Sepakbola
Share this on:

Siap Akhiri Tren Negatif

  • Siap Akhiri Tren Negatif
  • Siap Akhiri Tren Negatif

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia bakal melakoni laga uji coba Internasional (FIFA Matchday) menghadapi Timnas Yordania di Stadion King Abdullah, Amman, Yordania, Selasa (11/6) malam ini. Dalam laga ini, skuad Garuda besutan Simon McMenemy ini bertekad mengakhiri tren negatif yang dialami Timnas Indonesia sebelumnya yang selalu kesulitan saat berjumpa dengan tim-tim asal Timur Tengah.

Apalagi, dalam sejarah pertemuannya, Timnas Indonesia tidak pernah sekalipun meraih kemenangan ketika bertandang ke markas Yordania. Tercatat, dari tiga kali pertemuannya di kandang Yordania, Indonesia selalu menelan kekalahan.

Bahkan, pada pertemuan terakhirnya pada tahun 2014, Indonesia menelan kekalahan telak atas Yordania. Pada saat itu, pasukan Garuda dibantai lima gol tanpa balas dari tuan rumah Yordania.

Simon McMenemy -pun mengakui bahwa pertandingan menghadapi Yordania tidak akan berjalan mudah. Akan tetapi, pelatih anyar Timnas Indonesia itu memiliki tekad untuk mengubah tren negatif itu terlebih tren negatif Indonesia yang selalu kesulitan ketika berhadapan dengan tim-tim asal Timur Tengah.

"Saya ingin para pemain siap untuk pertandingan nanti, tidak hanya mengerti akan apa yang harus dilakukan di lapangan, namun juga harus mempersiapkan mental," ungkap Simon seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situs resmi PSSI, Senin (10/6) kemarin.

"Kita tahu Tim Nasional Indonesia memiliki catatan buruk ketika menghadapi tim dari timur tengah, saya ingin merubah tren negatif tersebut," sambung pelatih berkebangsaan Skotlandia itu.

Laga tersebut memang menjadi persiapan Indonesia untuk menghadapi ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain itu, laga itu juga menjadi momen untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA. Saat ini Timnas Indonesia berada pada ranking 159 FIFA per 4 April lalu, sedangkan Yordania yang menjadi lawan berada 62 tingkat lebih baik di atasnya.

Meski secara ranking Indonesia berada jauh dari Yordania, namun pelatih 6 Desember 1977 yang kini berusia 44 tahun itu berharap anak asuhnya mampu tampil maksimal dan bisa menjalankan apa yang telah diinstruksikan saat latihan. "Saya ingin para pemain mampu untuk melaksanakan apa yang saya instruksikan di latihan ke pertandingan dan kami bisa memaksimalkan persiapan menuju pertandingan away yang jauh dari Indonesia," tegas Simon.

Akan tetapi, saat ini, Yordania dalam kondisi terpuruk. Pasalnya, dalam lima kali pertandingan terkahirnya, Yordania tidak pernah meraih kemenangan. Bahkan, pertandingan terakhir, pada Sabtu (8/6) kemarin, Yordania kalah telak 1-5 atas Slovakia.

Namun, bagi pelatih Yordania, Vittal Borkelmans kekalahan telak itu takkan mengganggu performa timnya saat menghadapi Indonesia. Bahkan, pelatih asal Belgia itu percaya timnya dalam kondisi terbaik saat menghadapi Irfan Bachdim dan kawan-kawan.

"Saya tidak merasa khawatir dengan situasi fisik pemain kami. Tentu kami akan bekerja keras untuk menghadapi pertandingan selanjutnya. Kami akan meningkatkan intensitas kesiapan kami untuk mencapai level yang diperlukan dalam laga tersebut sebelum kualfikasi Piala Dunia dimulai," ujar Borkelmans seperti dikutipdari situs resmi Federasi Sepak Bola Yordania (JFA).

Sebagai informasi, pasukan Indonesia sendiri sudah tiba di Amman sejak Sabtu (8/6) kematrin. Sebanyak 21 pemain yang dibawa sudah menjalani adaptasi dan latihan ringan di lapangan milik tim nasional Jordania yang berjarak 30 menit dari Kota Amman.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua latihan jelang pertandingan kontra Timnas Yordania. Dalam latihan pertama yang digelar Minggu (9/6/2019), para pemain berlatih dengan suhu udara mencapai 35 derajat celcius. Meski kelelahan setelah perjalanan selama 19 jam, para pemain tetap antusias menjalani sesi latihan.

Pertandingan melawan Yordania sendiri akan digelar di Stadion King Abdullah, Amman, Yordania, Selasa (11/6) dengan kick off pukul 16.00 waktu setempat atau 20.00 WIB. (gie/fin/wsa/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Mancini Jaga Terus Tren Positif Gli azzuri

Mancini Jaga Terus Tren Positif Gli azzuri

Italia tetap tampil perkasa dalam laga lanjutan Grup J Kualifikasi Euro 2020.


Siap-siap Beli Pemain, MU Tambah 75 Juta Pounds

Siap-siap Beli Pemain, MU Tambah 75 Juta Pounds

Belum sebulan jendela transfer musim panas ditutup, Manchester United telah menyiapkan bujet fantastis untuk transfer musim dingin.


Pogba Bisa Jadi Siap Dilepas Akhir Musim

Pogba Bisa Jadi Siap Dilepas Akhir Musim

Jendela transfer La Liga dan Serie A akan ditutup bersamaan, 2 September mendatang.


Sering Kalah, Kesimpulannya Madrid Belum Siap

Sering Kalah, Kesimpulannya Madrid Belum Siap

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane berada pada satu kesimpulan. Dia menyatakan, timnya masih belum siap menyongsong kompetisi yang sesungguhnya.


Bos Lille Siap Lepas Nicolas Pepe ke Napoli

Bos Lille Siap Lepas Nicolas Pepe ke Napoli

Napoli dilaporkan segera mendaratkan Nicolas Pepe dari Lille.


Jamu kalteng Putra, Tira-Persikabo Siap Amankan Puncak

Jamu kalteng Putra, Tira-Persikabo Siap Amankan Puncak

Tira Persikabo bakal kembali melakoni laga kandang pada lanjutan Liga 1 menjamu Kalteng Putra di Stadion Pakansari Bogor, Jumat (26/7) hari ini.


Everton Soares Siap Merumput di AC Milan

Everton Soares Siap Merumput di AC Milan

Bermain impresif bersama timnas Brasil, Everton Soares diincar sejumlah klub besar Eropa. Salah satunya adalah raksasa Italia AC Milan.


Pogba Siap Tinggalkan Manchester United

Pogba Siap Tinggalkan Manchester United

Keinginan Paul Pogba meninggalkan Manchester United sudah di titik nadir.


Juventus Siap Sambut Buffon Kembali

Juventus Siap Sambut Buffon Kembali

Juventus tengah di atas angin. Sang Nyonya Tua tengah mempersiapkan kedatangan legenda klub Gianluigi Buffon kembali ke tempatnya semula.


PSG Siap Lego Neymar Musim Ini

PSG Siap Lego Neymar Musim Ini

Paris Saint Germain (PSG) dikabarkan siap melepas sang megabintang Neymar di bursa transfer musim panas ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!