Sepakbola
Share this on:

Real Madrid Berpeluang Cetak Rekor

  • Real Madrid Berpeluang Cetak Rekor
  • Real Madrid Berpeluang Cetak Rekor

ABU DHABI - Salah satu misi presiden Real Madrid Florentino Perez ketika menunjuk Santiago Solari sebagai sukesor Julen Lopetegui per 29 Oktober adalah agar dia bisa menapak tilas jejak Zinedine Zidane. Salah satu "syarat" sudah dipenuhi Solari yakni sebagai jebolan entrenador tim Castilla.

Syarat kedua bisa dicapai malam ini di final Piala Dunia Antar Klub. Ya, Indiecito harus mengalahkan tuan rumah Al Ain agar langkah Zizou benar-benar bisa diikutinya sebagai juara ketika menjadi pemain dan pelatih.

Uniknya, ketika Solari juara sebagai pemain, dia setim dengan Zidane di Real dalam Piala Interkontinental 2002. Nah, kans meraih juara sebagai pelatih juga bisa mengekor Zizou yang kali pertama mendapatkannya bersama Real dua tahun lalu.

''Saya suka ajang ini. Ide yang brilian untuk membawa setiap juara dari semua konfederasi bertarung dalam satu ajang,'' ucap pelatih 42 tahun tersebut seperti dilansir situs resmi FIFA.

Ajang Piala Interkontinental/Piala Dunia Antar Klub memang mengusung nostalgia bagi Solari. Selain juara di edisi 2002, dia juga tampil di 2 edisi lainnya. Yakni sebagai runner-up ketika kalah dari Juventus yang diperkuat Zidane di edisi Piala Interkontinental 1996 dan menduduki peringkat ketiga Piala Dunia Antar Klub 2009 bersama Atlante.

Dia sadar bahwa menghadapi Al Ain yang berstatus tuan rumah, apalagi mereka juga jadi tim Uni emirat Arab (UEA) pertama yang menembus final tidak mudah. Namun, Solari punya motivasi lain. Ya, Al Ain sudah menyingkirkan tim tanah air favoritnya di semifinal, River Plate.

''Saya beberapa tahun (1996-1998, Red) bermain untuk River dan bangga dengan pencapaian serta sejarah mereka. Tapi, saya di sini sebagai pelatih Real dan saya ingin memastikan bahwa yang terbaik untuk tim ini,'' sambung pelatih yang pernah lima musim berkostum Los Merengues itu (2000-2005).

Lebih jauh, juara Piala Dunia Antar Klub bisa membuat penilaian Madridistas terhadapnya terus membaik. Apalagi, ada rumor yang menyebutkan bahwa Jose Mourinho bakal kembali ke Santiago Bernabeu musim depan.

Meski harus diakui bahwa hubungan antara Perez dan Mou sangat baik. Tapi, bukan tidak mungkin bila Solari bisa memberikan performa hebat musim ini dan dimulai dengan kampiun Piala Dunia Antar Klub, Perez bisa berubah pikiran.

Posisi Solari bersama Real diperkuat dengan kontraknya yang masih berlaku hingga 2021. Bila mengacu musim perdana Zizou sebagai entrenador Real, Liga Champions musim 2015-2016 menjadi gelar pertamanya. Dan, Solari bisa lebih baik. Yakni, kampiun Piala Dunia Antar Klub dan masih berpeluang di tiga ajang lainnya (La Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey).

Soalri diuntungkan sejarah tim Erpoa. Laga malam nanti yang digeber di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, adalah yang keempatuntuk Piala Dunia Antar Klub. Di tiga final sebelumnya (2009, 2010, dan 2017) semuanya dimenangkan wakil benua biru.

''Mereka (Al Ain, Red) memenangkan tiga pertandingan sebelum sampai di sini (final, Red). Tentu saja kami juga akan berikan yang terbaik jika ingin juara,'' kata Solari. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Saatnya Garcom Kalahkan CR7
Saatnya Garcom Kalahkan CR7

Berita Sejenis

Eibar vs Barcelona, Saatnya Tempel Madrid

Eibar vs Barcelona, Saatnya Tempel Madrid

Melawan Eibar sebenarnya membuka peluang Barca menggeser rival pahitnya, Real Madrid. Jarak keduanya hanya dua poin.


Imbas Demo Catalan, El Clasico Ditunda

Imbas Demo Catalan, El Clasico Ditunda

Komite Kompetisi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akhirnya menunda laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid yang rencananya akan dihelat di Camp Nou, pekan dep


Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Ini Rekor Buruk Timnas bersama Simon McMenemy

Empat kali kalah di kualifikasi Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, menjadi prestasi terburuk Timnas Indonesia saat ini.


AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

AC Milan Rugi Rp2,2 Triliun

Kabar mengejutkan datang dari mantan raksasa sepak bola Italia yang bermasalah AC Milan. Il Rossonerri (sebutan Milan) menderita rekor kerugian keuangan selama


Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas U23 Akhirnya Cetak Gol Juga

Timnas Indonesia U-23 akhirnya meraih satu angka saat melawan Arab Saudi dalam matchday ketiga Piala CFA International Football Tournament 2019, kemarin sore.


Rekor Fantastis Bek Berusia di Atas Kepala Tiga

Rekor Fantastis Bek Berusia di Atas Kepala Tiga

Dua defender andalan Italia dan Spanyol Leonardo Bonucci dan Sergio Ramos resmi melampaui catatan pendahulunya.


Zidane Mulai Percayai Valverde

Zidane Mulai Percayai Valverde

Kegagalan Real Madrid merekrut Paul Pogba musim panas lalu tidak disesali lagi oleh Zinedine Zidane.


Real Madrid Inginkan Dua Gelandang lagi

Real Madrid Inginkan Dua Gelandang lagi

Kendati meraih catatan apik di La Liga dan Liga Champions, Real Madrid masih menyimpan catatan minor di lini tengah.


Real Madrid vs Club Brugge, Adu Gengsi Laskar Belgia

Real Madrid vs Club Brugge, Adu Gengsi Laskar Belgia

Thibaut Courtois dan Simon Mignolet tak bisa dipisahkan dari Timnas Belgia. Teman Sekompatriot ini pernah bersahabat, namun tetap bersaing meski kerap adu gengs


Atletico vs Real Madrid, Derby Berebut Puncak Klasemen

Atletico vs Real Madrid, Derby Berebut Puncak Klasemen

Entrenador Real Madrid Zinedine Zidane mengakui bahwa Real Madrid akan selalu dipandang sebagai tim kaya raya di Semenanjung Castilla.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!