Sepakbola
Share this on:

Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras

  • Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras
  • Tahun Depan, Belanda Harus Kerja Keras

DUBLIN - Entah mimpi apa Ronald Koeman. Dua hari terakhir, dia selalu menerima kabar kurang menyenangkan terkait tugasnya sebagai tacticus timnas Belanda.

Minggu lalu, Belanda ditempatkan di grup yang sama dengan Jerman, sang musuh bebuyutan, di kualifikasi Euro 2020. Tadi malam, drawing semifinal UEFA Nations League juga menempatkan Belanda di posisi sulit.

Oranje (sebutan Belanda) harus berhadapan dengan Inggris di empat besar. Sedangkan tuan rumah Portugal mendapatkan lawan relatif ''mudah''. Yakni Swiss. ''Justru kami lebih waswas di semifinal ini,'' sebut Koeman setelah acara drawing di Dublin, Irlandia, tadi malam WIB.

Duel melawan The Three Lions —sebutan Inggris— akan berlangsung di Estadio D Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal. Kapten Virgil Van Dijk bakal head to head dengan para pemain yang sering dia hadapi di Premier League.

Dari total 24 pemain yang dipanggil ke timnas bulan lalu, empat di antaranya merumput di Premier League. Termasuk Van Dijk, si bek Liverpool.

Koeman menyebut Inggris sangat kuat. Bahkan, menurut dia, Portugal yang berstatus juara Euro 2016 saja tidak sebanding dengan tim besutan Gareth Southgate itu. ''Portugal difavoritkan karena mereka bermain di negaranya sendiri,'' cetus Koeman.

Berbeda dengan Inggris, yang sejak ditangani Southgate jadi mengerikan. Mereka lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Kalau Koeman tampak panik, Southgate sebaliknya. Menurut dia, melawan Belanda bakal menjadi sebagai ujian kematangan timnya.

''Saya pikir, ini akan menjadi periode dua tahun yang sangat menarik bagi pemain-pemain kami setelah momen indah dalam Piala Dunia,'' ungkap Southgate, dikutip Daily Mirror.

Publik Inggris sudah berharap timnya melaju ke final untuk membayar kegagalan di Piala Dunia 2018. Saat itu, Inggris disingkirkan Kroasia lewat adu penalti. ''Kesempatan tarbaik bagi pemain kami merasakannya,'' harap Southgate. Inggris belum pernah menjuarai turnamen mayor setelah Piala Dunia 1966.

Di sisi lain, walaupun terhindar dari Belanda atau Inggris di semifinal, pelatih Portugal Fernando Santos menilai ada beban di pundak skuadnya. Swiss memang bukan tim unggulan. ''Tapi mereka itu tim paling agresif di Nations League. Saya pikir, mereka takkan membiarkan kami memenangi laga,'' ungkap treinador 64 tahun itu, dikutip Record.

Selama Nations League, La Nati —sebutan Swiss— mengoleksi 14 gol dari empat laga. Mereka bahkan dapat menyisihkan Belgia yang lebih difavoritkan dari Grup 2 League A. Santos pun tinggal mengharapkan tuah Estadio Do Dragao, Porto. ''Karena, cuma final yang jadi tujuan kami,'' koar Santos. (ren/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Gagal Juara Lagi, De Ligt Kecewa

Gagal Juara Lagi, De Ligt Kecewa

Bintang timnas Belanda Matthijs De Ligt tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai final UEFA Nations League, Senin (10/6) dinihari, kemarin.


CR7 Digoda Gaji Rp796,9 Miliar

CR7 Digoda Gaji Rp796,9 Miliar

Cristiano Ronaldo diiming-imingi gaji EUR 50 juta (Rp796,9 miliar) per tahun untuk pindah ke PSG musim depan.


Tak Ada Tempat untuk Maurito

Tak Ada Tempat untuk Maurito

Mauro Icardi yang biasa disapa Maurito sepertinya benar-benar harus segera mencari klub baru untuk musim depan.


Gagal Tembus Liga Champions, Gattuso Mundur dari Milan

Gagal Tembus Liga Champions, Gattuso Mundur dari Milan

Kabar mengejutkan datang dari AC Milan. Sang pelatih Gennaro Gattuso dikabarkan memilih mundur dari jabatannya musim depan.


111 Tahun Menunggu, Atalanta Akhirnya Tembus Liga Champions

111 Tahun Menunggu, Atalanta Akhirnya Tembus Liga Champions

Liga Italia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Serie A 2018/19 telah resmi berakhir.


Chelsea Minus Kante, Arsenal Berburu Bonus

Chelsea Minus Kante, Arsenal Berburu Bonus

Jelang bentrok final Europa League melawan Arsenal, Kamis (30/5) dinihari WIB nanti, Chelsea harus kehilangan gelandang andalan mereka NGolo Kante.


Jadon Sancho Not for Sale!

Jadon Sancho Not for Sale!

Sejumlah klub yang mengincar Jadon Sancho harus gigit jari. Klub yang menaunginya, Borrusia Dortmund menyatakan tidak akan akan menjualnya.


Jika Dikontrak Juventus, Sarri Bakal Bajak Pogba

Jika Dikontrak Juventus, Sarri Bakal Bajak Pogba

Konsentrasi Maurizio Sarri terus diganggu jelang final Europa League melawan Arsenal pekan depan.


Setelah Lukaku, Conte Bidik Moses

Setelah Lukaku, Conte Bidik Moses

Nama striker Manchester United dan Victor Moses menjadi target Antonio Conte setelah sah menjadi pelatih Inter Milan musim depan.


Varane dan Jovic Beres, Real Kejar Hazard dan Pogba

Varane dan Jovic Beres, Real Kejar Hazard dan Pogba

Polemik soal Raphael Varane akhirnya terjawab. Bek tangguh Real Madrid itu menyatakan tetap bertahan di Santiago Bernabeu musim depan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!