Sepakbola
Share this on:

Revolusi Ngotot ala Sarri

  • Revolusi Ngotot ala Sarri
  • Revolusi Ngotot ala Sarri

TURIN - Tre Difensori atau tiga bek memang selalu menjadi andalan Juventus pada musim-musim sebelumnya. Formasi bermain ke dalam telah menjadi acuan palang pintu Bianconerri selama tiga musim berturut-turut (2014, 2015 dan 2016) di bawah asuhan pelatih Antonio Conte.

Trio BBC (Bonucci, Barzagli, Chellini) sukses membawa tiga capolista dan berhasil menembus partai final Liga Champions 2014-2015. Namun sejak Allenatore Maurizio Sarri duduk di bangku pelatih.

Revolusi pemain dan rotasi dilakukan termasuk laga giornata keenam Serie A tadi malam melawan SPAL. Si Nyonya tua berhasil melibas 2-0 di Allianz Stadium, Sabtu (28/9) lalu.

Itu disebabkan dia darurat fullback karena cederanya Giorgio Chiellini (ligamen), Danilo (paha), dan Mattia De Sciglio (paha). Sedangkan Alex Sandro sedang berduka dan pulang ke Brasil lantaran neneknya meninggal dunia.

Tapi, pelatih yang gagal membawa Chelsea juara musim lalu itu tega memasang Juan Cuadrado dan Blaise Matuidi sebagai fullback daripada taktik tiga bek sejajar. Sebaliknya, stok bek tengah Juve melimpah dengan adanya Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Daniele Rugani, dan Merih Demiral.

Namun, apa yang dilakukannya patut diapresiasi. Ya, jika bagi orang ide ini gila karena menaruh penyerang dan gelandang di sektor pertahanan, namun itu terbukti berhasil. Dua gol Juve dicetak Miralem Pjanic pada menit ke-44 dan Cristiano Ronaldo (78').

Laga Sabtu malam menjadi ajang show CR7 (julukan Ronaldo) setelah absen melawan Brescia pada giornata kelima (25/9) karena cedera adduktor. Selain tidak memakai tiga bek, Sarri juga tetap menggunakan formasi 4-3-1-2 dengan Aaron Ramsey kembali jadi trequartista.

Formasi ini sama denhan yang digunakannya saat Juve melibas Brescia 2-1, pekan lalu. Gormasi 4-3-1-2 dengan fullback diperankan Cuadrado-Matuidi sepertinya bakal diterapkan di matchday kedua fase grup Liga Champions kontra Bayer Leverkusen (2/10).

Apalagi, Danilo dan Chiellini dipastikan absen cukup lama. Sedangkan De Sciglio dan Alex Sandro masih fifty-fifty. ''Kami sudah mulai terbiasa dengan formasi ini. Dan sepertinya akan berlanjut Liga Champions (melawan Leverkusen, Red),'' ujar Ramsey.

Laga tadi malam menjadi sejarah baru bagi Gianluigi Buffon. Ya, dia kini mengoleksi 903 pertandingan di level klub dan menjadikannya pemain dengan jumlah laga terbanyak dalam sejarah di Italia. Dia melewati eks kapten AC Milan Paolo Maldini dengan 902 laga. (dbs/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ronaldo-Sarri Mulai Tak Harmonis

Ronaldo-Sarri Mulai Tak Harmonis

Juventus baru saja sukses mengalahkan Milan dengan skor tipis 1-0. Gol penentu kemenangan dicetak Paulo Dybala di menit 77.


Skuat Juventus Semakin Matang

Skuat Juventus Semakin Matang

Skuat arahan Maurizio Sarri pulang dengan kepala tegak dari lawatannya ke Stadion RZD Arena, Kamis (7/11) dinihari WIB.


Locomotiv vs Juventus, Hanya Satu Kata Menang!

Locomotiv vs Juventus, Hanya Satu Kata Menang!

Mister 33 (julukan Sarri) kembali ditantang untuk bereksperimen dengan komposisi Sarriball-nya.


Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Kondisi Maurizio Sarri mulai membaik pasca pemulihannya dari pneumonia yang mengerogoti tubuhnya hampir sebulan lebih.


Juventus vs Napoli, Reuni Emosional Sarri

Juventus vs Napoli, Reuni Emosional Sarri

Kondisi Maurizio Sarri tak kunjung membaik. Penyakit Pneumonia membuat Pelatih Juventus itu kerepotan menjelang Giornata kedua Serie A 2019-2020.


Awal Manis Juventus tanpa Sarri

Awal Manis Juventus tanpa Sarri

Meski tak didampingi sang alenatore, Juventus mampu mengemas kemenangan 1-0 atas Parma pada pekan pertama Liga Italia di Stadion Ennio Tardini, Minggu (25/8) di


Tak Ngotot di Community Shield, Klopp Lebih Pentingkan Liga

Tak Ngotot di Community Shield, Klopp Lebih Pentingkan Liga

Pertarungan laga pembuka liga Inggris antara Liverpool dan Manchester City di ajang Community Shield 2019, akan digelar di Stadion Wembley, Minggu (4/8), pukul


Sangat Cinta Chelsea, Frank Lampard Resmi Latih The Blues

Sangat Cinta Chelsea, Frank Lampard Resmi Latih The Blues

Genap dua pekan ditinggalkan Maurizio Sarri, Chelsea akhirnya menunjuk Frank Lampard untuk melatih mantan klubnya tersebut.


Bergaji Besar, Bukan Perkara Mudah Jual Khedira

Bergaji Besar, Bukan Perkara Mudah Jual Khedira

Pelatih baru Juventus Maurizio Sarri mulai menyusun kekuatan kerangka tim di klub barunya.


Posisi False 9 untuk CR7

Posisi False 9 untuk CR7

Hajat pelatih anyar Juventus Maurizio Sarri membawa nama Cristiano Ronaldo mendapatkan tempat di sepakbola Eropa mulai digagas.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!