagai juara ketika menjadi pemain dan pelatih.

Uniknya, ketika Solari juara sebagai pemain, dia setim dengan Zidane di Real dalam Piala Interkontinental 2002. Nah, kans meraih juara sebagai pelatih juga bisa mengekor Zizou yang kali pertama mendapatkannya bersama Real dua tahun lalu.

''Saya suka ajang ini. Ide yang brilian untuk membawa setiap juara dari semua konfederasi bertarung dalam satu ajang,'' ucap pelatih 42 tahun tersebut seperti dilansir situs resmi FIFA.

Ajang Piala Interkontinental/Piala Dunia Antar Klub memang mengusung nostalgia bagi Solari. Selain juara di edisi 2002, dia juga tampil di 2 edisi lainnya. Yakni sebagai runner-up ketika kalah dari Juventus yang diperkuat Zidane di edisi Piala Interkontinental 1996 dan menduduki peringkat ketiga Piala Dunia Antar Klub 2009 bersama Atlante.

Dia sadar bahwa menghadapi Al Ain yang berstatus tuan rumah, apalagi mereka juga jadi tim Uni emirat Arab (UEA) pertama yang menembus final tidak mudah. Namun, Solari punya motivasi lain. Ya, Al Ain sudah menyingkirkan tim tanah air favoritnya di semifinal, River Plate.

''Saya beberapa tahun (1996-1998, Red) bermain untuk River dan bangga dengan pencapaian serta sejarah mereka. Tapi, saya di sini sebagai pelatih Real dan saya ingin memastikan bahwa yang terbaik untuk tim ini,'' sambung pelatih yang pernah lima musim berkostum Los Merengues itu (2000-2005).

Lebih jauh, juara Piala Dunia Antar Klub bisa membuat penilaian Madridistas terhadapnya terus membaik. Apalagi, ada rumor yang menyebutkan bahwa Jose Mourinho bakal kembali ke Santiago Bernabeu musim depan.

Meski harus diakui bahwa hubungan antara Perez dan Mou sangat baik. Tapi, bukan tidak mungkin bila Solari bisa memberikan performa hebat musim ini dan dimulai dengan kampiun Piala Dunia Antar Klub, Perez bisa berubah pikiran.

Posisi Solari bersama Real diperkuat dengan kontraknya yang masih berlaku hingga 2021. Bila mengacu musim perdana Zizou sebagai entrenador Real, Liga Champions musim 2015-2016 menjadi gelar pertamanya. Dan, Solari bisa lebih baik. Yakni, kampiun Piala Dunia Antar Klub dan masih berpeluang di tiga ajang lainnya (La Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey).

Soalri diuntungkan sejarah tim Erpoa. Laga malam nanti yang digeber di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, adalah yang keempatuntuk Piala Dunia Antar Klub. Di tiga final sebelumnya (2009, 2010, dan 2017) semuanya dimenangkan wakil benua biru.

''Mereka (Al Ain, Red) memenangkan tiga pertandingan sebelum sampai di sini (final, Red). Tentu saja kami juga akan berikan yang terbaik jika ingin juara,'' kata Solari. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Saatnya Garcom Kalahkan CR7
Saatnya Garcom Kalahkan CR7

Berita Sejenis

Griezmann Bukan Sekadar Pelapis

Griezmann Bukan Sekadar Pelapis

Bagi Atletico Madrid, kedatangan Antoine Griezmann ke kandang musuh bebuyutanya, Barcelona adalah satu dari sekian rahasia yang harus dipendam dalam-dalam.


Ditebus Rp1,8 Triliun, Griezman Resmi Berseragam Barcelona

Ditebus Rp1,8 Triliun, Griezman Resmi Berseragam Barcelona

Drama transfer bomber Atletico Madrid Antoine Griezman ke Barcelona resmi berakhir.


Bale Tolak Gaji Rp21 Miliar dari Klub Tiongkok

Bale Tolak Gaji Rp21 Miliar dari Klub Tiongkok

Masa depan Gareth Bale di Real Madrid makin tak menentu. Dia bukan pilihan Zinedine Zidane.


Setelah Neymar, Madrid Juga Coret Nama Pogba untuk Dibeli

Setelah Neymar, Madrid Juga Coret Nama Pogba untuk Dibeli

Nama penyerang Paris Saint Germain (PSG) Neymar kini sudah tak ada lagi dalam daftar perburuan pemain untuk Real Madrid.


Morata Resmi Dipermanenkan Atletico Madrid

Morata Resmi Dipermanenkan Atletico Madrid

Striker Chelsea Alvaro Morata akhirnya merapat ke Atletico Madrid secara permanen.


Atletico Beli Sriker 19 Tahun Rp2 Triliun

Atletico Beli Sriker 19 Tahun Rp2 Triliun

Atletico Madrid mengumumkan Joao Felix sebagai pemain baru mereka mulai musim 2019/2020 mendatang.


Transfer Ndombele Pecahkan Rekor Spurs

Transfer Ndombele Pecahkan Rekor Spurs

Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino sedikit terusik setelah sang gelandang Mousa Dembele pergi melancong ke Liga Super China, Januari lalu.


Diego Godin Benteng Baru Pertahanan Inter Milan

Diego Godin Benteng Baru Pertahanan Inter Milan

Bek tangguh Diego Godin resmi menjadi pembelian pertama Inter Milan musim ini, yang didatangkan dari Atletico Madrid.


Barca Sodori Griezman Gaji 17 Juta Euro

Barca Sodori Griezman Gaji 17 Juta Euro

Isu transfer bomber Antoine Griezman dari Atletico Madrid ke Barcelona memasuki babak baru.


Serie A Jadi Primadona

Serie A Jadi Primadona

Tampaknya penjualan Cristiano Ronaldo ke Juventus musim lalu, membuka tahap baru bagi manajemen Real Madrid.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!