Sepakbola
Share this on:

Saatnya Macan Menerkam

  • Saatnya Macan Menerkam
  • Saatnya Macan Menerkam

JAKARTA - Persija Jakarta berpeluang melesat ke puncak klasemen grup H Piala AFC 2018. Caranya, klub berjuluk Macan Kemayoran itu harus mengalahkan wakil Vietnam Song Lam Nghe An (SLNA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, malam ini.

SLNA saat ini berada di puncak klasemen dengan 7 poin dari tiga pertandingan. Sementara itu, Persija bercokol di posisi ketiga dengan 4 poin. Posisi kedua dihuni Johor Darul Takzim (Malaysia) yang unggul selisih gol atas Persija. Sementara itu, Tampines Rovers (Singapura) berada di juru kunci dengan 1 poin.

Mumpung main di kandang, Persija wajib mengamankan poin penuh. Kebetulan, SLNA datang dengan kekuatan pincang. Dua penyerang asing mereka, Osmar Moreira dan Michael Olana, tidak dibawa ke Jakarta. Kapten Que Ngoc Hai serta dua gelandang andalan, Phan Van Duc dan Ho Khac Ngoc, juga tidak ada dalam rombongan.

Pelatih SLNA Nguyen Duc Thang sengaja menyimpan beberapa bintang untuk kepentingan liga. Sebab, SLNA melawan Sanna Khanh Hoa pada Minggu (18/3). ’’Saya yakin skuad yang ada bisa memberikan perlawanan kepada Persija,’’ ujarnya.

Nguyen membantah sengaja melepas pertandingan melawan Persija. SLNA tetap serius menjalani Piala AFC. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan mereka memimpin klasemen hingga laga ketiga. ’’Setiap pertandingan di sini (AFC Cup) itu penting. Kami menang dua kali dan seri sekali. Jadi, kami akan tetap berusaha agar lolos ke babak selanjutnya,’’ katanya.

Dia menyadari adanya potensi teror dari pendukung fanatik Persija. Hal tersebut tidak masalah bagi para penggawa SLNA. ’’Kami senang bisa datang ke sini (Jakarta). Sambutannya cukup hangat dan sudah tidak sabar bertanding besok (hari ini, Red),’’ terang Nguyen.

Sementara itu, Persija kehilangan winger Novri Setiawan yang tidak fit. Kemungkinan, bek tengah Gunawan Dwi Cahyo juga absen karena kondisi yang sama. Namun, pelatih Persija Stefano Cugurra alias Teco mengaku sudah menyiapkan racikan khusus untuk menaklukkan SLNA. Aspek taktik, fisik, dan teknik sudah diberikan dengan sempurna kepada Ismed Sofyan dkk. ’’Yang penting tiga poin. Kami siap kerja keras besok (hari ini, Red),’’ tegasnya.

Mengenai lawan yang datang tanpa kekuatan utama, Teco tidak peduli. Menurut dia, SLNA tidak bisa disepelekan. Apa pun kondisinya. ’’Saya hanya konsentrasi ke tim. Saya tidak tahu kenapa mereka tidak membawa kekuatan utama ke sini,’’ ujar pelatih asal Brasil itu.

Sukses menahan SLNA 0-0 pada pertemuan pertama (6/3) melambungkan optimisme Teco. Dia sudah mengantongi kelemahan lawan. ’’Sudah saya cermati. Saya sudah mengerti di mana ada celah-celah tim lawan,’’ katanya.

Teco senang karena mental anak asuhnya bagus. Apalagi, keuntungan akan berada di kubu Persija karena bertanding di kandang sendiri. Ribuan The Jakmania dipastikan hadir di SUGBK. ’’Kami punya suporter yang akan menjatuhkan mental lawan,’’ tegasnya. (rid/c16/ca/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Saatnya Dobrak Kekuatan Lama

Saatnya Dobrak Kekuatan Lama

Kesuksesan Luka Modric menyabet gelar The Best FIFA Men's Player 2018, seharusnya bisa menjadi inspirasi Harry Kane.


Saatnya Juara Garuda Asia

Saatnya Juara Garuda Asia

Selangkah lagi Indonesia mencapai sejarah baru.


Kandaskan Vietnam, U-16 Belum Saatnya Berpesta

Kandaskan Vietnam, U-16 Belum Saatnya Berpesta

Luar biasa penampilan timnas U-16 Indonesia saat meladeni Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam.


Zona Nyaman Bersama Lopetegui

Zona Nyaman Bersama Lopetegui

Zinedine Zidane telah mengundurkan diri. Cristiano Ronaldo pun berlabuh ke Juventus. Sudah saatnya Real Madrid memulai lembaran baru.


Macan Kemayoran Semakin Difavoritkan

Macan Kemayoran Semakin Difavoritkan

Persija Jakarta garang ketika bermain kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, itu sudah biasa.


Saatnya Messi Rasakan Locker Room Ronaldo

Saatnya Messi Rasakan Locker Room Ronaldo

Rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo takkan hanya terbatas di klub. Bukan antara Barcelona dan Real Madrid.


Peluang Macan Masih Terbuka

Peluang Macan Masih Terbuka

Strategi parkir bus yang dimainkan Song Lam Nghe An (SLNA) FC dalam laga grup H AFC Cup 2018 sempat bikin Persija Jakarta frustasi.


Imbangi SLNA, Macan Kemayoran Jaga Asa

Imbangi SLNA, Macan Kemayoran Jaga Asa

Menjalani laga tandang masih menjadi kesulitan tersendiri bagi Persija Jakarta pada AFC Cup 2018.


Duel Dua Macan Lapar

Duel Dua Macan Lapar

Setelah 16 tahun yang lalu, Persija akhirnya kembali lagi merasakan atmosfer kompetisi regional Asia.


Macan Tak Boleh Lengah

Macan Tak Boleh Lengah

Persija Jakarta punya modal besar menghadapi Borneo FC dalam lanjutan babak penyisihan grup D Piala Presiden 2018.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!