Sepakbola
Share this on:

Setan Merah Butuh Romelu Lukaku

  • Setan Merah Butuh Romelu Lukaku
  • Setan Merah Butuh Romelu Lukaku

MANCHESTER - Ramon Sanchez Pizjuan sudah memberi Romelu Lukaku pelajaran. ''Dia (Lukaku) lemah,'' kritik mantan bek kanan Manchester United Gary Neville seperti dikutip di Sky Sports. ''Dia bukan standar striker United,'' sambung mantan kapten United Roy Keane di dalam kritikannya, kepada ITV.

Layakkah Lukaku dikritik kembali? Rom akan menjawabnya pada leg kedua 16 Besar Liga Champions menantang Sevilla di Old Trafford, Manchester, dini hari nanti WIB (Siaran Langsung SCTV/ beIN Sports 1 pukul 02.45 WIB). ''Tak lagi terjadi pada pekan yang penting ini,'' klaim Lukaku, dikutip Manchester Evening News.

Hujan kritik dari Ramon Sanchez Pizjuan sudah memberi Lukaku momentum. Setelah kegagalannya mencatat satu pun shots on goal saat itu, striker berharga GBP 75 juta (Rp1,43 triliun) itu membuktikan dirinya tak seperti kritikan Neville dan Keane. Lukaku menjawab di tiga laga domestik beruntun di Premier League.

Bahkan, dari tiga laga itu, dua di antaranya bertipikal big match. Dengan satu gol plus satu assist-nya, United mempecundangi Chelsea 1-2 di Old Trafford (25/2). Masih di stadion yang sama akhir pekan kemarin WIB (10/3), satu assist-nya jadi awal dari brace-nya Marcus Rashford saat mengalahkan Liverpool.

Itu belum termasuk golnya yang menyelamatkan The Red Devils dari kekalahannya di Selhurst Park, markas Crystal Palace. Satu golnya mengantarkan United menang dramatis 3-2 dari The Eagles. Nah, mampukah Lukaku melanjutkan kontribusi gol ataupun assist-nya bagi United?

Satu assist saja sudah menjadi assist pertamanya di Liga Champions. Lalu, satu gol di laga ini juga bisa mendekatkannya pada musim terganasnya di Eropa. Di dalam Liga Europa musim 2014-2015, Lukaku mencetak delapan gol dari sembilan kali penampilannya bersama Everton.

Gol yang juga bisa mempengaruhi keputusan petinggi United musim panas ini. Sebab United belakangan ini dikaitkan dengan rumor pendekatannya ke bomber Bayern Muenchen, Robert Lewandowski. ESPN menyebut, United sudah mengajukan penawaran resmi ke pihak Bayern. Padahal dalam track record-nya Lukaku bukan tipikal striker yang bisa meledak saat dia punya striker kompetitor.

Meledaknya dia bersama The Toffees pun karena tak ada pesaing di belakangnya pada posisi nomor sembilan. Di United, hanya Lukaku pemain nomor sembilan terbaiknya. ''Sikap yang dia (Lukaku) tunjukkan harus tetap sama seperti pekan-pekan terakhir,'' ucap gelandang United, Nemanja Matic.

Berbicara dalam situs resmi klub, Mourinho tak menyebut ledakan Lukaku dalam laga-laga kemarin sebagai puncak performa bomber timnas Belgia itu. Bahkan, Mourinho berkoar bahwa penampilan anak asuhnya, termasuk Lukaku, ketika membekuk Liverpool kemarin itu sebagai pemanasan sebelum menjamu Sevilla.

''Liverpool tetaplah Liverpool. Itu big match, dan big match yang menentukan jalan ke posisi atas klasemen. Tetapi Sevilla dan Brighton (and Hove Albion) lebih penting ketimbang dari Liverpool,'' kelakar Mourinho. Mengapa lebih penting? Sebab, di Premier League United tinggal mengamankan posisi runner up.

Sementara, untuk trofi hanya Liga Champions dan Piala FA yang jadi peluangnya. Jika kelolosan ke perempat final Liga Champions sejak 2013-2014 ditentukan dini hari nanti, maka melawan Brighton bisa memberi asa Mourinho kembali menjuarai Piala FA, seperti capaian di musim 2006-2007 bersama Chelsea. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Modal Ladeni Juara Bertahan

Modal Ladeni Juara Bertahan

Timnas U-16 meraih kemenangan kedua di ajang Piala AFF U-16. Setelah melibas Filipina 8-0 (29/7), skuad Merah Putih mengalahkan Myanmar 2-1.


Lawan Jepang, Belgia Butuh Magic Lukaku

Lawan Jepang, Belgia Butuh Magic Lukaku

Romelu Lukaku tak pernah setajam ini ketika berkostum timnas Belgia. Lukaku bahkan tak pernah menciptakan dua kali brace (dua gol) dalam satu major tournament.


Sanchez Terima Kartu Merah Tercepat Kedua di Sejarah Piala Dunia

Sanchez Terima Kartu Merah Tercepat Kedua di Sejarah Piala Dunia

Gelandang Kolombia yang bermain di klub Espanyol, Carlos Sanchez menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di Piala Dunia 2018.


Salah Dikuatirkan Belum Pulih saat Lawan Uruguay

Salah Dikuatirkan Belum Pulih saat Lawan Uruguay

Setelah Swiss menjejakkan kakinya di Negeri Beruang Merah, Senin (11/6) malam, total sudah 22 negara kontestan Piala Dunia 2018 telah berada di Rusia.


Menang 3-1, PSIS Mentas dari Zona Merah

Menang 3-1, PSIS Mentas dari Zona Merah

PSIS Semarang mengakhiri periode negatifnya. Kemarin malam, tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu mengempaskan Persela Lamongan 3-1 di stadion Madya, Magelang.


Ancaman Penghuni Zona merah

Ancaman Penghuni Zona merah

Nasib scudetto bagi Juventus sekarang berada di tangan mereka sendiri.


Buffon Dikartu Merah, Madrid Lolos Dramatis

Buffon Dikartu Merah, Madrid Lolos Dramatis

Lolosnya Juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, ke semifinal terus diperdebatkan penikmat sepakbola di kolong jagad ini.


Gomez Butuh Striker Asing

Gomez Butuh Striker Asing

Beban berat rupanya disandang Roberto Carlos Mario Gomez, pelatih Persib Bandung jelang bergulirnya Liga 1 2018.


Bukti Lukaku untuk sang Mantan

Bukti Lukaku untuk sang Mantan

Malam yang indah bagi Romelu Lukaku. Karena, tak sekalipun dia pernah merasakan jadi hero saat menghadapi mantan klubnya Chelsea di Premier League.


Klub Peserta Liga1 Butuh Kejelasan

Klub Peserta Liga1 Butuh Kejelasan

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan pintu untuk membongkar masalah yang membelit jelang Liga 1 2018 bergulir.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!