Sepakbola
Share this on:

Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea

  • Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea
  • Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea

MANCHESTER - Manchester City akhirnya membayar denda 370 ribu franc Swiss sekitar Rp5,3 miliar, setelah FIFA memberi sanksi atas pelanggaran kontrak anak di bawah umur. Sanksi ini terbilang ringan ketimbang hukuman yang diderita Chelsea.

City akan merasa lega tidak menerima sanksi seberat Chelsea. The Blues-sebutan Chelsea hingga masih menunggu putusan dari Badan Arbitrase Olahraga (CAS). Sanksinya terbilang berat yakni tidak boleh membeli pemain selama setahun atau dua kali bursa transfer. Namun jika selamat, Chelsea bisa kembali berbelanja pada Januari 2020.

Dikutip dari The Guardian, denda Rp5,3 miliar tidaklah berat dibandingkan gelontoran 150 juta pound atau Rp2,5 trilun yang dibelanjakan City di bursa transfer musim panas lalu. Jumlah denda yang dikeluarkan pun termasuk rendah ketimbang Chelsea yang harus membayar Rp7,9 miliar pada Maret lalu.

Setelah membayar denda, City kembali bebas merekrut pemain anyar pada bursa jendela pemain musim dingin 2020. Dalam rilis media, The Citizen (sebutan Manchester City) menganggap sanksi yang diberikan karena miskomunikasi aturan belanja pemain.

"Klub menerima tanggung jawab atas pelanggaran yang muncul sebagai akibat salah tafsir peraturan yang dipermasalahkan," tulis mereka, Rabu (14/8). "Pelanggaran terjadi sebelum Desember 2016 ketika pedoman tentang interpretasi ketentuan dikeluarkan," tulisnya kembali.

FIFA menyebut, juara Premier League musim 2018-2019 itu ditengarai melanggar pasal 19 dalam Peraturan FIFA tentang status dan transfer pemain yakni menjaring pemain antarnegara yang usianya di bawah 18 tahun.

Perlindungan anak di bawah umur adalah pokok dari kerangka kerja FIFA dalam mengatur transfer pemain. Keputusan yang dikeluarkan oleh komite disipliner berlaku hingga hari ini (13/8)," tulis keputusan tersebut tanpa menyebut nama pemain yang menjadi biang pelanggaran itu.

Dalam pengumuman itu, Komite Disiplin FIFA hanya menyepakati penerimaan denda City tanpa memberikan sanksi pelarangan transfer lainnya. Setali tiga uang, kasus yang menjerat Chelsea tak ubahnya sama dengan yang menimpa City.

Chelsea diduga melanggar aturan setelah melakukan trial kepada 100 pemain di bawah 18 tahun selama beberapa musim terakhir. Sekitar 25 lainya melanggar persyaratan FIFA. Dalam pasal 19 aturan FIFA tentang tranfer pemain menyebutkan,setiap klub dilarang keras mengontrak pemain di bawah 18 tahun dari negara lain, dengan pengecualian sang orangtua pemain tersebut resmi pindah ke negara klub itu tanpa alasan menyangkut sepakbola.

Namun, larangan ini otomatis gugur jika jarak antara tempat tinggal si pemain dengan batas negara klub tempatnya direkrut tak sampai 50 kilometer. Dengan kata lain, jika dia bermain untuk klub Perancis, sang pemain harus seorang warganegara Spanyol, Jerman, Italia, Swiss, Belanda atau Belgia yang jaraknya dengan batas negara kurang dari 50 kilometer.

Kasus Chelsea yang menjadi sorotan adalah perekrutan pemain asal Burkina Faso, Afrika Timur, Bertrand Traore. Penyerang yang kini berada di Olympique Lyon itu memang dikontrak secara profesional oleh Chelsea di ulang tahun ke-18.

Sayangnya, sebuah foto menunjukkan pemain Benua Hitam itu pernah membela Chelsea dalam laga non-FIFA melawan Arsenal pada 23 Oktober 2011. Saat itu, usia Traore masih 16 tahun. Selain Chelsea dan City, Raksasa La Liga seperti Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid juga pernah dijatuhi hukuman untuk pelanggaran serupa dalam lima tahun terakhir. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Porto Tersingkir, Ajax Mulus
Porto Tersingkir, Ajax Mulus

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Duo Milan Berebut Nemanja Matic

Duo Milan Berebut Nemanja Matic

Dua klub raksa Italia AC Milan dan Inter Milan dikabarkan tertarik mendapatkan tanda tangan gelandang Manchester United, Nemanja Matic.


Norwich City vs Manchester City, Laga Tanpa Laporte

Norwich City vs Manchester City, Laga Tanpa Laporte

Manchester City masih gelisah. Posisi kedua di bawah Liverpool membuat sang pelatih, Pep Guardiola mau tak mau meramu strateginya.


Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Fiorentina vs Juventus, Menanti Pembuktian Sarri

Kondisi Maurizio Sarri mulai membaik pasca pemulihannya dari pneumonia yang mengerogoti tubuhnya hampir sebulan lebih.


Kembali ke MU, Evra Latih MU U18

Kembali ke MU, Evra Latih MU U18

Setelah setahun memutuskan gantung sepatu dari dunia sepakbola, Patrick Evra memilih kembali ke Manchester United.


Rekor Baru, The Citizen Klub 1 Miliar Euro

Rekor Baru, The Citizen Klub 1 Miliar Euro

Manchester City menjadi tim pertama dalam sejarah sepak bola yang menghabiskan lebih dari 1 miliar Euro (Rp15,7 triliun) untuk menyusun skuad mereka.


Wow... 10 Tahun CR7 Dikontrak Rp2,52 Triliun

Wow... 10 Tahun CR7 Dikontrak Rp2,52 Triliun

Rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengenai siapa yang lebih baik memang masih jadi misteri.


Jelang Jerman vs Belanda, Antisipasi Power Van Dijk

Jelang Jerman vs Belanda, Antisipasi Power Van Dijk

Kini Virgil van Dijk lebih bukan sekadar pemain terbaik eropa dan nomine pemain terbaik dunia. Tapi juga dalam rivalitas terkini antara Belanda dan Jerman.


Belum Move On, Alasan Sanchez Tinggalkan Manchester United

Belum Move On, Alasan Sanchez Tinggalkan Manchester United

Alexis Sanchez sudah resmi bergabung dengan klub raksasa Serie A Italia, Inter Milan.


Gelandang PSG Ander Herrera Terancam Dibui

Gelandang PSG Ander Herrera Terancam Dibui

Gelandang Manchester United Ander Herrera menjadi satu dari 42 tersangka yang akan diadili dalam kasus pengaturan skor Liga Spanyol.


Liverpool Nyaman di Puncak tanpa Kebobolan

Liverpool Nyaman di Puncak tanpa Kebobolan

Liverpool dan Manchester City terus menjauh dari para saingan The Big Six di matchweek ke-3 Liga Premier Inggris.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!